Faktor Penyebab Bau Kaki Yang Tidak Anda Ketahui

Penyebab Bau Kaki – Hai teman-teman, apa kabarnya hari ini? Tentunya kami berharap Anda sekalian baik dan sehat ya. Baiklah, membicarakan soal kecantikan pasti tidak lepas dari yang namanya wangi dan harum. Wanita akan tampak lebih cantik dan menarik jika dia wangi dan harum pada setiap penampilannya.

Wangi tidak hanya yang keluar dari badan dan mulut saja melainkan juga kaki. Bayangkan saja apabila penampilan yang sudah dirancang harus berantakan akibat bau kaki yang menyengat dan tidak sedap. Tentu penampilan Anda itu akan menjadi sia-sia belaka.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengupas mengenai apa saja faktor penyebab bau kaki yang mungkin saja tidak Anda ketahui. Jadi, ketika membaca ulasan ini Anda sekalian dapat mengetahui apa saja sih yang bisa menyebabkan bau pada kaki. (Baca juga Cara Menghilangkan Bau Kaki Tidak Sedap Dengan Mudah Dan Tidak Repot)

FAKTOR PENYEBAB BAU KAKI YANG TIDAK ANDA KETAHUI

Sebenarnya penyebab bau kaki disebabkan karena 2 penyebab yaitu bromhidrosis dan hiperhidrosis. Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui apa sih bromhidrosis dan hiperhidrosis itu, berikut penjelasannya :

Bromhidrosis yaitu sekumpulan bakteri di tubuh yang menghasilkan bau sedangkan hiperhidrosis adalah produksi keringat yang berlebihan pada tubuh. Jika bakteri penyebab bau tersebut bercampur dengan keringat maka akan menjadikan kaki bau tidak sedap dan menyengat. Untuk itu banyak orang yang memiliki keringat berlebih memiliki bau pada bagian-bagian tertentu.

Faktor Penyebab Bau Kaki
Faktor Penyebab Bau Kaki

Penyebab lain yang menjadi faktor penyebab bau kaki diantaranya sebagai berikut :

Menggunakan Kaos Kaki Yang Basah

Salah satu faktor penyebab bau kaki yang mungkin tidak kita sadari yaitu penggunaan kaos kaki yang basah. Menggunakan kaos kaki yang basah bisa menyebabkan munculnya bakteri dan jamur yang akan membuat kaki semakin bau.

Selain itu, menggunakan kaos kaki yang basah juga akan menjadikan kaki kita mudah keriput dan tentunya jika terlalu lama digunakan Anda bisa masuk angin. Entah basah karena belum kering ketika dicuci ataupun basah karena terkena hujan.

Ketika Anda merasa kaos kaki Anda basah segeralah lepas dan ganti kaos kaki Anda dengan yang baru. Dengan begitu kaki Anda akan terhindar dari bau dan kulit keriput.

Sepatu Yang Tidak Pernah Dicuci

Terkadang kita lupa untuk mencuci sepatu kita minimal satu minggu sekali. Nah, inilah yang menjadikan bau kaki pada kaki Anda. Sepatu yang tidak pernah dicuci atau jarang dicuci menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab bau.

Penyebab Bau Kaki Dari Sepatu Yang Jarang Dicuci
Penyebab Bau Kaki Dari Sepatu Yang Jarang Dicuci

Ketika bakteri pada sepatu tersebut bercampur dengan keringat Anda, akan terbayang bukan bagaimana baunya? Maka dari itu, rutinlah untuk mencuci sepatu dan menggantinya satu minggu 2 kali supaya sepatu yang Anda gunakan selalu bersih dan tidak menjadi sarang bau.

Ukuran Sepatu Yang Kekecilan

Ukuran sepatu juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab bau kaki. Ukuran sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki Anda bisa menjadikan kaki terhimpit dan menimbulkan sakit pada kaki.

Selain kaki terhimpit dan sakit, sepatu yang kesempitan juga dapat menyebabkan kaki berbau tidak sedap. Untuk itu, pilihlah ukuran sepatu ataupun kaos kaki yang sesuai dan tidak kesempitan.

Kuku Yang Tidak Terawat (Panjang Dan Kotor)

Salah satu penyebab bau kaki yaitu kuku kaki yang tidak pernah dirawat dan dibersihkan. Kuku kaki yang panjang tetapu tidak terawat bisa menjadikan kaki berbau menyengat dan tidak sedap.

Penyebab Bau Kaki Yang Sering Tidak Disadari
Penyebab Bau Kaki Yang Sering Tidak Disadari

Jika Anda tidak ingin bau kaki, maka sebaiknya bersihkan kuku kaki Anda secara rutin. Bersihkan pula sela-sela kuku yang terkadang penuh dengan kotoran akibat debu yang menempel. Dengan rutin membersihkan dan merawat kuku kaki maka akan mengurangi bau kaki.

Memakai Kaos Kaki Dengan Bahan Yang Tidak Menyerap Keringat

Jika Anda tidak ingin bau kaki, sebaiknya Anda pandai-pandailah memilih dan membeli kaos kaki. Pilihlah kaos kaki dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak panas di kaki jika digunakan.

Sehingga ketika kaki Anda berkeringat maka setidaknya kaos kaki dapat menyerap keringat tersebut dan menahan keluarnya bau kaki. Tetapi, ketika Anda menyadari kaos kaki Anda basah sebaiknya segeralah ganti dengan kaos kaki yang baru.

Cantengan

Apakah Anda pernah mengalami cantengan? Jika pernah tentu Anda merasa sangat tidak nyaman dengan sakit kaki yang terjadi pada bagian kuku ini. Cantengan ini diakibatkan karena kita memotong kuku terlalu dalam sehingga kuku terluka dan bisa saja menjadikan berdara bahkan bernanah.

Berhati-Hati Saat Memotong Kuku
Berhati-Hati Saat Memotong Kuku

Maka dari itu, hal inilah yang menjadikan kaki menjadi bau. Untuk mengatasi hal ini, berhati-hatilah ketika memotong kuku kaki ataupun kuku tangan Anda.

Malas Membersihkan Kaki

Ketika selesai beraktifitas sebaiknya Anda membersihkan kaki Anda dari bau sepatu ataupun dari bau kaos kaki dan juga dari keringat yang keluar pada kaki Anda. Jika Anda malas untuk membersihkan kaki Anda sendiri maka bau kaki akan mudah menyerang dan akan sulit hilang.

Rajin Membersihkan Kaki Supaya Terhindar Dari Bau Kaki
Rajin Membersihkan Kaki Supaya Terhindar Dari Bau Kaki

Demikian beberapa penyebab yang mungkin tidak dan belum Anda ketahui. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan kaki Anda, baik telapak kaki hingga ke sela jari kaki supaya semua bersih dan terhindar dari bau yang bisa menyengat dan sangat mengganggu.

Sekian informasi dari kami. Semoga informasi ini dapat berguna untuk Anda sekalian sehingga Anda ataupun teman Anda dapat menghindari bau kaki yang mungkin saja terjadi pada siapa saja. Terimakasih sudah membaca artikel kami. Jangan lupa untuk membagikannya pada kawan ataupun saudara Anda semuanya.