Tips Aman Memakai Make Up Saat Wajah Berjerawat

Posted on

Tips Aman Memakai Make Up Saat Wajah Berjerawat – Hai sobat temancantik, apa kabar? Pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan informasi yang menarik untuk Anda sekalian, khususnya untuk Anda para wanita yang memiliki wajah berjerawat. Informasi yang akan kami bahas kali ini ialah mengenai tips aman memakai make up saat wajah berjerawat.

Tentu sebagian besar wanita ingin mengenakan riasan supaya mereka tampak cantik dan menarik. Namun, ada beberapa masalah yang mungkin menjadi penghalang untuk mereka merias diri, salah satunya yaitu wajah yang sedang berjerawat.

Apabila Anda sedang berjerawat, mungkin Anda akan bingung bagaimana memakai make up untuk wajah Anda. Anda mencoba menutupi jerawat-jerawat Anda tersebut dengan make up yang tebal. Namun, Anda saat ini tidak usah bingung dan khawatir Anda bisa mendapatkan tips aman memakai make up saat wajah berjerawat, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi tentang wajah Anda.

Tips Aman Memakai Make Up Saat Wajah Berjerawat
Tips Aman Memakai Make Up Saat Wajah Berjerawat

TIPS AMAN MEMAKAI MAKE UP SAAT WAJAH BERJERAWAT

Wajah berjerawat tentunya mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri Anda. Untuk itu Anda perlu mengetahui bagaimana dan apa saja tips aman memakai make up saat wajah berjerawat. Berikut ulasannya.

Perhatikan Kebersihan Wajah dan Peralatan Make Up

Kebersihan wajah merupakan hal yang paling utama dalam tips aman memakai make up saat wajah berjerawat. Wajah yang bersih menghindari terjadinya penumpukan bakteri di wajah yang akan memicu jerawat. Bersihkan wajah Anda menggunakan pembersih wajah yang lembut dan diformulasikan untuk kulit berjerawat.

Memakai Make Up Saat Wajah Berjerawat
Memperhatikan Kebersihan Alat Make Up Anda

Tidak disarankan menggunakan pembersih yang memiliki kandungan scrub. Kandungan scrub dapat memicu minyak pada wajah dan menimbulkan jerawat. Saat wajah sedang berjerawat, pembersih yang keras juga tidak disarankan karena dapat menimbulkan wajah kering dan kehilangan kelembaban. Apabila Anda ingin menggunakan toner setelah membersihkan wajah, hal ini dibolehkan. Toner dapat meringkas pori-pori dan mengurangi minyak.

Namun pastikan toner yang Anda pakai aman untuk wajah berjerawat dan tidak mengandung alkohol. Alkohol dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat yang meradang. Kebersihan peralatan make up juga wajib Anda perhatikan. Asalnya, peralatan yang jarang dibersihkan dapat menjadi sarang kuman dan bakteri.

Peralatan make up yang kotor berkontak langsung dengan kulit Anda sehingga dapat memicu jerawat pada wajah. Sebaiknya cuci kuas, beauty blender, sponge, dan saput bedak secara rutin. Gunakan detergen lembut yang diformulasi khusus untuk mencuci peralatan make up agar peralatan tidak cepat rusak.

Gunakan Stiker Jerawat

Jika Anda ingin memakai make up saat wajah yang berjerawat dengan aman maka kini ada solusi yang cukup menyenangkan dengan adanya stiker jerawat. Dibandingkan krim jerawat, penggunaan stiker jerawat lebih disarankan.

Krim jerawat dapat membekas apabila digunakan saat memakai make up. Hal itu tentu tidak ingin Anda alami. Stiker jerawat atau acne patch merupakan penemuan baru yang membuat jerawat samar sekaligus mengobati jerawat agar cepat kempes.

Stiker jerawat didesain mengobati jerawat, menutupi sekaligus membiarkan jerawat tetap bernafas sehingga aman digunakan pada wajah. Helaiannya yang tipis dan transparan tidak membuat orang lain sadar dengan adanya tempelan pada jerawat Anda. Gunakan sebelum menggunakan base make up agar jerawat dapat tersamarkan dengan baik.

Base Make Up

Untuk wajah berjerawat, dasar make up adalah hal penting agar dapat menyamarkan noda dan jerawat seketika. Namun base make up tidak boleh terlalu tebal karena dapat menghalangi pori dan membuat kulit sulit bernafas.

Tips Memakai Make Up Saat Wajah Berjerawat
Memakai Make Up Saat Wajah Berjerawat

Untuk itu, tips lainnya, sebaiknya Anda memilih semua produk base make up yang sifatnya bebas minyak atau oil free. Perhatikan juga label produk apakah sudah non comedogenic atau non acnegenic. Secara ringkas, berikut urutan base make up yang disarankan.

Primer

Anda dapat memulai dengan menggunakan primer pada wajah. Primer berfungsi meringkas pori sehingga wajah terlihat lebih flawless. Selain itu primer sebagai dasar utama juga berguna untuk semakin mengeluarkan warna foundation. Umumnya primer memang tidak memiliki warna, namun ia ampuh membuat coverage foundatiun semakin baik. Pilih jenis primer spray yang ringan pada wajah.

Concealer

Langkah selanjutnya adalah concealer. Concealer berfungsi menyamarkan jerawat yang sedang meradang dan bekas-bekas jerawat. Pilih concealer yang bersifat ringan yang non comedogenic atau non acnegenic. Tidak usah terlalu berlebihan mengaplikasikan concealer, cukup aplikasikan tipis-tipis pada titik-titik yang diperlukan saja.

Foundation

Foundation yang aman digunakan sebagai make up ketika wajah berjerawat adalah yang memiliki formula ringan namun memiliki coverage medium hingga full. Dengan coverage yang baik, akan membuat jerawat pada wajah tertutup dengan baik. Untuk wajah yang berjerawat, pilih foundation loose powder yang ringan atau apabila Anda ingin menggunakan lotion foundation, pilih yang berbasis air dan mempunyai oil control. Foundation yang tidak tepat akan membuat wajah Anda semakin berminyak setelah penggunaannya.

Make up pun akan luntur dan tidak tahan lama. Hindari compact foundation yang berat karena dapat menyumbat pori-pori dan membuat jerawat semakin parah. Aplikasikan foundation tipis-tipis agar tidak menyumbat pori dan mudah dibersihkan nantinya. Anda dapat mengaplikasikan dengan brush bersih, atau tangan. Tidak disarankan menggunakan sponge karena tekananannya dapat menyumbat pori.

Setelah foundation, aplikasikan bedak tabur pada wajah menggunakan brush. Brush akan membuat aplikasi bedak merata dan tipis. Hal ini bermanfaat untuk wajah berjerawat karena bedak tidak akan menyumbat pori. Hindari jenis bedak compact atau liquid. Kedua jenis ini dapat menyumbat pori dan membuat Anda semakin berjerawat.

Produk Dekoratif

Agar aman dalam penggunaan make up Anda, Anda harus memperhatikan produk dekoratif yang Anda gunakan. Produk dekoratif adalah produk yang fungsinya mendekorasi atau memiliki warna seperti blush on, eye shadow, dan lipstik.

Blush On

Blush on memang tidak disarankan untuk wajah berjerawat. Namun tidak semua blush on dapat membuat wajah Anda berjerawat. Bisa jadi jerawat disebabkan kulit Anda yang alergi terhadap zat warna tertentu.

Tips Aman Memakai Make Up Saat Wajah Berjerawat
Penggunaan Blush On Saat Wajah Berjerawat

Coba perhatikan komposisi blush on, apakah mengandung pewarna FD & C yang sebaiknya dihindari. Hindari penggunaan cream blush yang umumnya mengandung minyak. Carilah produk oil free dan sebaiknya berbahan dasar alami non alkohol.

Eye Shadow

Pilih eye shadow yang lembut dan bersifat lembab. Hindari eyeshadow yang berbubuk saat digunakan. Bubuk yang jatuh dan terselip pada lipatan mata atau pori kulit dapat membuat iritasi.

Eyeliner Dan Lipstik

Eyeliner dan lipstik sebenarnya tidak terlalu berperan penting dalam pembentukan jerawat di kulit sehingga bebas digunakan. Pastikan formulanya aman untuk kulit Anda.

Tips Aman Memakai Make Up Saat Wajah Berjerawat
Penggunaan Eyelinner Dan Lipstik

Setelah menggunakan make up dan menuntaskan kegiatan Anda, agar tetap aman saat menggunakan make up ketika wajah berjerawat, jangan lupa untuk langsung membersihkan make up. Make up yang terlalu lama tidak dibersihkan atau tidak dibersihkan secara tuntas dapat memicu jerawat pada kulit Anda.

Sekian informasi dari kami, semoga dapat membantu Anda mendapatkan solusi yang tepat dan aman untuk Anda gunakan. Anda juga disarankan untuk menanyakan atau berkonsultasi dengan dokter jika jerawat yang ada semakin parah atau meradang. Dengan berkonsultasi dengan dokter maka jerawat Anda akan bisa segera ditangani dengan tepat. Terimakasih sudah membaca.