Cara Merawat Wajah Secara Alami Sesuai Jenis Kulit Muka

Cara Merawat Wajah Secara Alami Sesuai Jenis Kulit Muka – Merawat wajah memang merupakan bagian yang tidak bisa ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan merawat wajah, wajah akan tampak lebih berseri, putih dan mulus. Wajah yang berseri, putih dan mulus memang terkadang menjadi dambaan banyak orang khususnya para wanita. Bagaimana bisa mendapatkan kulit wajah yang diharapkan jika tidak merawat wajah Anda mulai dari sekarang?

Merawat wajah juga tidak bisa seenaknya saja. Jenis kulit muka pasti berbeda antara satu orang dengan orang yang lainnya. Terkadang untuk memahami jenis kulit muka inilah yang seringkali keliru, banyak yang menyangka kulit mereka kering namun sebenarnya kulit muka mereka adalah kulit muka yang sensitif. Maka dari itu, diharapkan Anda benar-benar mengetahui jenis kulit muka Anda yang sesungguhnya sehingga Anda juga bisa menentukan perawatan yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit muka Anda.

Dari banyaknya kesalahan yang terjadi saat merawat wajah, kali ini kami ingin membahas mengenai bagaimana cara merawat wajah secara alami sesuai jenis kulit muka sehingga Anda tidak salah dan bingung untuk menentukan perawatan apa yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Namun, tentu sebelumnya Anda harus mengetahui jenis kulit muka Anda, apakah masuk kedalam jenis kulit yang normal, kering atau berminyak?

CARA MERAWAT WAJAH SECARA ALAMI SESUAI JENIS KULIT MUKA

Jika Anda sudah mengetahui jenis kulit muka Anda maka dengan mudah Anda dapat mengetahui bagaimana cara merawat wajah secara alami yang bisa Anda coba lakukan sendiri di rumah, tanpa perlu pergi ke salon kecantikan. Berikut ulasan seputar cara merawat wajah secara alami sesuai jenis kulit muka.

Perawatan Untuk Kulit Normal

Cara merawat wajah secara alami sesuai jenis kulit muka yang pertama, kami akan membahas mengenai jenis kulit normal. Mereka yang memiliki kulit normal ditandai dengan kondisi kulit yang bersih, halus, lentur dan kenyal. Saat kulit diseka dengan tisyu, tidak meninggalkan jejak minyak sama sekali, dan kondisi kulit masih tetap terlihat bagus pada umur 30 tahun ke atas, meskipun dengan perawatan yang minimal. Perawatan wajah secara alami sesuai jenis kulit muka untuk mereka yang memiliki kulit normal sangat sederhana, sebab dengan perawatan yang sederhana pun kulit masih akan tetap cantik. Perawatan sederhana yang dimaksud adalah dengan membersihkan wajah sehari dua kali, pagi dan sore.

Pada pagi hari, untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel disaat tidur, bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin dan sabun khusus untuk muka, serta pembersih wajah. Oleskan pelembab setelah wajah kering, kemudian sapu dengan make up tipis sebelum menjalankan aktifitas. Hindari make up yang menggunakan bahan kimia karena berbahaya bagi kulit. Pada sore hari, gunakan pembersih muka untuk membasuh wajah, dan pakai facial scrub jika Anda ingin menggunakan make up.

Tapi ingat, jangan setiap hari menscrub wajah karena dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi kering.Sebelum berangkat tidur, hilangkan maskara atau eyeliner serta kosmetik yang menempel pada kulit wajah dengan menggunakan pembersih make up.cSelain perawatan rutin sehari-hari, setiap satu minggu sekali pemilik kulit normal juga dianjurkan untuk merawat wajah dengan menggunakan masker dari bahan-bahan alami, seperti madu, beras.

Untuk masker bisa juga menggunakan berbagai jenis buah yang bisa digunakan untuk masker, diantaranya bengkoang, mentimun, alpukat, papaya, melon, wortel, mengkudu, serta yang lain. Cara merawat wajah sesuai jenis kulit muka secara alami untuk kulit normal sebagaimana tersebut di atas, meski sederhana akan memberikan hasil yang maksimal jika dilakukan secara rutin.

Perawatan Untuk Kulit Kering

Yang berikutnya ialah cara merawat wajah secara alami sesuai jenis kulit muka yang kering. Kulit kering pada dasarnya adalah kulit yang memiliki kemampuan memproduksi minyak dengan jumlah yang sedikit. Sama halnya dengan kulit normal, saat diseka dengan tisyu setelah bangun tidur, kulit kering tidak akan menimbulkan bekas minyak. Namun, kulit jenis yang satu ini memiliki tekstur yang kering dan kasar, bahkan pecah-pecah.

Jenis kulit kering rentan terhadap iritasi dan penuaan dini, karena memiliki pori-pori besar dan mudah terserang jerawat. Mengingat besarnya risiko terhadap iritasi dan penuaan dini, cara merawat wajah sesuai jenis kulit muka secara alami perlu diketahui oleh mereka yang memiliki jenis kulit kering, agar kulit tidak berubah jelek disaat memasuki usia 30 tahun ke atas.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh kaum wanita yang memiliki kulit kering, saat membersihkan wajah jangan gunakan air hangat, karena dapat membuat kulit bertambah kering. Jadi sebaiknya gunakan air biasa yang bersuhu normal. Sabun yang digunakan pun tidak boleh sembarangan sebab dapat mengurangi kadar minyak, sementara minyak sangat dibutuhkan oleh kulit kering mengingat jumlahnya yang sedikit. Disarankan untuk memakai sabun yang mengandung minyak zaitun atau gliserol, guna menstimulan minyak pada kulit wajah.

Cara Merawat Wajah Sesuai Jenis Kulit Muka
Cara Merawat Wajah Sesuai Jenis Kulit Muka

Jika karena sesuatu hal, kondisi kekeringan pada kulit wajah cukup parah, hindari pemakaian sabun biasa saat membersihkan wajah, dan sebagai gantinya gunakan pembersih wajah yang memiliki kandungan susu untuk memberikan nutrisi pada kulit.

Jika kulit mengalami pengerutan, perawatan wajah sesuai jenis kulit muka secara alami untuk jenis kulit kering dilakukan dengan menggunakan gliserol atau minyak zaitun sehabis mandi secara teratur. Sedang untuk menghaluskan kulit kering, gunakan masker minimal seminggu sekali. Ingat, jenis kulit kering membutuhkan perawatan yang lebih dibanding jenis kulit yang lain agar senantiasa terlihat indah dan sehat. Perawatan dari dalam bisa dilakukan dengan memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan serta meminum air putih.

Perawatan Untuk Kulit Berminyak

Cara merawat wajah secara alami sesuai jenis kulit muka yang terakhir yaitu kulit berminyal. Jenis kulit berminyak bisa dilihat lewat banyaknya cairan yang keluar dari bagian wajah utamanya saat melakukan aktifitas pada siang hari. Produksi minyak pada bagian wajah jika jumlahnya stabil sebenarnya sangat menguntungkan, namun jika pori-pori mengeluarkan minyak berlebih justru merugikan, karena kulit wajah akan terlihat mengkilat sehingga dapat mengganggu penampilan.

Cara Merawat Jenis Kulit Berminyak
Cara Merawat Jenis Kulit Berminyak

Cara merawat wajah secara alami sesuai jenis kulit muka untuk kulit berminyak, pada dasarnya adalah mengurangi produksi minyak pada wajah dengan mempersempit lubang pori-pori serta meminimalisir dampak negatif dari banyaknya minyak yang keluar pada bagian wajah yang memicu munculnya komedo serta jerawat.

Cara tersebut diantaranya adalah membersihkan kulit wajah minimal sehari tiga kali, utamanya pada siang hari, sepulang dari bepergian dan pada saat akan berangkat tidur. Pembersihan dilakukan untuk menghilangkan minyak berlebih yang tertimbun dan menyumbat pori-pori. Sebab pori-pori yang tertutup minyak mudah tertempel debu dan kotoran. Selain membuat tidak sedap dipandang, kulit yang tertempel debu dan kotoran berisiko menjadi penyebab jerawat.

Itu sebabnya membersihkan kulit berminyak, tidak cukup hanya membasuhnya dengan air serta sabun pembersih wajah. Permbersihan harus disertai dengan pemijatan wajah, facial dan peeling, agar kulit wajah benar-benar terbebas dari debu dan kotoran yang menyumbat.

Perawatan Wajah Untuk Kulit Kering Agar Kulit Sehat
Perawatan Wajah Untuk Kulit Kering Agar Kulit Sehat

Cara merawat wajah secara alami sesuai jenis kulit muka, juga dapat dilakukan dengan memperkecil lubang pori-pori menggunakan air perasan jeruk nipis secara rutin, atau melakukan penguapan pada wajah untuk mengurangi kadar minyak dan mengangkat kotoran. Penguapan pada wajah dilakukan dengan menggunakan wadah atau baskom yang diisi air mendidih, kemudian meletakkan wajah di atas air mendidih tersebut, sambil menutup bagian di sekitar kepala dengan menggunakan handuk. Perhatikan pula makanan yang dikonsumsi, karena makanan yang memiliki kandungan lemak dalam jumlah besar, dapat memperbanyak minyak yang diproduksi kulit wajah, seperti makanan bersantan, makanan pedas, dan makanan yang digoreng.

Dari ulasan di atas diharapkan dapat membantu Anda merawat wajah Anda, sehingga kulit uka yang bersih,putih dan mulus bisa Anda dapatkan segera. Karena Anda menggunakan cara alami, maka cara merawat wajah secara alami sesuai dengan jenis kulit muka juga harus dilakukan secara rutin dan terus berkesinambungan dari hari ke hari. Sekian informasi dari kami. Terimakasih.