Cara Menghilangkan Jerawat Kecil Kecil

Posted on

Cara Menghilangkan Jerawat Kecil Kecil – Selain memberikan rasa nyeri, jerawat kecil-kecil juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri bagi wanita. Meskipun hanya berukuran kecil-kecil, tetap saja rasa kepercayaan diri bisa berkurang. Inilah alasan mengapa wanita rela merogoh kantong begitu dalam untuk mengatasinya. Tetapi, apakah Anda mengetahui jika untuk menghilangkan jerawat ini tidak boleh dengan sembarangan.

Jerawat sebetulnya berasal dari pengeluaran minyak di kelenjar kulit wajah secara alami. Sayangnya, saat terjadi perubahan hormon, akan membuat produksi minyak terlalu banyak sehingga akan menyumbat pori kulit. Sumbatan yang tercampur dengan sel kulit mati bisa membentuk komedo. Dengan tambahan bakteri di permukaan, akan muncul jerawat. Namun tidak perlu khawatir, untuk mengatasinya baca saja Cara Menghilangkan Jerawat Kecil Kecil ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Kecil Kecil
Cara Menghilangkan Jerawat Kecil Kecil

Jenis Pengobatan Jerawat Dalam Cara Menghilangkan Jerawat Kecil Kecil

Beberapa jenis pengobatan jerawat berguna untuk mengurangi produksi minyak kulit, serta menghambat pertumbuhan bakteri. Secara umum cara menghilangkan jerawat kecil kecil dibagi menjadi 2 antara lain :

Cara Menghilangkan Jerawat Kecil Kecil Di Jidat Menggunakan Obat Dokter

Jerawat bisa diobati menggunakan antibiotik yang nantinya membasmi bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan. Antibiotik ini seperti produk tropikal dan dioleskan langsung ke kulit atau pun di minum. Antibiotik tropikal ini bisa bekerja lebih baik saat digunakan bersamaan dengan benzoil peroksida serta mengurangi kemungkinan kulit menjadi kebal pada jenis antibiotik yang sama.

Bukan hanya obat tersebut, retinoid juga sering digunakan mengobati jerawat, entah dalam bentuk produk yang dikonsumsi atau tropikal. Retinoid bisa membantu mengatasi jerawat dengan tingkat peradangan yang para sekalipun. Retinoid bekerja dengan cara merangsang pertumbuhan serta pelepasan sel kulit. Cara menghilangkan jerawat menggunakan obat ini memang begitu ampuh. Sayangnya, efek samping yang dapat terjadi dari penggunaan retinoid ialah munculnya kulit kering atau gatal. Obat ini tidak untuk dipergunakan oleh ibu hamil.

Bahan lain yang bisa digunakan untuk obat jerawat adalah asam azelaic yang mempunyai kemampuan sebagai anti bakteri serta anti radang. Hal yang harus Anda perhatikan adalah penggunaan pil KB karena bisa berpengaruh pada hormon pemicu jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Kecil Di Pipi
Cara Menghilangkan Jerawat Kecil Di Pipi

Cara Menghilangkan Jerawat Kecil Kecil Di Jidat Menggunakan Produk Bebas

Anda bisa menghilangkan jerawat kecil-kecil dengan pembersihan wajah menggunakan sabun atau menggunakan produk pembersih khusus agar bisa mengobati jerawat yang biasanya memiliki kandungan asam salisilat dan sulfur. Produk yang memiliki kandungan benzoil peroksida bisa membantu mengatasi bakteri si penyebab jerawat. Untuk asam salisilat, ia akan membantu mengelupas sel kulit. Produk ini bisa Anda temukan berbentuk losion, krim dan gel.

Obat Jerawat Kecil Kecil Di Apotik

Bahan lain yang berada dalam produk bebas untuk obat jerawat ialah aseton dan alkohol. Obat jerawat kecil kecil di apotik seperti Alkohol digunakan sebagai antibakteri sedangkan aseton digunakan untuk menghilangkan minyak yang berasal dari permukaan kulit. Walaupun demikian banyak dokter yang tidak merekomendasikan bahan ini karena dirasa kurang efektif sebagai penumpas jerawat.

Ada juga obat jerawat yang dipasarkan dan di klaim dari bahan alami. Sayangnya, tingkat efektivitas dari produk yang ditawarkan belum bisa dibuktikan secara medis.

Cara menghilangkan jerawat kecil kecil juga menimbulkan efek samping, sehingga Anda harus berhati-hati. Segera konsultasikan dengan dokter kulit bila jerawat tidak kunjung hilang atau meninggalkan bekas.

Tindakan Lain Untuk Menghilangkan Jerawat

Menghilangkan jerawat bukan hanya menggunakan obat, namun Anda juga memerlukan perawatan pendukung yang baik dan tepat. Contohnya seperti pembatasan pencucian wajah yang berjerawat lebih dari 2 kali sehari karena bisa menyebabkan iritasi serta memperburuk kondisi.

Pergunakan air hangat, jangan memencet jerawat atau pun komedo. Tindakan yang bisa memperburuk kondisi hingga memerlukan penanganan khusus untuk mengatasi bekas jerawat saat jerawat sudah hilang.

Pilih produk kosmetik dengan label non-comedogenic. Jangan menggunakan produk kosmetik maupun makeup terlampau tebal, serta bersihkan kosmetik sebelum Anda pergi tidur. Untuk menjaga kelembaban kulit yang kering, pergunakan pelembab yang berbasis air tanpa adanya pewangi.

Selain itu jaga kebersihan rambut Anda, jangan sampai rambut mengenai wajah, dan segera mandi sesudah melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat seperti setelah berolahraga. Jika tidak segera dibersihkan, jerawat kecil-kecil akan segera muncul. Bila tidak ingin lekas mandi, keringkan keringat di wajah menggunakan handuk yang lembut dan kering.

Bahkan, Anda harus memperhatikan makanan Anda. Sering-sering mengkonsumsi buah dan sayur merupakan langkah yang tepat karena buah dan sayur adalah antioksidan yang baik. Dengan mengkonsumsinya, antioksidan di tubuh akan mengalami peningkatan yakni bisa mencegah timbulnya jerawat yang disebabkan peradangan tubuh.

Perhatikan Hal-Hal Ini

Cara menghilangkan jerawat kecil kecil menggunakan obat-obatan memang terlihat efektif. Namun, mengatasi jerawat dengan cara ini memiliki risiko. Dokter biasanya akan menjelaskan pada Anda, apa saja risiko yang bisa terjadi misalnya seperti iritasi.

Obat jerawat yang berbahan benzoil peroksida serta retinoid bisa membuat kulit menjadi kering, sensitif dan merah ketika terkena sinar matahari. Pergunakan krim tabir surya serta topi saat Anda berada di luar ruangan. Sedangkan, antibiotik yang diminum untuk obat jerawat bisa menyebabkan sakit perut dan menyebabkan Anda semakin rentan terkena infeksi jamur.

Produk obat-obat jerawat bisa menyebabkan gejala mengganggu sesudah penggunaan atau beberapa hari sesudahnya. Bila Anda merasakan gatal-gatal, lebih baik Anda segera menghentikan penggunaannya serta segera menemui dokter. Sebagian obat jerawat menyebabkan reaksi alergi serius atau iritasi yang begitu parah. Iritasi ini bisa ditandai dengan sulitnya bernapas, sesaknya tenggorokan, bahkan terasa seperti akan pingsan. Bila hal ini terjadi, Anda harus segera mencari pertolongan medis.

Jerawat yang timbul memang begitu mengganggu penampilan, apalagi jerawat yang mempunyai bentuk kecil-kecil. Tetapi, untuk pengobatan jerawat, Anda harus selalu berhati-hati. Jangan tergiur dengan krim apapun. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan paling tepat.

Cara Menghilangkan Jerawat Kecil Kecil Di Jidat
Cara Menghilangkan Jerawat Kecil Kecil Di Jidat

Seringkali beruntusan di jidat disama artikan dengan jerawat kecil. Padahal kedua hal tersebut berbeda. Untuk Anda yang ingin menghilangkan biang keringat, praktekan saja informasi dalam artikelĀ Cara Menghilangkan Biang Keringat Di Jidat.

Demikianlah pembahasan cara menghilangkan jerawat kecil kecil baik di pipi maupun di jidat. Semoga ulasan diatas bisa menjadi solusi bagi Anda dan menambah wawasan tentang obat jerawat kecil kecil di wajah. Sampai jumpa pada artikel kami yang lain ya…