1001 Jenis Makanan Yang Berkhasiat Untuk Mencegah Kulit Keriput Dibawah Mata Dan Wajah

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Mencegah Kulit Keriput, Kusam, Maupun Kerutan Di Kulit – Halo teman-teman sekalian, berjumpa kembali dengan kami masih di temancantik.com. Pada kesempatan yang lalu kami telah mengulas tentang Penyebab Kulit Cepat Keriput Di Usia Muda. Setelah Anda mengetahui penyebab-penyebab yang bisa menimbulkan kulit keriput, kini tidak ada salahnya Anda juga mengetahui apa saja makanan yang bisa mencegah kulit keriput. Dijaman serba instan seperti sekarang ini, banyak orang mengambil langkah praktis untuk mencegah dan menghilangkan garis halus, kerutan, keriput pada kulit. Biasanya mereka memilih untuk menggunakan cream dan lotion untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, ada pula yang memilih untuk melakukan perawatan kulit dengan biaya yang mahal seperti melakukan botok dan chemical peeling. Cara tersebut tentu jauh lebih praktis untuk membuat kulit menjadi putih, cerah, dan cantik namun pada kasus tertentu efek tersebut tidak bertahan lama. Nah alangkah baiknya jika perawatan kulit juga dilakukan dari dalam yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Apa saja makanan yang dapat mencegah kulit keriput? Simak artikel Jenis Makanan yang Berkhasiat Untuk Mencegah Kulit Keriput Dibawah Mata Dan Wajah hingga selesai!

Melanjutkan bahasan di atas, menggunakan cream pemutih, cream anti aging, maupun perawatan menggunakan bahan kimia pada umumnya tetap saja tidak dapat membuat tubuh terhindar dari radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Makanan Sehat Yang Dapat Mencegah Kulit Keriput
Makanan Sehat Yang Dapat Mencegah Kulit Keriput

Oleh karena itu dari pada Anda menghabiskan banyak uang untuk membeli produk-produk kecantikan maupun malakukan perawatan-perawatan kulit yang mahal lebih baik Anda memprioritaskan untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung anti oksidan untuk kesehatan kulit Anda.

1001 JENIS MAKANAN YANG BERKHASIAT UNTUK MENCEGAH KULIT KERIPUT DIBAWAH MATA DAN WAJAH

Memiliki kulit kencang dan tidak keriput tentulah idaman sebagian wanita, maka selain perawatan rutin menggunakan bahan-bahan alami, Anda sebaiknya juga melengkapinya dengan memakan makanan yang seimbang nilai gizi nya. Untuk mencegah kulit menjadi keriput dan mengalami penuaan dini, ada beberapa jenis makanan yang sangat baik jika Anda konsumsi secara rutin. Seperti dikatakan diatas, umumnya makanan tersebut mengandung banyak anti oksidan yang dapat berperan menetralisir radikal bebas yang dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit Anda. Berikut ini adalah makanan-makanan yang katanya dapat mencegah kulit Anda keriput. Simak ya…

MAKANAN PENCEGAH KULIT KERIPUT DARI JENIS SAYURAN DAN BUMBU

Sayuran Berwarna Merah Untuk Mencegah Kulit Keriput
Sayuran Berwarna Merah Untuk Mencegah Kulit Keriput

Sayuran Berwarna Cerah Untuk Mencegah Kulit Keriput

Sayuran berwarna merah umumnya mengandung anti oksidan yang tinggi. Selain itu juga mengandung bioflavon, vitamin A dan juga vitamin E yang dikenal berkhasiat untuk melembabkan kulit sehingga dapat mencegah terjadinya kuriput pada kulit. Beberapa jenis buah berwarna cerah ini ada tomat, wortel, dan paprika merah. Tomat dapat dijadikan makanan pencegah kulit keriput karena katanya banyak mengandung likopen. Sedangkan wortel mengandung betakaroten yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini karena kulit keriput dan kulit bisa terhindar dari kerusakan sel.

Mentimun. Timun atau biasa dikenal dengan ketimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat membuat kulit menjadi segar dan halus. Selain itu, buah yang satu ini juga memiliki kandungan silika yang tinggi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan diarea mata karena kurang tidur ataupun kelelahan. Oleh karena itu timun termasuk ke dalam jenis makanan yang dapat mencegah kulit menjadi keriput.

Bayam. Sayuran hijau seperti bayam mengandung zat phytonutrients. Phytonutrients katanya dapat membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Selain itu mengkonsumsi sayuran hijau dalam jumlah yang cukup juga dipercaya dapat membantu melancarkan peredaran sel-sel darah merah ke seluruh tubuh. Itulah yang membuat mengkonsumsi bayam dapat membuat kulit mejadi lebih kencang, bersih dan bercaya serta terhindar dari garis halus, kerutan dan kulit keriput.

Kale. Sayuran ini mirip seperti bayam. Mungkin masih jarang yang tau? Intinya, sayuran kale memiliki kandungan zat besi, vitamin A, lutein, dan tinggi anti oksidan sehingga mampu menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari kulit keriput dan penuaan dini.

Kunyit. Ada yang bilang bahwa kunyit memiliki kandungan anti oksidan tertinggi. Selain itu, bahan bumbu dari jenis rempah ini juga mengandung antiinflamasi dan betakaroten yang memiliki manfaat positif bagi kesehatan kulit. Zat-zat tersebut dipercaya dapat melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan.

MAKANAN PENCEGAH KULIT KERIPUT DARI JENIS BUAH-BUAHAN

Aneka Buah-Buahan Berwarna Cerah Yang Efektif Mencegah Kulit Keriput
Aneka Buah-Buahan Berwarna Cerah Yang Efektif Mencegah Kulit Keriput

Buah Berwarna Cerah Untuk Mencegah Kulit Keriput

Buah berwarna cerah juga kaya akan vitamin A dan bioflavon. Biasanya jenis buah-buahan lebih mudah untuk dikonsumsi yaitu dengan cara dibuat minuman jus. Beberapa jenis buah-buahan yang memiliki warna cerah dan dapat mencegah kuli keriput ialah pepaya, tomat, strawberry, jambu biji, jeruk, dan nanas. Mengkonsumsi buah pepaya sangat baik untuk membantu mengurangi timbulnya kerutan pada kulit. Kandungan likopen pada tomat juga bermanfaat mencegah kulit menjadi keriput di usia muda. Strawberry memiliki kandungan silika yang dapat menjaga elastisitas kulit sehingga mencegah terjadinya penuaan dini. Jambu biji kaya akan vitamin C yang mampu mengurangi terjadinya keriput pada kulit, terutama didaerah lingkar mata. Begitu juga dengan jeruk dan nanas yang tidak kalah ampuh melawan kerutan dan mencegah keriput.

Blueberry. Buah ini mengandung antioksidan yang bernama polyphenol. Zat yang terkandung dalam blueberry dapat membantu melawan radikal bebas dan membantu mencegah kerusakan sel kulit. Hal itu akan membuat kulit menjadi awet mudah dan terhindar dari penuaan dini serta keriput.

Blackcurrant. Kandungan vitamin C yang terkandung didalam blackcurrant sangat tinggi. Sama seperti buah pencegah kulit keriput yang lain, buah ini mampu membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab garis halus dan kerutan yang sering kali menjadi sumber keriput dan penuaan dini.

Anggur Menjadi Pencegah Kulit Keriput Karena Mengandung AHA
Anggur Menjadi Pencegah Kulit Keriput Karena Mengandung AHA

Kiwi. Sama seperti blueberry dan blackcurrant yang tinggi vitamin C, buah kiwi juga demikian. Oleh karena itu mengkonsumsi kiwi secara rutin dapat membantu kulit terhindar dari penuaan dini. Selain itu kesehatan tubuh juga lebih terjaga karena vitamin C berperan meningkatkan daya tahan tubuh.

Lemon. Buah dari jenis jeruk-jerukan ini katanya terbukti mampu mengurangi kerutan pada kulit dan garis halus yang sudah mulai tampak. Ingat bahwa kerutan pada kulit berawal dari garis-garis halus yang dibiarkan saja. Dengan sering mengkonsumsi buah kaya vitamin C, kulit Anda akan tampak lebih segar dan terhindar dari keriput dan penuaan dini.

Alpukat. Buah alpukat mengandung asam lemak tak jenuh. Selain itu, buah yang satu ini juga memiliki vitamin B, E, serta potasium. Kandungan lemak tak jenuh dari alpukat katanya efektif menjaga kelembapan kulit sehingga mampu membuat kulit tetap elastis. Kulit yang elastis akan terlihat lebih kencang dan tidak berkerut. Alpukat biasa dikonsumsi dengan cara dibuat jus.

Anggur. Buah berukuran kecil ini ternyata juga termasuk ke dalam makanan pencegah kulit keriput. Anggur memiliki kandungan asam AHA yang katanya bekerja efektif untuk mengatasi keriput dan kerutan di kulit. Nah, buah anggur yang baik sebagai pencegah kulit keriput ialah anggur hijau. Karena katanya terbukti menghambat terjadinya penuaan.

MAKANAN PENCEGAH KULIT KERIPUT

Jenis Kacang-Kacangan Sangat Baik Sebagai Makanan Pencegah Keriput
Jenis Kacang-Kacangan Sangat Baik Sebagai Makanan Pencegah Keriput

Makanan Jenis Kacang-Kacangan Untuk Mencegah Kulit Keriput

Makanan jenis kacang-kacangan dapat pula digolongkan ke dalam jenis makanan yang berkhasiat mencegah terjadinya kulit keriput. Kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin E dan anti oksidan yang tinggi sehingga dapat membantu kulit untuk melawan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, polutan, maupun sinar matahari. Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa membantu mencegah kulit keriput ialah kacang hijau, kacang almond, kacang polong, dan kacang mete. Kacang polong memiliki kandungan zat anti radang dan efektif untuk mencegah kulit menjadi kusam, keriput dan berkerut. Sedangkan untuk kacang almond dan kacang mete, kedua kacang tersebut memiliki kandungan lemak sehat yang dapat melindungi kulit dari dari kerusakan.

Ikan Salmon. Dikenal sebagai ikan air yang memiliki kandungan omegah-3. Katanya, omega-3 bekerja seperti pelumas yang melumasi kulit sehingga menjaga tingkat kelembapan kulit. Omega-3 juga mampu menghambat terjadinya peradangan sehingga dapat menunda munculnya kerutan pada kulit.

Bawang Putih. Bawang putih sering dikenal orang untuk membantu menjaga tekanan darah. Selain itu, ternyata bawang putih juga mampu membantu regenerasi sel-sel tubuh termasuk sel kulit. Oleh karena itulah bawang putih termasuk ke dalam jenis makanan pencegah kulit keriput.

Minyak Zaitun. Minyak zaitun mengandung lemak yang memiliki oleic acid yang dapat membantu tubuh Anda menyerap omega-3 dan nutrisi lainnya. Lemak dari minyak zaitun juga berperan menjaga kekenyalan dan keelastisan kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih bercahaya serta bebas dari kerutan serta keriput.

Teh Hijau Mengandung Polyphenol Yang Baik Untuk Mencegah Kulit Keriput
Teh Hijau Mengandung Polyphenol Yang Baik Untuk Mencegah Kulit Keriput

Teh. Jenis teh, khususnya teh hijau mengandung polyphenol yang katanya efektif menghilangkan peradangan pada kulit akibat dari radikal bebas yang merusak kulit. Dengan begitu, teh dapat mengurangi timbulnya kerutan pada wajah serta mencegah berbagai masalah kulit lainnya seperti kulit kusam, kulit kering, keriput, dll.

Tiram. Jenis kerang-kerangan ini mengandung zink yang berperan penting dalam pembentukan kolagen. Tiram juga memiliki kandungan anti oksidan yang bisa mencegah keriput serta memperbaiki kesehatan kulit.

Biji Bunga Matahari. Makanan ini mengandung asam linoleat yang katanya sangat baik menjaga kelembapan kulit sehingga kulit tidak kering dan dapat terhindar dari timbulnya garis halus diwajah penyebab keriput. Asam linoleat sendiri dipercaya dapat membantu mencegah proses penuaan pada kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas dari sengatan sinar matahari.

Nah, itulah tadi pembahasan kami mengenai 1001 Jenis Makanan yang Berkhasiat Untuk Mencegah Kulit Keriput Dibawah Mata Dan Wajah. Jumlah yang sebenarnya memang tidak sampai 1001. Penggunaan angka 1001 sendiri lebih menunjukan bahwa sebenarnya ada banyak sekali makanan yang katanya memiliki khasiat yang baik bagi kulit, yakni sebagai makanan pencegah kulit keriput. Namun untuk memastikan apakah makanan-makanan tersebut memang bisa mengatasi dan mencegah keriput, lebih baik Anda berkonsultasi dahulu dengan ahli gizi dan ahli kulit ataupun ahli kecantikan untuk mendapatkan masukan terkait dengan topik jenis makanan yang dapat mencegah kulit keriput. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda sekalian. Yuk, baca-baca artikel di website temancantik.com yang lain untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda!