Ini Dia Penyebab Rambut Bercabang Dan Solusinya!

Posted on

Penyebab Rambut Bercabang Dan Solusinya – Bagi sebagian besar wanita, keindahan dan kesehatan rambut tentu menjadi hal yang penting untuk menunjang penampilan mereka. Tidak heran jika banyak wanita melakukan serangkaian perawatan untuk keindahan dan kesehatan rambut mereka. Mereka merasa tidak percaya diri jika mengalami masalah rambut seperti rambut bercabang atau yang lainnya.

Pada kesempatan hari ini, kami ingin mengulas mengenai apa saja penyebab rambut bercabang dan bagaimana solusinya. Ingin tahu lebih lengkapnya? Silahkan baca ulasan kami berikut ini.

PENYEBAB RAMBUT BERCABANG DAN SOLUSINYA!

Penyebab Rambut Bercabang Dan Solusinya
Penyebab Rambut Bercabang Dan Solusinya

Rambut adalah mahkota yang memiliki pengaruh besar pada penampilan seseorang, utamanya kaum wanita. Rambut yang tebal, kemilau dan sehat, akan menambah daya pesona seorang wanita. Tidak heran jika banyak wanita yang merasa kurang percara diri manakala menyadari rambutnya lepek, bercabang, dan tidak sehat. Langkah selanjutnya yang dilakukan, sudah pasti mencari penyebab rambut bercabang dan solusinya.

Banyak hal yang membuat rambut tidak sehat dan bercabang, diantaranya adalah :

Defisiensi Nutrisi – Penyebab Rambut Bercabang Dan Solusinya

Mencari penyebab rambut bercabang dan cara mengatasinya, salah satu diantaranya adalah dengan mempertanyakan, apakah rambut Anda sudah memperoleh nutrisi yang cukup? Sebab kurangnya nutrisi akan menimbulkan berbagai persoalan pada rambut, salah satu diantaranya adalah rambut yang bercabang.

Kurangnya nutrisi yang diasup oleh tubuh dapat mempengaruhi kutikula rambut, atau bagian terluar yang membungkus rambut. Kutikula sendiri memiliki fungsi mengikat serat-serat rambut. Jadi, jika nutrisi yang dibutuhkan tubuh kurang, maka kutikula pun mengalami permasalahan, yakni menurunnya daya kemampuan dalam mengikat serat rambut, yang berakibat pada pecahnya rambut atau bercabang.

Untuk mengatasinya, sudah barang tentu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, terutama nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh rambut, yaitu protein nabati, Vitamin B, dan zat besi. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dari sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, jeruk, apel, susu, telur, dan ikan.

Paparan Sinar Ultraviolet – Penyebab Rambut Bercabang Dan Solusinya

Teriknya sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet merupakan salah satu sebab terjadinya rambut bercabang. Dan cara mengatasinya sudah pasti dengan melindungi rambut dari paparan langsung sinar matahari.

Rambut rentan terhadap sinar ultraviolet, disamping karena warnanya yang hitam yang memiliki sifat mudah menyerap panas, sinar ultraviolet juga merusak sel-sel kulit kepala, sehingga membuat kulit kepala kering. Akibat rusaknya sel-sel pada kulit kepala, nutrisi yang seharusnya dikirimkan ke rambut tidak sampai ke tujuan. Akibatnya rambut pun menjadi rusak dan bercabang.

Paparan Bahan Kimia – Penyebab Rambut Bercabang Dan Solusinya

Penyebab rambut bercabang dan solusi untuk mengatasinya sangat penting untuk dipahami mengingat penyebab tersebut tidak selamanya kita sadari. Ada kalanya, penyebab tersebut datang dari lingkungan sekitar, yang sepintas lalu seakan tidak berpengaruh pada rambut. Salah satu contohnya yaitu pada waktu berenang di kolam renang, tanpa kita sadari klorin yang terkandung pada air kolam renang tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan kusam. Efeknya rambut menjadi gampang pecah dan bercabang. Begitu juga dengan paparan udara di lingkungan sekitar, memiliki kemungkinan mengandung zat-zat yang berisiko merusak kesehatan rambut.

Selain paparan zat kimia yang datang tanpa kita sadari, terkadang kita juga dengan sengaja justru menempelkan zat kimia pada rambut, seperti saat mewarnai rambut, membuat ikal atau meluruskan rambut, dan sebagainya. Paparan bahan kimia ini dampaknya tidak baik bagi rambut, hanya saja terkadang butuh waktu cukup lama dampak tersebut baru dapat dilihat sehingga, banyak orang tidak menyadarinya.

Penyebab rambut bercabang dan solusi untuk mengatasinya, jika karena paparan bahan kimia, tentu saja yang pertama adalah dengan mencegah, jangan sampai ada bahan-bahan kimia yang menyentuh rambut, seperti berusaha melindungi bagian kepala saat melakukan kegiatan outdoor, memakai pelindung kepala pada waktu berenang, dan sebisa mungkin tidak dengan sengaja membaluri rambut dengan bahan kimia untuk merubah warna dan bentuk rambut.

Selain mencegah, tentunya dengan memberikan perawatan secara teratur, seperti berkeramas secara rutin, seminggu 3–4 kali. Menjadi lebih baik lagi jika shampoo yang digunakan menggunakan bahan-bahan yang secara khusus dapat membersihkan bahan kimia yang menempel pada rambut.

Hormon dan Faktor Usia – Penyebab Rambut Bercabang Dan Solusinya

Rambut tidak berbeda halnya dengan tubuh manusia secara menyeluruh, yang semakin lemah karena termakan oleh usia. Rambut yang semakin panjang, tentu usianya semakin tua, dan semakin tua usia rambut maka semakin rentan dan mudah rusak, entah itu rontok atau bercabang.

Selain usia rambut, keberadaan hormon juga mempengaruhi pertumbuhan rambut. Karena hormon setiap orang tidak sama, maka cepat atau lambatnya pertumbuhan rambut juga berbeda antara satu orang dengan yang lain. Untuk itu, penyebab rambut bercabang dan cara mengatasinya juga dengan memperhatikan faktor usia rambut dan hormon.

Buat Anda yang senang memiliki rambut panjang, untuk mencegah rambut bercabang, dapat dilakukan dengan secara rutin, memotong ujung rambut setiap 2 bulan sekali. Perhatikan pula perkembangan tumbuhnya rambut, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh hormon. Jika hormon ternyata membuat rambut cepat panjang, maka frekuensi memotong bagian ujung rambut harus lebih sering dilakukan.

Perlakuan yang Tidak Benar Terhadap Rambut – Penyebab Rambut Bercabang Dan Solusinya

Seringkali para wanita tidak menyadari bahwa kebiasaan mereka dalam memperlakukan rambut tidak benar. Contohnya seperti mengikat rambut terlalu kuat, mencatok rambut terlalu sering, mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosoknya secara kasar dengan handuk, atau menyisir rambut dengan berlebihan. Selain itu sering menggunakan hair dryer juga berpotensi merusak rambut dan juga bisas membuat rambut menjadi bercabang.

Mengikat dan menyisir rambut terlalu kuat, menggosok-gosok rambut secara kasar atau terlalu sering mencatok rambut, akan membuat laju pertumbuhan rambut jadi terhambat, hal tersebut yang menyebabkan rambut menjadi bercabang. Begitu pula dengan penggunaan hair dryer. Suhu hangat yang dialirkan dengan tenaga listrik, menjadi penyebab rapuhnya rambut sehingga rambut menjadi bercabang.

Penyebab Rambut Bercabang
Penyebab Rambut Bercabang

Solusi yang tepat untuk meminimalisir persoalan tersebut adalah dengan lebih berhati-hati dalam memperlakukan rambut. Perlakukan rambut dengan sangat hati-hati dan lembut, agar pertumbuhannya dapat berlangsung dengan sempurna. Sebab pada dasarnya, persoalan rambut bercabang dan cara mengatasinya sangat tergantung dari cara kita memperlakukan dan merawat rambut.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan untuk Anda sekalian, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Temukan penyebab rambut bercabang Anda, dan segera cari tahu solusinya. Dengan begitu kepercayaan diri Anda akan muncul kembali. Sampai jumpa pada artikel kami tentang rambut bercabang yang lain!