Inilah Penyebab Munculnya Jerawat Di Dahi Dan Pipi

Posted on

Penyebab Munculnya Jerawat Di Dahi Dan Pipi – Jerawat memang menjadi salah satu permasalahan utama para kaum wanita. Jerawat yang muncul di wajah membuat mereka menjadi kurang percaya diri dan terlihat minder, apakah Anda juga demikian? Tidak mengherankan jika munculnya jerawat ini membuat banyak wanita tampil kurang percaya diri, terlebih apabila bekas jerawat tersebut masih tetap ada dan membekas di wajah terutama di dahi ataupun di pipi Anda.

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang menjadikan jerawat muncul terutama pada bagian dahi dan pipi Anda. Beberapa penyebab ini mungkin belum Anda ketahui sehingga Anda tetap mempertahankan kebiasaan Anda yang mungkin justru membuat wajah Anda berjerawat. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab muculnya jerawat di dahi dan pipi Anda tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai penyebab munculnya jerawa di dahi dan pipi sehingga Anda tahu dan dapat menghindari penyebab munculnya jerawat tersebut. Ada 7 penyebab munculnya jerawat di dahi dan pipi Anda sekalian, 7 penyebab tersebut antara lain kadar minyak yang berlebihan, tingkat stres yang tinggi, faktor hormonal dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya berikut kami ulas beberapa penyebab munculnya jerawat di dahi dan pipi.

INILAH PENYEBAB MUNCULNYA JERAWAT DI DAHI DAN PIPI

Jerawat memang menjadi hambatan untuk tampil sempurna di depan banyak orang. Untuk itu penting bagi Anda mengetahui penyebab munculnya jerawat di dahi dan pipi yang seringkali terabaikan. Berikut ulasannya.

Organisme yang menjadi penyebab jerawat

Propionibacterium acnes mikroorganisme jenis bakteri inilah penyebab munculnya jerawat di dahi dan pipi. Jenis bakteri ini termasuk patogen yang bertanggung jawab terhadap munculnya jerawat. Pertumbuhan bakteri berbentuk batang ini tergolong lambat. Bakteri ini memiliki sistem kerjan dengan melepaskan enzim yang merusak jaringan lemak di kulit dan menyebabkan peradangan sehingga muncullah jerawat serta mengakibatkan rasa nyeri. Semakin banyak bakteri yang menginfeksi berarti semakin parah pula peradangan yang disebabkan olehnya. Hal ini tentu membuat nyeri yang semakin terasa.

Penyebab Jerawat Di Dahi Dan Pipi
Penyebab Jerawat Di Dahi Dan Pipi

Sel darah putih yang berperan sebagai sistem pertahanan tubuh memberi perlawanan terhadap aktifitas bakteriPropionibacterium acnes ini. Sel darah putih yang mati bersama bakteri yang dilawannya akan menumpuk dan menjadi nanah. Jika peradangan dirasa semakin memburuk Anda bisa membantu melemahkan aktifitas bakteri dengan minum obat jenis antibiotik yang akan memberikan perlindungan diri Anda dari dalam.

Kadar minyak yang berlebihan di wajah

Kadar minyak di wajah yang tinggi biasanya dialami oleh remaja yang sedang masuk ke dalam masa pubertas. Tetapi meskipun telah melewati fase pubertas, individu dengan jenis kulit berminyak memang memiliki kelenjar sebacea atau kelengjar penghasil minyak yang lebih aktif. Kadar minyak yang tinggi menjadi ladang yang sangat disukai oleh bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnesuntuk tumbuh dan berkembang.

Jika Anda tidak rajin membersihkan wajah, hal ini akan menjadi alasan munculnya jerawat di dahi dan pipi karena pada dahi dan pipi adalah area luas dengan jumlah kelenjar minyak yang banyak dan lebih aktif. Jadi segera kurangi minyak di wajah dengan perawatan yang baik.

Kurangnya kebersihan kulit wajah

Kebersihan menjadi salah satu kunci memiliki kulit wajah yang bebas dari jerawat. Selain saat mandi, membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka juga dapat Anda lakukan setelah bepergian atau sebelum tidur di malam hari.

Ketika bepergian tidak dipungkiri bahwa Anda akan terpapar dengan debu dan kotoran selama berada di perjalanan. Rutinlah membersihkan wajah atau bila perlu Anda bisa membawa facial foam kemana saja Anda pergi sehingga Anda tidak perlu kerepotan saat ingin membersihkan wajah Anda.

Bagi Anda yang menggunakan make up dalam kegiatan sehari-hari juga perlu membersihkan wajah secara rutin. Penggunaan make up yang tidak dibersihkan akan menutup bahkan menyumbat pori-pori di wajah Anda. Ditambah lagi apabila Anda memakai make up dan beraktifitas di luar ruangan, tumbukan make up dan kotoran akan membuat wajah Anda semakin berat untuk bernafas. Ingatlah selalu agar membersihkan wajah sebelum dan sesudah Anda memakai make up.

Stres sebagai pemicu jerawat

Stres membawa pengaruh buruk bagi kesehatan Anda. Saat sedang stres tubuh akan melepaskan hormon kortisol dimana hormon ini memiliki pengaruh yang kurang baik terhadap kulit, tekanan darah, masalah pencernaan, dan dapat pula mengakibatkan gangguan tidur. Padahal tahukah Anda bahwa kulit cantik bebas jerawat bukan hanya didapat dari perawatan luar saja. Kebiasaan hidup sehat dan teratur juga menjauhkan Anda dari penyebab munculnya jerawat di dahi dan pipi.

Membiasakan hidup sehat, perbanyak tertawa, dan selalu berpikir positif dapat membantu Anda terhindar dari stres. Dengan menjaga stabilitas mental, Anda tidak perlu lagi berhadapan dengan jerawat yang muncul di wajah cantik Anda.

Berkaitan dengan kesehatan organ dalam

Segala sesuatu yang ada di dalam tubuh manusia saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kelainan pada salah satu anggota tubuh akan berpengaruh dan dapat diketahui dari keadaan anggota tubuh yang lainnya.Begitu juga dengan jerawat yang bisa menjadi salah satu tanda adanya gangguan pada organ atau sistem organ di dalam tubuh Anda.

Gangguan pada sistem pencernaan dan pernafasan dapat menjadi indikasi munculnya jerawat di dahi dan pipi Anda. Jika jerawat di dahi dan pipi sudah muncul, Anda sebaiknya memperhatikan kondisi pencernaan dan pernafasan Anda. Coba perhatikan kembali apa yang Anda makan atau keluhan apa yang Anda rasakan berkaitan dengan sistem pencernaan dan pernafasan Anda. Ketika Anda merasakan keluhan yang semakin serius Anda dapat langsung memeriksakan diri ke dokter sehingga penanganan bisa dilakukan lebih dini.

Efek samping obat-obatan

Beberapa obat-obatan memberikan efek samping terhadap tubuh seperti kegemukan atau munculnya jerawat. Jerawat yang muncul di dahi dan pipi bisa jadi adalah efek samping dari obat-obatan tertentu yang Anda konsumsi. Jenis obat tertentu seperti pil KB memiliki peran dalam mengurangi keseimbangan hormon yang memiliki efek samping berupa munculnya jerawat. Jika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu ada bainya Anda berkonsultasi kepada ahlinya untuk mengetahui efek samping dari obat tersebut dan juga cara meminimalkan efek samping yang ditimbulkan.

Faktor hormonal

Inilah penyebab munculnya jerawat di dahi dan pipi yang saering dijumpai. Keseimbangan hormon yang tidak stabil terutama pada wanita menjadi pemicu munculnya jerawat di dahi dan pipi. Masa-masa pra menstruasi, kehamilan, dan menopause adalah masa dimana ketidakseimbangan hormon terjadi.

Ketidakseimbangan hormon membuat kelenjar di dalam tubuh menjadi tidak stabil juga. Kelenjar minyak juga terpengatuh oleh aktifitas ini, akibatnya produksi minyak yang berlebihan ditambah dengan adanya endapan sebum menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit wajah dan timbullah jerawat. Banyak hal yang menyebabkan munculnya jeraat di dahi dan pipi, semakin banyak yang Anda ketahui semakin bijak pula Anda dalam menanganinya.

Penyebab Munculnya Jerawat Di Dahi Dan Pipi
Penyebab Munculnya Jerawat Di Dahi Dan Pipi

Baca juga Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih ya. Siapa tau cocok buat Anda. Tapi alangkah lebih baik kalau dikonsultasikan dahulu dengan dokter ahli kulit ya. Untuk meminimalkan resiko yang terjadi.

Itu tadi 7 penyebab munculnya jerawat di dahi dan pipi Anda yang mungkin belum Anda ketahui dan sering tarabaikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terimakasih sudah membaca.