Kontroversi Amankah Melakukan Diet Golongan Darah

Posted on

Amankah Diet Golongan Darah? Hai kawan-kawan temancantik.com sekalian, sebagai seorang wanita tentu Anda ingin selalu tampil cantik dan menarik. Berbicara soal penampilan, sebagai seorang perempuan tentu Anda sudah mengetahui bahwa pola makan memiliki pengaruh terhadap kecantikan wanita. Contohnya, Anda harus menghindari gorengan dan makanan berminyak agar wajah terbebas dari jerawat dan tubuh juga tetap ramping.

Menjauhi gorengan hanya salah satu pantangan dari banyak larangan yang harus Anda taati jika melakukan diet kecantikan. Dan saat ini ada banyak jenis diet yang sudah menjadi tren dimasyarakat kita. Salah satunya ialah diet berdasarkan golongan darah. Biasanya karena ingin mendapatkan hasil yang cepat, para wanita cenderung gegabah dalam memilih dan melakukan diet. Pertanyaannya, Amankah Diet Berdasarkan Golongan Darah?

Sebelum menjawab pertanyaan tentang kontroversi dari diet golongan darah ini, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang latar belakang munculnya diet berdasarkan golongan darah. Langsung saja disimak ya.

LATAR BELAKANG MUNCULNYA DIET BERDASARKAN GOLONGAN DARAH

Berbicara mengenai diet golongan darah, katanya diet ini mulai muncul sekitar tahun 1996. Salah satu penggagas dari diet berdasarkan golongan darah ialah seorang dokter naturopati bernama Peter J. D’Adamo. Ia berasal dari Stamford, Connecticut, Amerika Serikat.

Diet Golongan Darah Untuk Menurunkan Berat Badan
Diet Golongan Darah Untuk Menurunkan Berat Badan

Ada yang mengatakan, diet berdasarkan golongan darah ini masih berkaitan dengan teori evolusi mengenai perbedaan golongan darah manusia yakni golongan darah A, B, AB, dan O. Diet ini juga berkaitan dengan teori yang menyebutkan bahwa manusia dengan golongan darah yang berbeda, tentunya memiliki respon yang berbeda terhadap makanan yang dia konsumsi.

PERKEMBANGAN GOLONGAN DARAH MANUSIA BERDASARKAN SEJARAH EVOLUSI

Katanya, sekitar 50ribu hingga 25ribu sebelum masehi manusia memiliki tipe golongan darah yang sama. Semua manusia memiliki golongan darah O. Kami sendiri juga tidak yakin akan hal ini, silahkan hubungi ahli sejahrawan yang Anda percaya tentang hal ini. Pada jaman itu, orang-orang dibumi merupakan pemburu yang selalu meyantap daging buruannya.

Dahulu Manusia Hidup Dengan Berburu Dan Meramu
Dahulu Manusia Hidup Dengan Berburu Dan Meramu

Memasuki 25ribu hingga 15 ribu sebelum masehi, sebagian manusia dibumi merubah gaya hidupnya. Ada yang memilih bercocok tanam dan adapula yang memilih hidup meramu. Karena perubahan gaya dan pola hidup itulah katanya muncul golongan darah A.

Diwaktu selanjutnya, katanya juga terjadi migrasi dari Afrika ke Amerika, Asia, Dan Eropa. Percampuran ras ini memnyebabkan munculnya golongan darah B. Dan selanjutnya dilanjutkan dengan percampuran golongan darah yang sudah Anda sehingga memunculkan golongan darah baru yakni AB. Itulah sedikit cerita yang katanya tentang perkembangan tentang tipe golongan darah.

TANGGAPAN DOKTER D’ADAMO TENTANG PERKEMBANGAN GOLONGAN DARAH

Melihat sejarah evolusi tentang munculnya golongan darah, katanya Dokter D’Adamo menjadi percaya bahwa kemampuan tubuh manusia beradaptasi dengan lingkungan dapat menyebabkan perubahan golongan darah. Dan adaptasi yang dimaksudkan lebih ke arah tentang perubahan makanan yang dikonsumsi oleh tubuh.

Karena alasan itulah, Dr. Peter J. D’Adamo melakukan penelitian berdasarkan masing-masing tipe golongan darah. Menurut pendapatnya, tiap jenis golongan darah mencerna sejenis protein yang bernama lektin secara berbeda. Nah reaksi yang dihasilkan juga berbeda-beda. Jika tidak cocok dengan golongan darah orang tersebut, maka dapat menimbulkan reaksi yang mengganggu kesehatan.

Menurut Dr. Peter J. D'Adamo Setiap Golongan Darah Mencerna Lektin Dengan Berbeda-Beda
Menurut Dr. Peter J. D’Adamo Setiap Golongan Darah Mencerna Lektin Dengan Berbeda-Beda

Oleh karena itulah Dokter D’Adamo membagi makanan ke dalam 16 kategori. Kategori tersebut antara lain minyak dan lemak. Lalu sayur-sayuran, buah-buahan, padi-padian, kacang, biji-bijian, polong-polongan, sereal, roti dan aneka kue. Selain itu daging, unggas, hasil laut, susu dan telur. Aneka rempah-rempah dan bumbu. Bermacam-macam minuman, teh herbal, jus dan segala macam cairan.

KLASIFIKASI BAHAN MAKANAN BERDASARKAN DIET GOLONGAN DARAH

Dari kategori yang sudah dibuat oleh Dr. Peter D’Adamo, masih ada pengelompokan lagi untuk tiap golongan darah. Jadi nantinya akan ada bahan makanan yang bermanfaat, bahan makanan yang netral, dan bahan makanan yang harus dihindari. Penjelasannya adalah seperti ini. Bahan makanan yang bermanfaat ialah bahan makanan yang dianggap bisa menyembuhkan tubuh orang yang bersangkutan.

Sedangkan bahan makanan netral yaitu bahan makanan yang memberikan asupan bagi tubuh. Selanjutnya, bahan makanan yang harus dihindari yakni berupa makanan yang menimbulkan efek negatif bagi tubuh, bisa menjadi racun dan bahkan bisa menyebabkan penyakit.

Orang Bergolongan Darah O Sebaiknya Banyak Mengkonsumsi Ikan Dan Makanan Tinggi Protein
Orang Bergolongan Darah O Sebaiknya Banyak Mengkonsumsi Ikan Dan Makanan Tinggi Protein

Menurut Dokter D’Adamo, orang dengan golongan darah O sebaiknya melakukan diet protein tinggi. Yaitu dengan banyak mengkonsumsi ikan, daging, dan aneka unggas. Sedangkan golongan darah B, baik mengkonsumsi daging, telur, susu rendah lemak, dan sayuran hijau. Khusus golongan darah B sebaiknya menghindari olahan gandum, jagung, tomat, wijen, dan ayam.

Bagi orang dengan golongan darah A, sebaiknya mengkonsumsi banyak biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Disarankan pula agar orang dengan golongan darah A menghindari daging-dagingan. Selanjutnya untuk golongan darah AB, disarankan untuk menghindari kandungan kafein dan aneka daging olahan. Sebaliknya orang dengan golongan darah AB disarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau, susu, tahu, dan olahah makanan laut.

APAKAH DIET GOLONGAN DARAH AMAN? APAKAH DIET BERDASARKAN GOLONGAN DARAH BAIK UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN?

Banyak wanita yang ingin menurunkan berat badan kurang memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari diet yang akan mereka jalani. Sebagian besar perempuan hanya berorientasi pada hasil yang didapat. Yang ada dipikiran biasanya hanya bagaimana cara cepat menurunkan berat badan. Oleh karena itulah banyak orang yang akhirnya hanya ikut-ikutan semata-mata karena mengikuti tren.

Sebenarnya belum tentu juga diet golongan darah adalah diet yang terbaik untuk menurunkan berat badan. Katanya, banyak sanggahan terhadap teori diet golongan darah ini. Sanggahan tersebut terutama karena kurangnya bukti-bukti ilmiah yang mendukungnya.

Sulitnya Mengukur Kadar Kalori Membuat Diet Golongan Darah Menjadi Sulit Diimplemetasikan
Sulitnya Mengukur Kadar Kalori Membuat Diet Golongan Darah Menjadi Sulit Diimplemetasikan

Akan muncul masalah pula saat ada orang yang memutuskan untuk melakukan diet golongan darah. Misalnya, sulitnya mengukur kadar kalori dan lemak pada makanan yang akan dikonsumsi. Selain itu, menghindari aneka jenis makanan tertentu untuk seterusnya pasti juga menjadi hal yang sangat berat bagi sebagian orang.

PENGELOMPOKAN OLAHRAGA BERDASARKAN DIET GOLONGAN DARAH

Katanya, diet golongan darah untuk menurunkan berat badan juga tidak hanya mengatur batasan soal pola makan. Tapi diet ini juga mengatur tentang olahraga apa yang sebaiknya Anda lakukan.

Olahraga Yang Memberi Ketenangan Seperti Yoga Baik Untuk Diet Golongan Darah A
Olahraga Yang Memberi Ketenangan Seperti Yoga Baik Untuk Diet Golongan Darah A

Misalkan saja, orang dengan golongan darah A sebaiknya memilih olahraga yang memberikan ketenangan seperti yoga. Sedangkan untuk orang dengan golongan darah B disarankan melakukan olahraga dengan level berat menengah. Contohnya bejalan atau tenis. Sedangkan untuk golongan darah AB, Anda dapat melakukan olahraga dengan intensitas menengah yang juga menenangkan.

Berbeda dari ketiganya, golongan darah O dianggap lebih kuat. Sehingga disarankan bagi orang dengan golongan darah O untuk melakukan olahraga yang lebih berat seperti berlari.

RESIKO MELAKUKAN DIET BERDASARKAN GOLONGAN DARAH BAGI KESEHATAN TUBUH

Bagi Anda yang berniat untuk melakukan cara menurunkan berat badan dengan menerapkan diet golongan darah, mungkin perlu ada beberapa hal yang dipertimbangkan. Hal ini didasari bahwa diet golongan darah pada umumnya tidak melihat kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Diet berdasarkan golongan darah ini hanya menggunakan golongan darah saja sebagai penentu diet Anda.

Diet golongan darah dapat membahayakan kesehatan apabila Anda memiliki penyakit tertentu. Namun tetap memaksakan diri untuk melakukannya. Misalkan saja ada penyakit seperti diabetes, kolesterol, ginjal, maupun tekanan darah yang tinggi.

Katanya sampai saat ini masih belum ada penelitian yang berhasil membuktikan bahwa diet golongan darah ini dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan manusia. Sepertinya juga belum ada bukti bahwa diet ini benar-benar efektif untuk menurunkan berat badan pada manusia.

DIet Golongan Darah Yang Kurang Bijak Dapat Menyebabkan Tubuh Kekurangan Nutrisi
DIet Golongan Darah Yang Kurang Bijak Dapat Menyebabkan Tubuh Kekurangan Nutrisi

Sebagian lagi berkata, bahwa penurunan berat badan yang terjadi setelah melakukan diet golongan darah mungkin saja terjadi karena faktor lain. Maksudnya, saat menjalankan diet orang akan menghindari makanan tidak sehat seperti junk food atau makanan cepat saji yang tinggi kalori dan pemanis buatan.

Jika itu yang terjadi, tentu cara menurunkan berat badan yang efektif bukan berdasarkan golongan darah namun berdasarkan diet pola makan. Yakni dengan menghindari makanan yang tidak sehat. Resiko lain yang bisa timbul jika Anda menjalankan diet golongan darah antara lain dapat menyebabkan tubuh menjadi kekurangan nutrisi tertentu.

Adanya makanan tertentu yang harus dihindari pada diet golongan darah dapat merugikan kesehatan. Misalnya, jika tubuh kekurangan kalsium dalam waktu yang lama akan menimbulkan osteoporosis. Oleh karena itu berhati-hatilah saat memutuskan untuk mengikuti diet berdasarkan golongan darah.

Bagi Anda, para wanita yang menginginkan berat badan ideal dan sedang mencari cara menurunkan berat badan, sebaiknya Anda memilih diet sehat yang benar-benar sudah didukung oleh bukti ilmiah. Dan yang lebih utama ialah pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi dan kesehatan.

Berkonsultasilah Dengan Dokter Untuk Menentukan Diet Menurunkan Berat Badan Yang Paling Tepat
Berkonsultasilah Dengan Dokter Untuk Menentukan Diet Menurunkan Berat Badan Yang Paling Tepat

Mintalah pemeriksaan terhadap kondisi tubuh Anda secara keseluruhan. Dengan begitu, Anda bisa memperkecil resiko buruk yang mungkin terjadi saat menjalani diet. Selain mengatur pola makan, tentunya untuk memperoleh berat badan yang diinginkan, Anda harus mengimbanginya pula dengan olahraga.

Pilih olahraga yang sesuai kondisi tubuh. Jangan sampai karena Anda terlalu giat berlatih, tubuh mengalami cedera. Hal itu tentu malah justru menjadi kerugian bagi Anda sendiri.

Demikianlah ulasan tentang Amankah Melakukan Diet Berdasarkan Golongan Darah. Jawabannya ialah tergantung dari diri kita masing-masing. Agar hasil yang didapat lebih maksimal dan Anda terhindar dari kekurangan zat gizi tertentu, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli kesehatan yang terpercaya.

Semoga artikel tentang Diet Golongan Darah ini dapat bermanfaat bagi Anda sekalian. Masih mencari informasi berkualitas lainnya? Yuk telusuri koleksi artikel kami yang lain tentang dunia kecantikan, hanya untuk Anda!