Penyebab Jerawat Pasir Di Wajah Yang Harus Diketahui!

Posted on

Penyebab Jerawat Pasir – Hai sahabat temancantik.com. Sudah pernah mendengar tentang jerawat pasir? Jerawat pasir sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jerawat pada umumnya. Tetapi jerawat pasir memiliki ciri khusus yang membuat kita mudah membedakannya dengan jenis jerawat lainnya. Ya, jerawat pasir ini biasanya muncul bergerombol baik di kulit dahi maupun di pipi. Biasanya berbentuk menyerupai komedo dimana pada bagian ujungnya terdapat butiran putih mirip nasi tetapi kecil. Yang jelas apapun jenisnya, yang namanya jerawat tentu sangat mengganggu penampilan apalagi bagi para wanita.

Kemunculan jerawat pasir pada kulit muka tentu merupakan hal yang wajar. Maksudnya, banyak perempuan yang juga mengalami gangguan kulit yang satu ini. Tapi meskipun begitu, Anda tidak boleh menyepelekan masalah kulit jerawat pasir ini. Karena jika tidak ditangani dengan tepat, maka jerawat pasir yang berukuran kecil ini bisa membesar. Pada kondisi tertentu jerawat ini bisa menimbulkan peradangan pada kulit dan akhirnya meninggalkan bekas jerawat yang sulit hilang. Mengerikan bukan? Lantas apa sih sebenarnya penyebab jerawat pasir ini? Bagi Anda yang penasaran, yuk simak artikel ini sampai selesai.

Pada jerawat pasir, seringkali kita jumpai ada titik putih seperti pasir pada ujung jerawat. Titik putih tersebut sebenarnya merupakan lemak yang menumpuk dan bercampur dengan kotoran serta bakteri. Hingga akhirnya terbentuklah jerawat pasir.

Penyebab Jerawat Pasir Di Wajah Yang Harus Anda Ketahui
Penyebab Jerawat Pasir Di Wajah Yang Harus Anda Ketahui

PENYEBAB JERAWAT PASIR DI WAJAH YANG HARUS DIKETAHUI!

Selain mengganggu penampilan, kehadiran jerawat pasir pada kulit muka seringkali juga disertai dengan rasa gatal. Meskipun terasa gatal, Anda diharapkan tidak menggaruknya karena hal itu justru dapat memperparah kondisi kulit wajah Anda.

Biasanya selain terasa gatal, jerawat pasir seringkali juga menimbulkan rasa perih. Karena itulah banyak orang merasa risih dengan jerawat pasir. Nah, bagi Anda baik yang belum pernah mengalami munculnya jerawat pasir ataupun bagi Anda yang sedang bermasalah dengan jerawat pasir kini kami berikan ulasan lengkap penyebab jerawat pasir pada wajah yang harus Anda tahu. Simak ya.

Kebersihan kulit yang tidak diperhatikan

Penyebab jerawat pasir di wajah yang harus diketahui yang pertama adalah faktor kebersihan kulit Anda. Setiap hari saat beraktifitas kulit wajah tentu akan berhadapan dengan berbagai macam kotoran yang ada di dalam udara. Jika Anda tidak secara rutin membersihkan wajah Anda, maka kotoran-kotoran ini akan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

Hal-hal lain yang bisa mengakibatkan wajah menjadi kotor dan menjadi penyebab jerawat pasir di wajah adalah adanya tumpukan sel-sel kulit mati. Jika setiap harinya Anda lebih sering berdiam diri di dalam rumah, lantas bukan berarti Anda tidak perlu membersihkan wajah Anda. Setiap harinya pasti ada saja sel-sel kulit di wajah Anda yang mati kemudian digantikan oleh sel-sel yang baru. Apabila sel-sel kulit yang telah mati ini dibiarkan begitu saja dan tidak dibersihkan, tentu juga akan menyumbat pori-pori di wajah Anda.

Kebersihan kulit wajah yang senantiasa terjaga akan mengurangi resiko munculnya jerawat pasir. Pori-pori wajah yang terbuka menjadikan kulit dengan lancar memperoleh pergantian udara, sehingga kesehatan kulit juga akan selalu terjaga. Usahakan agar Anda menjaga kebersihan kulit wajah Anda dalam segala kondisi musim, baik musim hujan apalagi saat musim kemarau yang rawan dengan debu beterbangan dimana-mana.

Penyebab jerawat pasri karena terlalu sering menyentuh wajah

Terlalu sering menyentuh wajah dengan menggunakan tangan menjadi salah satu faktor munculnya jerawat pasir di wajah yang harus diketahui. Sebagian besar dari kita pasti banyak yang tidak menyadari bahwa terlalu sering menyentuh wajah ternyata membawa dampak yang kurang baik.

Berdasarkan penelitian, tangan adalah salah satu bagian tubuh dengan jumlah kuman terbayak dalam tubuh kita. Banyak sekali bakteri, patogen, dan sumber penyakit menempel pada tangan setiap waktu. Di sisi lain, wajah adalah area yang sensitif. Kulit wajah biasanya lebih tipis dari pada kulit lain tubuh kita, sehingga tidak heran kulit wajah lebih sering terkena gangguan diantaranya seperti jerawat pasir yang sangat mengganggu penampilan. Jerawat pasir yang berjumlah banyak, gatal, dan bahkan kadang terasa sakit seringkali membuat penderitanya menjadi tidak nyaman.

Terlalu sering menyentuh wajah dengan menggunakan tangan dapat menjadi pemicu jerawat pasir di wajah menjadi bermunculan. Berbagai bakteri termasuk bakteri penyebab jerawat yang ada di tangan dapat dengan mudah berpindah ke wajah Anda. Jika wajah Anda tidak dibersihkan dengan baik, berbagai kotoran dan minyak yang ada di wajah akan bertemu dengan bakteri. Kulit wajah yang kotor dan berminyak adalah tempat yang disenangi oleh bakteri dan menjadi media tumbuh yang sesuai. Akibatnya bakteri akan tumbuh dengan baik di wajah Anda dan mengakibatkan jerawat pasir ini.

Sebisa mungkin menghindari kontak antara tangan dengan wajah, terutama saat tangan dalam kondisi yang kotor adalah cara yang baik untuk menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di wajah Anda. Atau bisa juga dengan membiasakan diri menggunakan cairan pembersih kuman untuk tangan yang steril.

Penyebab jerawat pasir disebabkan frekuensi mencuci wajah yang berlebihan

Mencuci wajah dengan frekuensi yang melebihi jumlah normal setiap harinya bukan berarti membuat wajah menjadi sehat dan makin bersih. Itulah penyebab jerawat pasir berikutnya. Terlalu sering mencuci wajah justru bisa menjadi penyebab munculnya jerawat pasir di wajah Anda. Tujuan dari mencuci wajah adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan juga kotoran yang menempel di wajah, namun ketika Anda terlalu sering mencuci wajah, sel-sel kulit wajah yang masih sehat bisa saja malah terkelupas dan membuat wajah menjadi semakin tipis ditambah lagi jika Anda menggunakan scrub saat membersihkan wajah Anda.

Lapisan kulit wajah yang tipis menjadikan wajah lebih sensitif dan rentan terhadap berbagai serangan dari luar, seperti bakteri penyebab jerawat, iritasi, ataupun gangguan kulit lainnya. Menjaga kebersihan kulit wajah memang harus, tetapi berlebihan membersihkannya jangan. Anda bisa membersihkan wajah Anda paling tidak dua kali sehari saja yakni saat pagi dan sore atau malam menjelang tidur.Selain kebersihan dan kelembapan tetap terjaga, mencuci wajah dengan frekuensi yang pas juga menjaga tingkat ketebalan kulit Anda agar tidak terlalu sensitif terhadap jerawat ataupun iritasi lainnya.

Pemakaian kosmetik yang kurang tepat

Setiap kosmetik memang diperuntukkan untuk jenis-jenis wajah tertentu sesuai kebutuhan.Pemilihan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dapat menjauhkan diri Anda dari jerawat pasir.Jika Anda memiliki tipe kulit wajah berminyak, hindari kosmetik yang mengandung banyak minyak agar tidak ada penumpukan minyak di wajah Anda. Jika Anda berjenis kulit kering, Anda bisa memilih kosmetik yang melembapkan dengan sedikit kandungan minyak.

Berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya sebelum Anda membeli produk kosmetik juga tidak ada salahnya. Setelah Anda membeli kosmetik dan membelinya, ingatlah selalu untuk menjaga kebersihan wajah dari sisa make up yang menempel.

Kebiasaan buruk memencet komedo salah satu penyebab jerawat pasir

Alih-alih untuk menghilangkan komedo, terlalu sering memencetnya justru membuat kulit yang berkomedo menjadi iritasi dan malah menimbulkan jerawat pasir. Saat wajah Anda memiliki banyak komedo dan Anda ingin membersihkannya, ada baiknya Anda membersihkannya dengan alat pencabut komedo atau pergi ke klinik kecantikan untuk melakukanfacial.Tidak dianjurkan untuk memencet komedo karena hal tersebut akan memperparah kondisi kulit wajah Anda.

Penyebab Jerawat Pasir Di Muka
Penyebab Jerawat Pasir Di Muka

Ada banyak penyebab jerawat pasir di wajah yang harus Anda ketahui. Setelah Anda mengetahuinya, Anda bisa menentukan langkah-langkah pencegahan agar jerawat pasir tidak muncul di kulit wajah cantik Anda, dan apabila telah muncul Anda bisa memilih cara yang bijak untuk mengatasinya.

Demikianlah ulasan lengkap penyebab jerawat pasir di wajah yang harus Anda ketahui. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda sekalian. Rajin-rajin lah membersihkan wajah namun tetap dalam porsinya ya, jangan terlalu berlebihan. Sehingga kulit wajah tetap bersih dan sehat. Selamat merawat wajah. Sampai jumpa lagi pada artikel-artikel kami yang lain!