Krim Pemutih Wajah Yang Aman Di Apotik

Krim Pemutih Wajah Yang Aman Di Apotik – Memiliki kulit putih adalah dambaan semua orang, karena kulit yang putih dapat menarik perhatian. Terlebih lagi bagi kaum hawa, pasti banyak wanita sangat mendambakan untuk bisa memiliki kulit yang putih. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh kulit putih ialah menggunakan krim pemutih. Namun Anda tidak boleh sembarangan menggunakan krim pemutih yang ada di pasaran. Anda bisa menemukan krim pemutih yang aman di apotek.

Berbagai macam jenis produk krim pemutih memang hadir di pasaran. Banyak produsen yang mengeluarkan produk krim pemutih yang mereka andalkan untuk membuat Anda terpikat dan kemudian mencobanya. Sebetulnya, bagaimana cara krim ini mencerahkan wajah? Anda penasaran? Semuanya itu akan kami ulas pada artikel kali ini yang berjudul Krim Pemutih Wajah Yang Aman Di Apotik.

Krim Pemutih Wajah Yang Aman Di Apotik
Krim Pemutih Wajah Yang Aman Di Apotik

Perlu diketahui, faktor utama yang menjadi penentu warna kulit seseorang ialah melanin. Jika semakin banyak kadar melanin di dalam tubuh, maka akan semakin gelap pula warna kulitnya.

Jumlah melanin dalam kulit ditentukan oleh faktor genetik, selain itu terdapat faktor paparan dari sinar matahari. Penggunaan bahan kimia, hingga kerusakan kulit sebenarnya bisa memicu produksi melanin.

Krim Pemutih Wajah Yang Aman Di Apotik

Di dalam kasus tertentu, kadar melanin dapat berkurang dengan alami seperti ketika Anda pergi berlibur ke pantai serta melakukan berbagai macam aktivitas belanja di bawah sinar matahari. Sesudah melakukan berbagai macam aktivitas tersebut, kulit akan menjadi lebih gelap karena kandungan melanin pada kulit semakin bertambah.

Pada kasus tersebut, Anda dapat mengembalikan warna kulit wajah seperti sedia kala dengan mengurangi paparan sinar matahari ke kulit sementara waktu. Dengan demikian kadar melanin bisa berkurang kemudian kulit menjadi normal.

Tetapi, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kadar melanin, yakni menggunakan krim pemutih. Bukan hanya mencerahkan, namun krim pemutih dapat menghilangkan flek hitam. Tapi sebelum Anda menggunakan krim pemutih wajah yang aman, ada baiknya Anda mengenali kandungan krim pemutih yang hendak Anda pakai. Berikut ulasannya.

Kenali Kandungan Krim Pemutih Yang Anda Gunakan

Sebenarnya, banyak krim pemutih wajah yang aman, asalkan ia tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. Tapi tetap saja banyak wanita merasa khawatir memakai krim pemutih secara sembarangan. Berikut ini merupakan bahan yang sering dicampurkan dalam krim pemutih.

Merkuri. Beberapa produsen sering menambahkan merkuri sebagai bahan aktif dalam produk krim mereka. Krim pemutih yang memiliki bahan merkuri akan membahayakan penggunanya, selain itu penggunaan merkuri juga ilegal di banyak negara. Krim pemutih wajah yang aman di apotik bisa dipastikan tidak memiliki kandungan merkuri.

Vitamin C. Mungkin Anda sering melihat krim pemutih wajah di apotik yang di dalamnya terkandung vitamin C. Seluruh krim pemutih ternyata mengandung Vitamin C, dan Vitamin C dikatakan sangat ampuh sebagai pemutih kulit. Vitamin C serta turunannya dianggap sebagai antioksidan yang berguna untuk kulit dan membantu mencerahkan wajah Anda.

Arbutin. Secara teknis, arbutin berasal dari daun bery, pir atau cranberry. Bentuk murni arbutin dipercaya akan mencerahkan kulit.

Kojic acid. Ini adalah produk turunan yang dihasilkan dari fermentasi beras, seringnya digunakan untuk membuat sake. Beberapa penelitian menunjukkan jika kojic acid sangat efektif sebagai penghambat produksi melanin, tetapi zat ini adalah bahan yang tidak stabil bila digunakan dalam kosmetik. Saat digunakan di bawah sinar matahari, kemanjuran kojic acid akan hilang.

AHA. Krim pemutih wajah yang aman di apotik banyak yang mengandung AHA. Menurut penelitian, krim yang mempunyai kandungan AHA akan memperlambat produksi melanin. Efek samping AHA seperti kulit mengalami iritasi yang ringan, dan lebih sensitif pada sinar matahari.

Oleh sebab itu penggunaan tabir surya begitu dibutuhkan ketika Anda mengoleskan krim yang memiliki kandungan AHA. Bila Anda menggunakan krim yang mempunyai kandungan AHA, pilih krim dengan AHA yang rendah.

Hidrokinon. Bahan ini sebenarnya menjadi bahan utama yang sering digunakan pada krim pemutih. Di dalam ilmu medis, hidrokinon dianggap sebagai topikal utama penghambat melanin serta mencegah kulit wajah menjadi gelap. Komponennya juga mempunyai kemampuan antioksidan yang sangat kuat. Tetapi, menurut penelitian, hidrokinon dapat memicu kanker kulit.

Pro kontra penggunaan bahan ini untuk krim pemutih pun terjadi. Bahkan, di negara lain, penggunaan hidrokinon pada krim pemutih masih diperbolehkan, asalkan dengan batas yang normal.

Di Indonesia sendiri, produk krim, pemutih dilarang menggunakan hidrokinon, sayangnya ada beberapa kosmetik yang masih nekat menggunakan hidrokinon dalam jumlah yang berlebihan. BPOM Indonesia mengizinkan penggunaan hidrokinon sebanyak 0,3%.

Trik Memilih Kosmetik Aman

Cream Pemutih Wajah Yang Dijual Di Apotek
Cream Pemutih Wajah Yang Dijual Di Apotek

Sebagai konsumen, kita harus lebih berhati-hati untuk menggunakan produk kosmetik. Jangan pernah tergiur penawaran pemutih instan namun membahayakan kesehatan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih produk kosmetik dengan kandungan yang aman, antara lain :

  • Periksa label produk pencerah kulit. Bila memiliki kandungan merkuri, mercuric, mercurio atau yang lainnya, sebaiknya Anda tidak menggunakannya lagi.
  • Produk yang mempunyai kadar merkuri dan bahan berbahaya tinggi biasanya bisa dikenali dari tekstur yang berwarna abu-abu.
  • Pastikan bahwa produk yang Anda gunakan sudah di daftar di BPOM sehingga, Anda bisa tenang saat menggunakannya.
  • Jangan menggunakan produk yang memiliki label menggunakan bahasa asing atau sukar Anda pahami. Alasannya Anda pasti tidak bisa membaca atau memahami berbagai kandungannya dengan jelas.
  • Ajukan pertanyaan kemungkinan adanya bahan-bahan berbahaya di dalam krim dengan ahli medis atau petugas apotik. Tanyakan pada mereka, seperti apa khasiat bahan kandungan yang berada di krim yang Anda beli.
  • Bila Anda merasa sudah membeli produk yang berbahaya, segera hentikan pemakaian saat itu juga. Cuci wajah dan tangan yang sudah terkena produk tersebut. Bila perlu, konsultasikan segera dengan dokter kecantikan.
Cream Pemutih Wajah Yang Aman Menurut BPOM Dan Tanpa Efek Samping
Cream Pemutih Wajah Yang Aman Menurut BPOM Dan Tanpa Efek Samping

Mendapatkan produk yang benar-benar aman memang tidak semudah yang kita bayangkan. Apalagi sebagai wanita, seringkali kita juga mengharapkan hasil yang cepat dan instant setelah penggunaan krim. Sebisa mungkin, tahan nafsu cepat-cepat mendapatkan hasil dari krim pemutih wajah, pahami terlebih dulu kelebihan, kandungan krim, bahkan efek jangka panjang penggunaannya.

Nah itulah tadi ulasan Krim Pemutih Wajah Yang Aman Di Apotik. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi Anda. Untuk hasil yang lebih maskimal, jangan ragu untuk menghubungi dokter spesialis kulit wajah kepercayaan Anda. Sampai jumpa pada artikel kami yang lain!