Daftar Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita

Salah satu masalah yang cukup mengganggu adalah rambut rontok. Penyebabnya pun bermacam-macam. Masalah ini memang bukan hanya masalah para wanita, sebab rambut rontok juga terjadi pada anak-anak, atau laki-laki. Semua pernah mengalami masalah ini. Jika rambut yang rontok masih dalam jumlah sedikit, masalah ini bukanlah masalah yang serius.

Pada wanita, rambut yang rontok secara berlebihdan dan parah dapat menyebabkan masalah kebotakan, membuat anda tampil kurang percaya diri, dan enggan memamerkan rambut anda. Berikut beberapa penyebab rambut rontok pada wanita yang harus anda ketahui agar tidak memiliki masalah ini.

Penyebab Rambut Rontok Parah Pada Wanita

Pada kesempatan yang lalu kami juga pernah mengulas tentangĀ Obat Rambut Rontok Di Apotik Kimia Farma. Tapi ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab rambut rontok parah pada wanita. Simak ya!

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita
Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita

Penyebab Rambut Rontok Karena Rambut Memiliki Siklus Pertumbuhan Yang Tidak Seimbang

Setiap bulannya, rambut tumbuh sekitar 1 inchi dan pertumbuhan rambut tersebut tentu tidak selalu sama. Hal yang mempengaruhinya adalah hormone. Pada wanita, rambut rontok bisa terjadi dengan parah apabila terdapat gangguan hormone androgen. Akibatnya, proses pertumbuhan rambut menjadi tidak normal, sehingga rambut pun akan rontok dalam jumlah yang cukup banyak.

Penyebab Rambut Rontok Parah Karena Faktor Kehamilan Dan Persalinan

Mungkin sebelum hamil anda tidak pernah mengalami masalah rambut rontok yang serius, namun kemudian anda kaget ketika hamil dan anda sedang menyisir rambut anda, tiba-tiba anda mendapati banyak sekali helai rambut yang rontok. Hal ini adalah hal biasa dan terjadi hampir pada semua wanita yang sedang hamil atau sedang dalam masa persalinan.

Setelah anda melahirkan, maka 3 bulan kemudian anda akan melihat rambut rontok yang cukup parah. Penyebabnya adalah masalah alami, yaitu hormone. Dalam beberapa bulan kemudian, rambut akan pulih dengan sendirinya, perlahan-lahan tidak mengalami kerontokan yang parah kembali. Sehingga, walaupun rontok mungkin akan sedikit saja jumlah helai rambutnya.

Ciri-Ciri Rambut Rontok Karena Masalah Hormon

Gangguan hormone androgen pada wanita adalah masalah berikutnya mengapa rambut rontok sering sekali terjadi. Bahkan, gangguan hormone mampu memicu masalah rambut rontok yang benar-benar parah. Jika tiroid bekerja terlalu aktif atau tidak aktif sama sekali, maka hormone androgen menjadi tidak stabil sehingga menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada wanita.

Rambut Rontok Karena Menggunakan Obat-Obatan Tertentu

Jika anda menggunakan obat-obatan tertentu, mungkin anda akan mengalami masalah kerontokan rambut yang berlebihan. Walaupun, tidak semua obat-obatan yang ada dapat menyebabkan rambut rontok. Jika anda berhenti menggunakan obat-obatan tersebut, rambut rontok yang anda alami akan berkurang. Ada beberapa obat yang dapat membuat rambut jadi rontok seperti obat yang memiliki kandungan vitamin A yang begitu banyak, obat pengencer darah, obat asam urat, obat antidepresan, obat kemoterapi dan kontrasepsi.

Rambut Rontok Bisa Disebabkan Karena Masalah Infeksi

Pada bagian kulit kepala biaasnya sering mengalami infeksi. Ketika kulit kepala infeksi, maka rambut rontok pun tidak bisa dihindari. Untuk mencegah rambut terus rontok, anda bisa menggunakan obat anti jamur kerontokan. Menggunakan obat ini dapat membantu menghentikan masalah ini tentunya.

Penyebab Rambut Rontok Parah Antara Lain Karena Adanya Penyakit

Rambut yang rontok bisa menjadi salah satu sinyal bahwa anda sedang mengalami masalah kesehatan baik yang ringan atau yang serius. Ini adalah cara tubuh memberikan sinyal tersebut pada anda. Penyakit kronis dapat membuat rambut menjadi rontok berlebihan seperti penyakit lupus atau penyakit diabetes.

Penyebab-Penyebab Rambut Rontok Karena Masalah gizi dan vitamin

Tidak sedikit orang ang begitu memperhatikan penampilannya, sampai-sampai mereka melakukan berbagai cara seperti diet ketat. Diet ketat dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti tubuh yang kekurangan gizi dan vitamin. Dalam hal ini, rambut pun menerima dampaknya. Rambut menjadi mudah rontok dan bahkan dengan jumlah kerontokan yang serius. Anda harus menghentikan diet ketat yang anda jalankan jika rambut anda sudah mulai rontok. Atau lakukan diet ketat tanpa mengurangi kebutuhan gizi dan vitamin untuk tubuh.

Salah Satu Penyebab Rambut Rontok Yaitu Masalah Emosional

Seseorang yang stress atau emosional dapat memiliki masalah rambut rontok yang cukup sering. Saat seseorang emosional dan stress, keadaan dirinya sedang tertekan. Dalam kondisi demikian rambut pun menjadi mudah rontok.

Rambut Rusak Karena Cuaca

Dr. Francesca Fusco, dermatology yang ada di New York, Amerika Serikat menjelaskan bahwa perubahan cuaca yang terjadi dapat membuat wanita sering mengalami rambut rontok. Cuaca yang berubah memaksa tubuh untuk memasuki masa penyesuaian. Sehingga, tidak heran jika siklus ini membuat tubuh sedikit stress dan rambut pun mulai rontok.

Beliau juga menjelaskan bahwa pada cuaca panas, rambut bisa tumbuh dengan cepat. Sehingga, pada akhir musim panas, rambut pun mulai rontok. Hal ini bisa dicegah jika anda mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang tinggi seperti protein, lemak, dan zat besi yang membantu membuat rambut lebih stabil dan membantu rambut untuk lebih mudah menyesuaikan diri dengan musim.

Penyebab Umum Rambut Rontok Yakni Terlalu Sering Mengikat Rambut

Rambut yang terlalu sering ternyata membuat rambut pada kondisi tertekan, sehingg rambut jadi rapuh dan mudah rontok. Sangat disarankan untuk tidak mengikat rambut terlalu kencang dan terlalu sering jika tidak ingin memiliki masalah rambut rontok.

Ingin tau obat rambut rontok yang mujarab? Baca artikel Obat Rambut Rontok Di Apotik Kimia Farma

Itulah beberapa informasi tentang apa saja penyebab rambut rontok pada wanita, semoga bermanfaat! Yuk kunjungi koleksi artikel kami yang lain. Dapatkan info terbaru seputar dunia wanita dan kecantikan. Dapatkan informasinya sekarang juga!