Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan – Bentuk tubuh yang ideal tentu menjadi idaman banyak wanita. Berbicara mengenai bentuk tubuh ideal, tentu berhubungan erat dengan berat badan seorang wanita. Untuk bisa memiliki bentuk yang langsing dan ramping, umumnya wanita harus memiliki berat badan yang sesuai. Nah, biasanya kebanyakan wanita mengalami kelebihan berat badan. Oleh karena itu, untuk bisa mewujudkan impian tadi tentu saja dibutuhkan suatu usaha untuk menurunkan berat badan. Apakah Anda sedang mengalami hal ini?

Yoga merupakan latihan olahraga secara konvensional yang sudah ada dari ratusan tahun lalu. Selain memberikan manfaat kesehatan untuk pikiran dan tubuh, beberapa gerakan yoga juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan secara efektif tanpa menggunakan latihan yang berat. Simak ulasan yang berikut ini tentang beberapa gerakan yoga untuk menurunkan berat badan.

Fakta Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

Sejumlah peneliti mempercayai manfaat gerakan yoga sebagai penurun berat badan karena olahraga ini bisa mengecilkan bagian tubuh yang berlemak. Yoga menerapkan latihan yang dikombinasikan dengan postur tubuh serta gerakan tertentu.

Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan
Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

Gerakan ini biasanya seperti peregangan serta penguatan otot organ tubuh menggunakan relaksasi, meditasi dan pengaturan pernapasan. Banyaknya kalori yang hilang dalam tubuh tergantung dari intensitas dan frekuensi dilakukannya gerakan yoga.

Cara Melakukan Yoga Agar Manfaatnya Semakin Terasa

Gerakan yoga untuk menurunkan berat badan bukan hanya sekedar dilakukan, namun gerakan yoga harus dilakukan dengan tepat. Tetapi bagaimana cara menentukan gerakan yoga yang dilakukan sudah dipraktekkan dengan benar? Berikut beberapa cara yang tepat saat melakukan yoga agar manfaatnya bisa terasa.

  • Beri waktu istirahat ketika tubuh merasa lelah.
  • Melakukan yoga harus dilakukan dengan pantang menyerah agar membuahkan hasil. Anda harus mengingat jika yang akan merasakan kenikmatannya bukan mereka, namun Anda sendiri.
  • Ingat, jika frekuensi dan latihan yang dilakukan secara rutin bisa membuat tubuh terasa semakin terbiasa sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Kembangkan latihan yoga dengan melihat contoh yang benar di video.
  • Melakukan yoga bukan hanya menggerakkan tubuh, namun Anda harus mengembangkan kualitas diri sendiri dengan melatih kesabaran, kebijakan, kemurahan hati hingga rasa syukur. Coba tantang diri untuk melakukan yoga hingga batas maksimal.
  • Mulai latihan di ruang tanpa cermin serta berfokus untuk mengenal diri sendiri.

Kondisi Kesehatan Yang Melarang Anda Melakukan Yoga

Walaupun gerakan yoga untuk menurunkan berat badan relatif aman, ada beberapa kondisi kesehatan yang berisiko semakin memburuk jika melakukan yoga. Berikut beberapa kondisi yang berlawanan dengan manfaat yang diberikan yoga, seperti :

  • Gangguan keseimbangan yang parah sehingga memerlukan penanganan medis.
  • Pengeroposan tulang, terutama pada tingkat yang sudah parah.
  • Tekanan darah yang tidak bisa dikontrol.
  • Kondisi mata tertentu seperti glaukoma.
  • Risiko pembekuan darah yang tinggi.
  • Adanya penonjolan bantalan diantara dua tulang belakang.

Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut beberapa gerakan yoga yang akan menurunkan berat badan Anda, dan bermanfaat sebagai penguat otot, antara lain :

Tree pose. Sebagai pemanasan, Anda bisa mencoba gerakan yoga yang satu ini. Gerakan ini sering disebut dengan pose pohon. Gerakannya sangat mudah, ambil posisi dengan berdiri stabil, angkat kaki kanan ke atas dan tekuk kaki hingga menempel di kaki kiri.

Tree Pose Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan Untuk Pemula
Tree Pose Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan Untuk Pemula

Berikutnya, angkat tangan Anda di atas kepala. Tahan pose ini selama 1 menit sambil mengatur pernapasan sehingga membuat Anda semakin merasa rileks. Gerakan ini bisa mengurangi berat badan dengan sangat efektif bila dilakukan saat perut masih kosong.

Kundalini. Pose ini sebetulnya merupakan pose yang benar-benar mengandalkan keseimbangan. Ambil posisi duduk, secara perlahan mulai angkat kedua kaki Anda ke arah atas dan tubuh tetap di posisi belakang. Tubuh bisa menumpu pada pantat dan tetap seimbangkan tubuh.

Bow pose. Untuk melakukan gerakan yoga ini, Anda bisa memulai dengan mengambil posisi berbaring serta menghadap matras terlebih dulu. Segera angkat tangan Anda ke arah belakang kemudian tangan memegang jari-jari kaki. Angkat dada dengan perlahan dan pada posisi ini, pastikan paha menempel matras, sehingga membentuk lengkungan busur. Tahan posisi ini selama 1 menit.

Yoga Kecantikan Untuk Menurunkan Berat Badan
Yoga Kecantikan Untuk Menurunkan Berat Badan

Tarik napas dan buang napas secara perlahan, usahakan tubuh terasa lebih santai dibandingkan dengan keadaan sebelumnya. Gerakan yoga ini untuk menguruskan beberapa bagian tubuh Anda, bahkan lipatan-lipatan lemak yang membandel juga akan terlibas oleh pose yoga ini.

Paschimottanasana. Gerakan ini mirip dengan gerakan mencium lutut. Anda dapat menggunakan alat bantu seperti balok kayu yang datar sebagai penyangga telapak kaki serta letakkan alat bantu ini di ujung kaki agar bisa melakukannya. Anda harus bisa menggapai alat ini dan menjaga agar pergelangan kaki bisa lurus. Meskipun terlihat sederhana, gerakan Pachimottanasana akan melibas seluruh lemak di perut hingga paha.

Rocking boat pose. Untuk melakukan gerakan ini, Anda bisa mengambil posisi duduk dengan lengan lurus di atas matras. Perlahan-lahan, angkat kaki ke atas dan sambil mencondongkan tubuh ke arah belakang sehingga bisa membantu posisi segitiga, bertumpu pada bokong dan rentangkan tangan di samping lutut sebagai penyeimbang tubuh.

Pertahankan posisi ini dengan 5 kali hitungan sambil mengatur pernapasan sehingga Anda merasa lebih rileks. Gerakan ini sebenarnya mengandalkan keseimbangan sehingga lebih efektif menurunkan berat badan.

Camel pose. Gerakan camel pose cocok untuk menurunkan lemak di perut, dada, pinggang, lengan. Anda bisa mengambil posisi seperti berlutut dan lengkungkan tubuh di belakang. Pergunakan tangan kiri untuk bertumpu pada kaki, begitu pun dengan tangan yang satunya.

Pada tahap terakhir, Anda bisa melakukan pendinginan sambil melakukan meditasi. Caranya dengan membaringkan badan, tarik napas dalam-dalam serta lepaskan secara perlahan sambil memikirkan hal yang positif. Rasakan sensasi rileks yang akan mengalir dalam tubuh. Memang gerakan ini sedikit rumit, namun dalam sekali gerakan banyak lemak yang akan hilang.

Seperti metode diet yang lainnya, menggunakan yoga untuk menurunkan berat badan juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain itu, diperlukan ketelatenan agar Anda bisa mendapatkan hasil berat badan yang Anda inginkan.

Anda hobi olahraga yoga? Jangan nanggung, ketahui pula Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut Buncit. Bentuk tubuh Anda tentu akan menjadi lebih indah dan tubuh menjadi sehat.

Demikianlah ulasan gerakan yoga untuk menurunkan berat badan. Pastikan Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan-gerakan yoga ini. Jangan sampai otot dan persendian Anda mengalami cedera. Dengan pemanasan, tentu tubuh Anda akan lebih siap untuk melakukan gerakan yoga untuk menurunkan berat badan. Jika Anda ragu, carilah pemandu untuk membimbing Anda melakukan gerakan yoga ini. Selamat mencoba! Sampai jumpa pada artikel kami yang berikutnya…