Efek Samping Diet Mayo Yang Harus Diketahui Sebelum Mencoba

Efek Samping Diet Mayo – Hai sahabat temancantik.com sekalian. Bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga baik ya. Pada kesempatan yang lalu kami telah mengulas tentang Diet Mayo Yang Benar Agar Berat Badan Turun Tapi Tetap Sehat. Pasti Anda sudah membacanya kan? Di sana telah disebutkan bahwa memilki berat badan ideal dan bentuk tubuh yang langsing tentu sangat menyenangkan. Tapi jangan lupa, bahwa yang terpenting ialah tubuh harus tetap sehat. Anda pasti setuju dengan pernyataan tersebut kan.

Nah, oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan coba mengulas tentang Efek Samping Diet Mayo yang harus diketahui. Diet mayo yang ada dimasyarakat seringkali juga sudah dimodifikasi, misalnya ada yang menjalankan diet mayo dengan berpantang garam secara total. Yakni sama sekali tidak mengkonsumsi garam. Namun ada pula orang yang menjalankan diet mayo dengan membatasi konsumsi garam.

Entah dari mana asalnya diet mayo yang beredar di masyarakat ini. Yang jelas, ada orang yang menyebutkan bahwa diet mayo yang sering diterapkan orang itu tidak berhubungan dengan Mayo Clinic di Amerika. Lantas dari mana dong sumbernya?

Efek Samping Diet Mayo Yang Harus Diwaspadai
Efek Samping Diet Mayo Yang Harus Diwaspadai

EFEK SAMPING DIET MAYO YANG HARUS DIKETAHUI

Pada umumnya, efek dari diet mayo yang beredar ini akan terlihat setelah 14 hari. Itulah yang membuat diet ini juga sering disebut dengan istilah diet mayo 14 hari. Jika mau dilihat lebih dalam, prinsip dari diet ini ialah mengurangi konsumsi karbohidrat dan kalori.

Menjalankan diet dengan asal-asalan, bahkan tanpa pangawasan dari ahli gizi dan ahli kesehatan tentu bisa membahayakan kesehatan tubuh. Mengurangi salah satu atau beberapa jenis zat tertentu yang sebenarnya dibutuhkan tubuh juga bisa menimbulkan penyakit dikemudian hari. Hal itu juga berlaku jika Anda melakukan diet mayo dengan peraturan diet yang tidak jelas, yang banyak beredar di masyarakat.

Resiko dari efek samping diet mayo dari sumber yang tidak jelas tentu bisa mengganggu kesehatan Anda. Oleh karena itu pastikan Anda mengetahui poin-poin dari efek samping diet mayo berikut ini sebagai bahan pertimbangan. Simak baik-baik ya.

Risiko Dehidrasi – Diet Mayo Berbahayakah?

Efek samping diet Mayo yang harus diketahui sebelum mencoba adalah risiko terkena dehidrasi. Risiko tersebut tidak dapat dipungkiri karena diet Mayo menjadikan garam sebagai pantangan utama, padahal garam merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh.

Garam dengan sifat osmosis yang dimilikinya, dapat menyerap air di dalam tubuh, sehingga jika tubuh kekurangan asupan garam, maka potensi terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh sangat tinggi, biarpun air yang dikonsumsi terbilang cukup atau bahkan berlebih.

Menjalankan diet Mayo secara keliru dapat berbahaya, karena tanpa disadari yang membuat berat badan berkurang sebenarnya bukan karena hilangnya lemak, tapi karena air yang diserap oleh tubuh berkurang. Sehingga turunnya berat badan secara drastis, justru akan membahayakan, karena berisiko terkena dehidrasi.

Membuat Tubuh Gampang Lelah – Efek Diet Mayo Pusing

Bagi Anda yang memiliki aktifitas padat dan menguras tenaga, sebaiknya menunda dulu keinginan untuk menjalankan diet Mayo, sebab efek negatif diet Mayo yang harus diketahui sebelum mencoba adalah membuat tubuh gampang lelah. Bahkan pada sejumlah kasus, dapat menimbulkan reasa mual dan ingin muntah.

Hal tersebut terjadi karena asupan garam yang dihentikan, sehingga tubuh tidak dapat mengikat air. Karena kurangnya air yang diasup itulah yang membuat tubuh mudah sekali merasa lelah. Sebab tidak semua cairan yang diperoleh dari sayuran dan buah-buahan dapat diserap oleh tubuh. Untuk itu, bagi Anda yang sedang menjalankan diet Mayo, jika rasa lelah semakin meningkat menjadi mual, pusing dan sakit kepala, sebaiknya program diet tersebut dihentikan, atau lakukan konsultasi dengan para pakar dan ahli kesehatan, guna menghindari dampak negatif yang lebih parah lagi.

Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat Salah Satu Efek Samping Diet Mayo

Dampak dari diet Mayo yang harus diketahui sebelum mencoba salah satu diantaranya adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Hal tersebut masih terkait dengan sifat osmosis yang dimiliki garam, sebab dengan berkurangnya garam dalam tubuh sebagai akibat dari menjalankan diet Mayo, membuat tubuh tidak dapat mengikat air, sehingga efeknya pun pada meningkatnya frekuensi buang air kecil.

Selain itu, garam juga memiliki kandungan sodium, yaitu semacam senyawa elektrolit yang berfungsi menjaga cairan dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan garam, secara otomatis air yang diasup lewat makanan dan minuman tidak diikat oleh tubuh, dan langsung dikeluarkan melalui urin, sehingga buang airpun menjadi lebih sering. Dengan tidak diikatnya cairan di dalam tubuh itulah, maka tubuh akan kehilangan sebagian besar cairan dan otomatis berat badan pun akan turun dengan drastis.

Mengalami Konstipasi – Pengalaman Diet Mayo

Dampak negatif diet Mayo yang wajib diketahui sebelum mencoba adalah kemungkinan mengalami konstipasi, yaitu kondisi sulit atau tidak bisa tuntas saat buang air besar, atau bahkan tidak bisa buang air besar sama sekali. Kondisi ini terjadi karena diet Mayo tidak hanya menjadikan garam sebagai pantangan, tapi juga karbohidrat. Minimnya jumlah karbohidrat di dalam tubuh itulah yang membuat seseorang mengalami konstipasi.

Disamping itu, jika diet rendah karbohidrat tersebut dijalankan dalam kurun waktu yang lama, pada saat akan memulai lagi menyantap makanan yang mengandung karbohidrat, dalam waktu yang relatif cepat, berat tubuh akan meningkat.

Peningkatan Kadar Gula – Efek Samping Diet Mayo

Efek samping diet Mayo yang penting untuk diketahui sebelum mencoba adalah besarnya potensi meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Penyebabnya karena mereka yang menjalankan diet Mayo, pada waktu yang bersamaan diharuskan mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan untuk mengurangi asupan makanan lain.

Karena disatu sisi harus mengurangi makanan jenis lain dan disisi lain harus mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan, terkadang membuat pelaku diet tidak dapat mengontrol diri dengan menyantap buah dengan porsi yang lebih. Hal itulah yang membuat kadar gula darah dalam tubuh meningkat.

Menurunnya Massa Otot – Efek Diet Mayo Bagi Tubuh

Kondisi tubuh yang terlihat kurus kering adalah salah satu efek negatif diet Mayo yang harus diketahui sebelum mencoba, agar pasca menjalankan diet ini tidak terkejut manakala mengetahui perubahan yang drastis pada tubuh Anda.

Perubahan drastis pada kondisi tubuh disebabkan karena minimnya karbohidrat yang diasup oleh tubuh. Sebagaimana diketahui, karbohidrat yang terdapat di dalam tubuh disimpan dalam bentuk glikogen untuk selanjutnya dimanfaatkan sebagai bahan bakar bagi aktifitas yang Anda lakukan. Disaat cadangan glikogen tersebut habis, secara otomatis tubuh akan mempergunakan lemak untuk dijadikan sebagai sumber energi.

Saat melakukan diet Mayo, karbohidrat praktis tidak terkonsumsi karena makanan yang mengandung karbohidrat menjadi salah satu pantangan pada diet ini. Di sinilah letak persoalannya, sebab pada waktu tubuh tidak mendapat asupan karbohidrat, maka protein yang akan dipecah guna dimanfaatkan sebagai sumber energi. Akibatnya, tubuh tidak memiliki kesempatan untuk menyimpan protein, sehingga lama-lama tubuh akan kekurangan protein. Karena kurangnya protein pada tubuh, asam amino yang terkandung pada protein daya kinerja nya pun juga semakin melemah, sehingga tidak dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Rusaknya sel-sel tubuh tersebut berdampak pada menurunnya massa otot, sehingga tubuh akan terlihat kurus kering.

Efek Samping Diet Mayo – Gangguan Pada Tubuh Secara Ekstrim

Bagi Anda yang benar-benar tertarik untuk menjalankan diet Mayo, sangat disarankan untuk didampingi seorang ahli kesehatan dan kebugaran guna memandu, agar jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika ingin menjalankan sendiri tanpa didampingi pemandu, setidaknya efek samping dari diet Mayo harus diketahui sebelum mencoba, mengingat risiko yang menyertainya cukup besar bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Hal tersebut terkait dengan fungsi dari unsur-unsur yang terkandung pada garam yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti zat sodium dan natrium. Ketika seseorang kekurangan dua zat tersebut, dampak yang ditimbulkannya adalah mengantuk, mudah merasa lelah, mudah mengalami depresi, bahkan bisa sampai kejang-kejang dan menderita koma.

Efek Samping Diet Mayo
Efek Samping Diet Mayo

Untuk itu, jangan memaksakan diri menjalankan diet mayo, apabila kondisi tubuh memang tidak memungkinkan. Sebab, tidak ada gunanya memiliki berat badan yang ideal jika kondisi kesehatan secara menyeluruh justru malah terganggu. Karena tujuan dari menurunkan berat badan tidak hanya sebatas untuk menjaga penampilan, tapi yang lebih utama adalah untuk memperoleh tubuh yang sehat.

Demikianlah ulasan efek samping diet mayo yang harus Anda ketahui. Jika Anda tetap ingin memiliki bentuk tubuh yang ramping dan bisa menurunkan berat badan dalam waktu 14 hari, berkonsultasilah kepada dokter ahli gizi terlebih dahulu. Pastikan diet mayo yang akan Anda lakukan tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Sehingga pada akhirnya Anda bisa memperoleh bentuk tubuh yang indah dan tubuh tetap sehat. Sampai bertemu lagi pada artikel kami yang lain ya.