Inilah Penyebab Jerawat Bruntusan Di Wajah

Penyebab Jerawat Bruntusan Di Wajah – Di dunia ini, wanita mana yang tak ingin memiliki kulit halus mulus? Sepertinya jika ditanya satu per satu, pastinya hampir semua wanita menghendaki kulit wajah yang halus, mulus, putih alami. Begitu juga dengan Anda kan? Ya, pada dasarnya wanita selalu menginginkan untuk tampil cantik menawan. Jika bisa tampil sempurna, mengapa tidak? Itulah yang membuat wanita akan panik jika ada jerawat yang muncul diwajah mereka. Ya, meskipun yang muncul hanya satu jerawat.

Hmm… Banyak wanita merasa sebal dan panik jika muncul satu jerawat diwajah mereka. Bisa dibayangkan jika ada banyak jerawat muncul di wajah dalam waktu hampir bersamaan? Tentu mereka akan sangat panik. Tapi apakah mungkin jika ada lebih dari satu jerawat muncul diwajah? Tentu saja mungkin. Coba lihat, jenis jerawat bruntusan sekali muncul bisa dalam jumlah yang banyak lho. Oleh karena itu yuk ketahui bersama apa saja sih penyebab jerawat bruntusan di wajah. Sehingga Anda bisa mencegahnya.

Inilah Penyebab Jerawat Bruntusan Di Wajah
Inilah Penyebab Jerawat Bruntusan Di Wajah

Bagi yang belum tau, jenis jerawat bruntusan biasanya berukuran kecil dan kemunculannya dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini tentu berbeda dari jerawat pada umumnya. Jerawat bruntusan tidak berwarna merah. Warnanya sama seperti kulit wajah Anda.

PENYEBAB JERAWAT BRUNTUSAN DI WAJAH

Banyak orang melihat jerawat beruntusan ini seperti biang keringat. Hal ini tentu mengacu pada bentuknya yang kecil dan banyak. Seperti jerawat pada umumnya, jika ditangani dengan tidak benar maka jerawat bruntusan bisa bertambah parah.

Nah, bagi Anda sekalian agar jerawat bruntusan tidak muncul di wajah Anda, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa saja penyebab munculnya jerawat bruntusan di wajah. Dengan begitu harapannya Anda bisa menghindari hal-hal yang bisa menimbulkan munculnya jerawat beruntusan pada wajah Anda. Sudah tidak sabar? Simak saja yang berikut ini, yakni daftar penyebab jerawat bruntusan di wajah.

Penyebab Jerawat Bruntusan Di Wajah Memiliki Riwayat Alergi

Inilah penyebab jerawat bruntusan di wajah yang paling sering terjadi, yakni dikarenakan oleh alergi. Terlebih jika Anda memang memiliki riwayat alergi terhadap makanan atau benda tertentu. Biasanya kebanyakan orang memiliki alergi terhadap makanan seperti seafood atau kacang-kacangan. Tidak jarang pula seseorang memiliki alergi terhadap bulu hewan tertentu. Jika Anda termasuk ke dalam kelompok individu yang memiliki alergi terhadap makanan atau benda tertentu, ada baiknya Anda lebih berhati-hati dalam memilih makanan atau berinteraksi dengan benda yang berpotensi menimbulkan alergi.

Area wajah merupakan area dengan kulit yang lebih sensitif dari area lain. Disamping itu area wajah juga termasuk area yang berhadapan langsung dengan lingkungan sekitar. Maka tidak heran area wajah menjadi bagian tubuh yang rawan terserang alergi dan hal ini menjadi pemicu jerawat bruntusan di wajah.

Untuk mengantisipasinya maka Anda bisa menghindari makanan tertentu yang memang memicu alergi pada diri Anda. Anda juga dapat mengenakan masker penutup wajah sebagai media penghalang wajah Anda dari kontaminasi alergen dari luar. Jika memang Anda sudah teranjur terpapar alergen dan menimbulkan jerawat bruntusan di wajah, sebaiknya hindari untuk menyentuh atau menggaruk bagian wajah yang tersebutagar tidak memperluas area yang bruntusan tadi.

Penyebab Jerawat Bruntusan Di Wajah Masalah Hormonal Pada Tubuh

Kebanyakan wanita memang memiliki permasalahan dengan hormon terutama saat kondisi hormon sedang dalam keadaan tidak stabil. Wanita yang masih dalam usia produktif biasanya akan mengalami masalah hormonal dan hal ini bisa menjadi alasan munculnya jerawat bruntusan di wajah.

Anda yang tidak sedang dalam kondisi mengandung, ada baiknya jika lebih mengenal siklus menstruasi Anda. Biasanya jerawat bruntusan akan muncul seiring dengan berakhirnya siklus menstruasi Anda atau saat fase pra menstruasi. Dengan mengenal siklus Anda sendiri, Anda bisa lebih mempersiapkan diri jika jerawat bruntusan mulai mendatangi wajah Anda.

Bagi Anda yang telah berkeluarga dan sedang kondisi hamil, ketidak seimbangan hormonbisa mengakibatkan munculnya jerawat bruntusan. Tetapi jerawat bruntusan akibat kehamilan akan menghilang seiring dengan berjalannya waktu. Obat KB suntik atau pil KB juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat bruntusan di wajah. Anda yang mengalami efek samping berupa jerawat bruntusan dari pemakaian alat kontrasepsi seperti jenis pil dan suntik ini, tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan beralih memakai alat kontrasepsi yang lainnya.

Penyebab Jerawat Bruntusan Di Wajah Adanya Gangguan Kelembapan Kulit Wajah

Kulit yang kering menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat bruntusan di wajah. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering antara lain faktor cuaca yang sedang berubah-ubah. Menjaga kelambapan kulit meskipun seburuk apapun cuaca di luar sana menjadi salah satu cara penanggulangan munculnya jerawat bruntusan.

Komponen terbesar sel tubuh adalah air, sehingga minum cukup air putih dapat membantu menjaga kelembapan kulit Anda dari dalam. Mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin E dan C juga sangat dianjurkan oleh para ahli agar kelembapan kulit Anda senantiasa terjaga. Jika konsumsi makanan belum juga memenuhi kebutuhan vitamin Anda, Anda bisa mengonsumsi suplemen tambahan asalkan tetap sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Membuat wajah tetap lembab sehingga terhindar dari jerawat bruntusan juga bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan dari luar. Teratur menggunakan masker wajah seperti putih telur dan madu menjadi cara melembapkan wajah dengan praktis.

Penyebab Jerawat Bruntusan Di Wajah Kebersihan Wajah Yang Tidak Terjaga

Memiliki kegiatan yang padat di luar ruangan, berkendara di jalan yang penuh polusi, pemakaian make up dengan intensitas yang sering dapat menyebabkan wajah menjadi kotor. Keadaan yang seperti inilah penyebab jerawat bruntusan di wajah menjadi tidak terkendali. Wajah yang tertutupi make up dan ditambah lagi dengan tumpukan debu mengakibatkan kulit wajah tidak bisa bernafas. Pori-pori yang tertutup juga mengakibatkan minyak serta keringat tidak bisa keluar dengan leluasa, yang berakibat pada penumpukan kotoran di dalam pori-pori dan muncullah jerawat bruntusan ini.

Rutin membersihkan wajah apalagi setelah beraktivitas di luar ruangan yang penuh dengan debu serta setelah menggunakan make up, adalah cara efektif menjaga kebersihan wajah. Anda bisa memasukan sabun cuci muka ke dalam daftar barang yang wajib Anda bawa kemana saja, sehingga Anda bisa membersihkan wajah dan kebersihannya senantiasa terjaga.

Sedikit saran jika Anda membersihkan wajah, sebaiknya pakailah facial foam karena kandungannya yang lebih lembut. Anda bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung scrub asalkan tidak lebih dari dua kali dalam seminggu, agar kulit wajah Anda tidak menjadi cepat tipis dan mudah teriritasi.

Penyebab Jerawat Bruntusan Di Wajah Yaitu Emosi yang Tidak Terkendali

Emosi yang tidak stabil menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat bruntusan di wajah. Ketidakstabilan emosi ini dipicu oleh adanya stres. Manajemen diri yang baik dalam menghadapi suatu permasalahan adalah kunci menjadi pribadi yang lebih tenang dan terhindar dari stres. Biasakanlah untuk sharing dengan teman atau keluarga Anda jika Anda memiliki permasalahan yang menurut Anda berat untuk dihadapi sendirian. Menjadi pribadi yang ramah, banyak tertawa, dan selalu berpikir positif juga menjadi cara yang bijak agar Anda tidak mudah terserang stres jika sedang menghadapi suatu permasalahan.

Pikiran yang banyak masalah akan membuat wajah menjadi tidak sehat, sebaliknya pikiran yang sehat akan membuat wajah menjadi segar dan terhindar dari jerawat. Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya bruntusan di wajah, setelah mengetahui penyebab jerawat bruntusan pada wajah maka Anda dapat menentukan cara mengatasi jerawatan bruntusan yang tepat mengatasinya.

Baca juga postingan kami yang lalu tentang Penyebab Wajah Bruntusan dan Gatal di Wajah. Walaupun hampir sama, tapi isinya tetap beda lho. Jadi bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Penyebab Jerawat Bruntusan Di Kulit Muka
Penyebab Jerawat Bruntusan Di Kulit Muka

Itulah tadi penyebab jerawat bruntusan di wajah dan muka yang kemungkinan bisa terjadi pada Anda. Oleh karena itu pastikan Anda menghindari hal-hal yang masih bisa dihindari. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda sekalian. Jika ada pertanyaan jangan ragu untuk menghubungi dokter ahli kulit terdekat. Sampai jumpa pada postingan kami yang lain tentang cara menghilangkan jerawat, tentunya hanya di temancantik.com!