Efek Samping Lemon Untuk Wajah Dan Jerawat Di Muka

Efek Samping Lemon untuk Wajah dan Jerawat di Muka – Buah lemon, tentu sebagian besar dari Anda sudah mengetahui apa dan bagaimana wujut dari buah lemin tersebut. buah yang memiliki bentuk bulat lonjong dan berwarna kuning ini seringkali disebut-sebut mempunyai efek yang baik untuk kecantikan kulit dan mencerahkan wajah. Buah yang kaya vitamin c ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, mencegah sariawa dan lainnya.

Namun, mungkin sebagian besar dari Anda juga belum mengetahui benar-benar apa sih efek samping lemon untuk wajah dan jerawat di muka? Tentunya efek samping yang dihasilkan dari buah lemon ini ada yang baik tetapi juga bisa menghasilkan efek yang kurang baik untuk wajah. Ingin tahu bagaimana ulasan lengkapnya?

EFEK SAMPING LEMON UNTUK WAJAH DAN JERAWAT DI MUKA

Memang banyak yang mengatakan bahwa buah lemon yang kaya akan kandungan vitamin c ini baik untuk menyembuhkan jerawat dan mencerahkan kulit yang kusam. Namun, ada juga orang yang tidak cocok menggunakan lemon untuk perawatan wajah mereka. Untuk itu, bagi Anda yang belum mengetahui efek samping lain dari lemon, Anda bisa membaca ulasan kami berikut ini.

Sekilas tentang lemon –¬†Efek Samping Lemon Untuk Wajah Dan Jerawat Di Muka

Siapa yang tidak mengenal lemon, buah dari marga citrus ini berasal dari kawasan Asia Timur. Menyebar ke seluruh penjuru dunia melalui jalur perdagangan. Seperti kebanyakan anggota suku jeruk-jerukan lainnya, lemon mejadi salah satu buah yang digemari karena memiliki keunikan dan khasnya sendiri.

Efek Samping Lemon Untuk Wajah Dan Jerawat Di Muka
Efek Samping Lemon Untuk Wajah Dan Jerawat Di Muka

Pohon buah lemon termasuk ke dalam jenis perdu dengan ketinggian bisa mencapai 15 meter. Sama seperti kebanyakan pohon jeruk lainnya, ranting dan batang jeruk memiliki modifikasi duri. Lemon termasuk ke dalam golongan buah berkeping dua yang dapat tumbuh subur pada ketinggian 0-400 mdpl. Daun hijau menyirip dengan bunga putih yang menghasilkan buah berbentuk lonjong menjadikan lemon dapat dikenali dengan mudah diantara jeruk-jeruk lain yang biasanya memiliki buah berbentuk bulat. Buahnya berwarna hijau tua dan akan berwarna kuning jika sudah matang.

Pada kulit buah maupun daunnya mengandung minyak atsiri yang memberikan bau khas pada lemon. Kandungan asam sitrat yang tinggi menyebabkan buah lemon beraroma segar dan kaya akan vitamin C. Kandungan asam sitrat yang ada di dalam lemon ini menjadikan pH nya rendah bahkan bisa sampai di bawah pH 3.

Lemon dan efek sampingnya untuk wajah

Lemon termasuk salah satu tanaman yang banyak digunakan karena memang memiliki banyak manfaat dalam berbagai bidang. Misalnya saja, lemon digunakan sebagai salah satu sumber vitamin C tinggi untuk menjaga daya tahan tubuh dan recovery setelah sakit. Di bidang kuliner, lemon menjadi bahan dasar pembuatan minuman atau makanan penutup yang segar. Lemon juga biasa diambil ekstraknya dan digunakan sebagai perasa makanan atau minuman, memberi aroma pada pengharum ruangan atau mobil. Di bidang kecantikan biasa menggunakan ekstrak lemon sebagai tambahan dalam berbagai produk kecantikan, utamanya untuk perawatan memutihkan kulit serta menghilangkan jerawat yang membandel di wajah.

Diantara begitu banyak manfaat lemon dalam berbagai bidang kehidupan, ternyata tersisip beberapa efek samping lemon terutama efek samping lemon yang berhubungan dengan kecantikan. Iya, efek samping lemon untuk wajah dan jerawat di muka. Apakah kemudian efek samping itu berbahaya? Semua tergantung dari seberapa besar efeknya dan bagaimana anda menanganinya.

Sebagai seorang wanita memiliki wajah yang tanpa jerawat seperti wajib hukumnya. Jika memang dalam suatu kondisi tertentu jerawat muncul di wajah, maka berbagai cara akan dilakukan agar jerawat segera lenyap dan wajah menjadi cantik seperti sedia kala. Salah satu cara yang biasa ditempuh untuk menghilangkan jerawat dan merawat kulit adalah dengan memanfaatkan keberadaan buah lemon. Memang benar bahwa menurut penelitian, lemon dapat membantu menghilangkan jerawat dan membantu mencerahkan kulit, akan tetapi penggunaan lemon untuk menghilangkan jerawat dan mencerahkan kulit memiliki beberapa dampak yang kurang baik, diantaranya sebagai berikut.

1. Dampak negatif lemon untuk wajah dan jerawat berupa kulit akan menjadi kering

Perawatan wajah berjerawat biasa menggunakan air perasan lemon dan diaplikasikan pada jerawat di wajah baik secara langsung ataupun dengan tambahan bahan lain. Kandungan asam sitrat yang tinggi dari lemon, bisa menjadikan suasana pada sel-sel kulit menjadi asam juga. Air dari dalam sel akan lebih cepat keluar sehingga kondisi ini menyebabkan sel menjadi mengkerut dan wajah terasa kering.

2. Efek samping lemon untuk wajah berjerawat berupa kulit pecah-pecah

Anda yang memiliki tipe wajah normal apalagi bertipe wajah kering sudah selayaknya berhati-hati jika menggunakan lemon untuk menghilangkan jerawat di wajah anda. Karena kandungan asamnya yang tinggi membuat wajah menjadi kering dan jika dibiarkan dan perawatan tetap dilanjutkan maka wajah anda akan menjadi pecah-pecah. Jika anda bertipe wajah normal bahkan kering, tetap gunakan pelembab setelah anda melakukan perawatan dengan lemon.

3. Pengelupasan berlebihan sebagai dampak pemakaian lemon terhadap wajah

Jika kulit sudah dalam kondisi kering, akibatnya akan banyak terdapat sel-sel kulit mati di wajah anda. Karena sel-sel yang telah mati tidak bisa mempertahankan bentuknya maka akan luruh dan terjadilah pengelupasan. Anda yang berwajah sensitif bisa berhati-hati jika memang pengelupasan kulit wajah anda terjadi secara berlebihan, karena hal ini bisa mengakibatkan kulit wajah anda menjadi semakin tipis.

4. Menimbulkan rasa pedih bahkan pendarahan pada jerawat

Penggunaan lemon untuk perawatan jerawat di wajah anda juga memberikan efek berupa sensasi rasa yang pedih pada bagian jerawat. Ini dikarenakan asam sitrat yang terkandung di dalam lemon mengenai bagian jerawat yang mengalami peradangan. Dalam kondisi yang lebih parah, pendarahan ringan pada titik jerawat bisa saja terjadi. Dan tidak jarang menimbulkan bekas setelah kerawat menghilang. Segera bilas wajah anda dengan air bersih jika anda mengalami hal tersebut.

5. Gatal-gatal kemerahan juga bisa muncul sebagai akibat penggunaan lemon untuk wajah dan jerawat

Hal ini biasa dialami oleh individu yang memiliki kulit sensitif. Kandungan asam yang tinggi dan pHnya yang rendah, menjadikan lemon bersifat sangat iritan. Anda yang memiliki kulit tipis, sebaiknya menghindari pemakaian lemon langsung karena bisa membawa dampak gatal-gatal dan kemerahan.

Meskipun telah dipakai sejak lama, ternyata lemon memiliki efek negatif pula untuk perawatan kulit. Ada baiknya anda berkonsultasi dahulu dengan ahlinya sebelum anda memutuskan untuk melakukan perawatan kulit dengan lemon. Untuk lebih aman lagi, anda bisa menggunakan ekstrak lemon yang telah diubah ke dalam produk-produk kosmetik tertentu yang bisa anda dapatkan di toko atau melalui skincare kepercayaan anda.

Efek Samping Jeruk Lemon Untuk Kulit Wajah
Efek Samping Jeruk Lemon Untuk Kulit Wajah

Demikianlah efek samping lemon untuk wajah dan jerawat di muka yang bisa Anda ketahui. Jadi selain efek yang baik, lemon juga bisa membawa efek yang kurang baik untuk wajah dan jerawat Anda. Sekian ulasan informasi dari kami. Terimakasih.