Cara Merawat Rambut Berjilbab Agar Tidak Rontok Dan Lepek

Posted on

Cara Merawat Rambut Berjilbab – Hai para sobat semuanya dimanapun kalian berada. Apa kabar? Semoga kabar Anda semua baik dan selalu sehat ya. Baiklah, pada kesempatan ini kami ingin kembali membagikan informasi yang tentunya menarik untuk Anda ketahui, terutama untuk Anda wanita berjilbab.

Seperti yang kita semua ketahui, perawatan rambut wanita berjilbab dengan yang tidak berjilbab pastilah berbeda. Perawatan rambut wanita berjilbab seharusnya lebih ekstra dan lebih rutin dibandingkan dengan rambut yang selalu terurai bebas.

Menggunakan jilbab membuat rambut menjadi lebih mudah lembab dan juga rontok. Hal tersebut dikarenakan rambut selalu tertutup oleh kain yang menutupi rambut selama seharian Anda beraktifitas di luar. Jadi jika Anda tidak melakukan perawatan dengan benar rambut Anda akan semakin lepek dan sangat mudah rontok.

Kali ini, kami ingin membahas seputar cara merawat rambut berjilbab agar selalu kuat dan segar saat Anda melepasnya. Tentunya banyak diantara Anda yang menginginkan rambut Anda semakin sehat dan indah walaupun Anda mengenakan jilbab bukan? Maka dari itu, mari simak ulasan kami berikut ini.

CARA MERAWAT RAMBUT BERJILBAB AGAR TIDAK MUDAH RONTOK DAN JUGA LEPEK!

Melakukan perawatan rambut berjilbab memang tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus melakukan perawatan yang ektra untuk mendapatkan rambut yang sehat, kuat dan berkilau. Ini dia informasi yang Anda cari seputar cara merawat rambut berjilbab supaya tidak mudah rontok dan juga lepek.

Rutin Berkeramas Menjadi Salah Satu Cara Merawat Rambut Berjilbab

Rambut yang senantiasa ditutup dengan jilbab dapat menyebabkan meningkatnya risiko rambut mengalami kerontokan. Hal ini menjadikan wanita berjilbab harus melakukan perawatan ekstra untuk menjaga kesehatan rambutnya. Salah satu cara merawat rambut berjilbab agar tidak rontok adalah rutin mengeramasinya.

Cara Merawat Rambut Berjilbab
Cara Merawat Rambut Berjilbab

Mengeramasi rambut bukan masalah yang sepele, lho! Mengeramasi rambut secara rutin berarti menjaga kebersihan rambut dan kesehatan kulit kepala. Anda pun harus memilih jenis shampoo yang paling cocok dengan situasi rambut Anda.

Begitu pula dengan kondisioner yang Anda gunakan. Dengan diperolehnya rambut yang bersih dan kuat, hal ini berarti Anda telah mencegah terjadinya kerontokan rambut.

Gunakan Bahan Jilbab Yang Adem Dan Dapat Menyerap Keringat

Cara mencegah kerontokan rambut lainnya adalah dengan memilih bahan jilbab yang tepat. Memang, dengan menggunakan jilbab dalam segala aktivitas sehari-hari akan menjadikan rambut lebih mudah mengeluarkan keringat.

Keringat yang keluar berlebihan dapat menyebabkan rambut berminyak dan lepek. Hal tersebut mendasari kejadian kerontokan rambut. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan jilbab yang dapat menyerap keringat.

Bahan jilbab yang adem dan nyaman sangat disarankan. Misalnya, Anda dapat menggunakan bahan dari katun untuk membantu Anda mengurangi risiko munculnya kerontokan rambut meskipun Anda menggunakan jilbab. Selain itu, Anda juga dapat memilih warna jilbab yang tidak menyerap panas sehingga kulit kepala tidak mudah berkeringat.

Memilih Warna Yang Lembut Pada Jilbab

Warna juga bisa mempengaruhi kelembaban kulit kepala. Semakin banyak keringat semakin lembab pula rambut Anda. Maka dari itu, selain bahan jilbab yang harus diperhatikan, warna jilbab juga harus dipilih dengan benar.

Cara Merawat Rambut Berjilbab Dengan Benar
Pemilihan Warna Jilbab

Sebaiknya Anda memilih warna juilbab yang soft atau lembut. Jangan memilih warna-warna yang terang ataupun sangat gelap. Hal tersebut dapat membuat rambut semakin lembab dan lepek. Pemilihan warna yang soft dapat membuat sejuk hingga ke kulit kepala Anda.

Rapikan Rambut Sebelu Ataupun Setelah Menggunakan Jilbab

Ketikan Anda memutuskan untuk berjilbab, pastilah Anda mengetahui bahwa Anda harus merawat rambut Anda dengan lebih ekstra. Cara merawat rambut berjilbab agat tidak mudah rontok dan lepek yaitu dengan rutin merapikan rambut baik sebelum ataupun sesudah Anda mengenakan jilbab.

Sisirlah rambut dengan lembut supaya rambut tetap rapi dan tidak mudah rontok. Gunakanlah sisir yang memiliki gigi jarang atau renggang-renggang supaya rambut tidak mudah jatuh. Gunakan juga sisir dari bahan plastik.

Menggunakan Bahan-Bahan Alami Untuk Merawat Rambut Berjilbab

Anda juga bisa mengandalkan bahan-bahan alami untuk perawatan rambut Anda. Anda bisa membuat masker rambut dari lidah buaya atau bahan-bahan yang bisa menguatkan rambut. Bahan alami ini selain mudah didapatkan juga harganya masih terjangkau.

Yang penting adalah niat Anda untuk selalu melakukan perawatan secara alami ini. Jika Anda hanya menggunakannya sekali atau dua kali pastilah hasil yang Anda inginkan belum tampak. Jadi jangan putus asa dulu ya.

Hindari Menggunakan Jilbab Ketika Rambut Masih Basah

Tak hanya kerontokan, rambut berminyak, kotor, lepek serta bau juga menjadi risiko penggunaan jilbab yang dilakukan secara terus menerus. Salah satu tips merawat rambut berjilbab agar tidak rontok adalah dengan memastikan bahwa Anda tidak menggunakan jilbab langsung seketika setelah Anda selesai mengeramasinya.

Mengenakan jilbab dengan kondisi rambut yang masih basah dapat memicu terjadinya rambut menjadi lebih mudah rontok. Rambut pun akan semakin lepek dan bau.

Sangat disarankan agar Anda terlebih dahulu mengeringkan rambut Anda hingga benar-benar kering sebelum Anda menggunakan jilbab. Cara mengeringkan rambut Anda pun harus diperhatikan.

Tips Merawat Rambut Berjilbab Agar Tidak Rontok Dan Lepek
Merawat Rambut Berjilbab Agar Tidak Rontok Dan Lepek

Anda dapat mengeringkan rambut Anda dengan mengusapkannya pada handuk secara berkali-kali. Pastikan Anda tidak menggosok-gosokkannya secara keras. Hal ini akan meningkatkan risiko kerontokan yang semakin parah.

Meskipun cara alami sangat disarankan, namun Anda juga dapat menggunakan hair dryer maupun alat pengering rambut lainnya untuk mengeringkan rambut yang basah pada kondisi terburu-buru. Namun, pastikan bahwa Anda tidak menggunakannya dengan sering. Sangat disarankan pula untuk mengatur alat tersebut pada suhu rendah untuk menjaga rambut agar tidak mudah rusak.

Jangan Ikat Rambut Terlalu Kencang Ketika Tidur

Memang, mengikat rambut akan memberikan kelebihan pada Anda saat melakukan aktivitas. Begitu pula saat akan tidur. Mengikat rambut dapat mencegah terjadinya kekusutan rambut dan membuat rambut tidak berantakan keesokan harinya.

Namun, sebaiknya Anda tidak mengikat rambut Anda dengan sangat kencang, terlebih ketika tidur. Hal ini dikarenakan, mengikat rambut yang terlalu kencang akan mengakibatkan terjadinya rambut rontok yang lebih mudah. Selain itu, disarankan pula agar Anda menggunakan ikat rambut yang terbuat dari bahan yang halus dan lembut agar lebih nyaman saat dikenakan.

Memilih Ikat Atau Jepit Rambut Yang Benar

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, sebaiknya Anda menggunakan ikat rambut yang terbuat dari bahan-bahan yang halus dan lembut. Memang benar, karena jika Anda memilih ikat atau jepit rambut yang berbahan metal akan sangat membuat rambut Anda semakin mudah rontok dan rapuh.

Jangan Lupa Untuk Mengistirahatkan Rambut

Sangat disarankan untuk tidak terus menerus menggunakan jilbab. Anda dapat menggunakan jilbab ketika keluar rumah. Sangat disarankan untuk melepaskannya ketika Anda berada di dalam rumah. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan rambut waktu untuk istirahat.

Biarkan rambut terurai bebas ketika di rumah. Jangan terlalu sering diikat pula. Cara ini mudah dilakukan tetapi efeknya cukup kuat untuk kesehatan rambut. Tidak hanya untuk mencegah kerontokan tetapi juga untuk mencegah kemunculan ketombe.

Rutin Mengkonsumsi Makanan Sehat Dan Bergizi

Selain beberapa cara di atas, Anda juga dapat merawat rambut berjilbab dari kerontokan dengan melakukan pencegahan kerontokan dari dalam tubuh. Hal ini dapat dilakukan dengan cara merutinkan diri mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Makanan dengan gizi yang mendukung perawatan kesehatan dan kecantikan rambut sangat disarankan. Makan tersebut dapat meliputi makanan kaya vitamin C, vitamin B6, vitamin B12 dan vitamin E.

Merawat Rambut Berjilbab
Untuk Merawat Rambut Berjilbab Sebaiknya Makan Makan Bergizi Dan Penuh Nutrisi

Makanan kaya protein juga dapat dikonsumsi karena potensinya yang dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat. Tentunya, dengan rambut yang sehat dan kuat kerontokan dapat diminimalisir.

Demikian beberapa cara merawat rambut berjilbab supaya lebih kuat, segar dan indah. Jangan malas untuk melakukan perawatan-perawatan ini ya. Dengan melakukan perawatan rambut yang rutin pasti rambut Anda kembali sehat dan kuat seperti yang Anda dambakan selama ini.

Sekian informasi yang dapat kami bagikan untuk Anda semua. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menjadikan Anda menemukan solusi yang Anda cari selama ini. Terimakasih.