Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat

Posted on

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat – Jerawat, semua orang lebih-lebih kaum hawa selalu merasa jerawat adalah hal yang begitu menjengkelkan. Jerawat sendiri adalah peradangan yang terjadi di permukaan kulit wajah. Secara umum jerawat dapat terjadi di bagian punggung, leher dan rahang. Mempunyai jerawat menjadi hal memalukan karena dapat mengurangi rasa kepercayaan diri.

Pada umumnya jerawat bisa terjadi di lapisan kulit berminyak. Kondisi kulit yang mempunyai bakteri juga bisa menyebabkan jerawat menjadi semakin parah. Cara menghilangkan jerawat dengan tomat sebenarnya sudah sering digunakan banyak orang dengan alasan alami dan murah. Selain itu tomat dipilih karena kaya dengan kandungan likopen serta antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Bagi Anda yang masih belum begitu terbiasa, yuk simak ulasan kami Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat ini.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dnegan Tomat Berapa Lama
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dnegan Tomat Berapa Lama

Perlu diketahui bahwa buah tomat mengandung likopen. Senyawa likopen adalah jenis antioksidan yang bagus sebagai penopang kulit. Walaupun kesimpulan menghilangkan jerawat dengan tomat belum pasti, tetapi banyak yang menggunakan tomat untuk melindungi kulit dari kerusakan karena paparan sinar matahari berlebihan. Untuk memperoleh manfaat likopen di kulit menggunakan tomat, akan semakin efektif jika tomat Anda masak terlebih dulu contohnya seperti berbentuk saus atau pasta.

Berikut beberapa manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat di kulit, seperti :

  1. Tomat bisa menyeimbangkan kadar pH di kulit, sehingga kulit Anda tidak berminyak dan tidak terlalu kering lagi. Kulit yang terlalu berminyak atau kering, biasanya rentan terkena jerawat.
  2. Tomat mempunyai kandungan antioksidan tinggi. Tingginya antioksidan pada tomat bisa mencegah terjadinya peradangan oleh bakteri yang menyebabkan jerawat, dan menjadi penyebab jerawat batu.
  3. Tomat akan memperbaiki kulit yang mengalami kerusakan hingga ke sel sehingga bisa mempercepat penyembuhan dari bekas jerawat.
  4. Menyehatkan kulit. Tomat mempunyai kandungan potassium, mineral dan zat besi yang nantinya menyehatkan kulit secara umum serta menyamarkan bekas dari jerawat lama Anda.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat dengan tomat :

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat Dengan Menggosokkan Tomat Ke Wajah

Cara hilangkan jerawat menggunakan tomat yang termudah adalah menempelkan tomat secara langsung di wajah berjerawat. Anda hanya perlu memotong tomat 2 bagian dan tempelkan di wajah berjerawat. Sesudah isi tomat menempel, gunakan jari tangan Anda untuk memijit secara lembut sehingga cairan akan meresap di kulit wajah. Lakukan pijatan selama beberapa detik. Bila sudah merata, basuh menggunakan air hangat. Anda bisa melakukan treatment ini setiap hari dengan rutin.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat Dengan  Menggunakannya Sebagai Masker

Jika mengalami jerawat yang parah, Anda bisa menggunakan masker yang terbuat dari tomat. Buat bahan masker dengan menghancurkan tomat hingga lembut di mangkuk. Gunakan bagian dalam yang sudah lembut sebagai masker wajah. Pastikan masker ini dioleskan secara merata di wajah dan biarkan mendiami wajah selama 1 jam. Sesudah itu bilas wajah dengan mengoleskan pelembab yang lembut di wajah.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Masker Tomat
Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Masker Tomat

Gunakan masker secara rutin 3 hingga 4 kali seminggu. Dalam beberapa minggu penggunaan, jerawat yang terlihat parah akan mereda. Selain dari tomat, masker ini bisa Anda campur dengan alpukat. Fungsi dari masker ini sebagai pengurang minyak dalam kulit. Caranya cukup melumat tomat dan alpukat, setelah lembut Anda bisa menjadikannya sebagai masker wajah. Biarkan selama 20 menit dan bilas hingga wajah bersih.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat Dengan Membuat Pasta Tomat

Untuk memperoleh manfaat bagi kulit, sebenarnya tomat dapat Anda jadikan sebagai pasta. Campurkan tomat dan madu, tujuan pencampuran ini agar manfaatnya bisa menjadi semakin baik untuk kulit. Cara membuatnya, blender tomat hingga menjadi jus, tambahkan madu. Gunakan pasta ini di wajah dan diamkan selama 20 menit. Basuh wajah hingga bersih. Selain mencampurnya dengan madu. Pembuatan pasta dapat menggunakan yoghurt dan tomat. Gunakan pasta selama 25 menit dan bilas. Selain membuat kulit menjadi lebih bersih, pasta tomat dan yoghurt akan membantu peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat Dengan Mencampurkan Lemon

Cara lain yang juga ampuh sebagai penghilang jerawat adalah mencampurkan tomat dengan lemon. Manfaat lemon untuk menumpas jerawat memang tidak boleh kita ragukan lagi. Lemon mempunyai kandungan bleaching agent sehingga mempercepat proses penyembuhan luka di kulit. Selain itu lemon juga mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Dengan manfaat ini, Anda bisa membayangkan jika tomat dicampur dengan lemon, pasti akan semakin ampuh.

Langkah menggunakan campuran tomat serta lemon pada jerawat, Anda hanya perlu menyiapkan tomat dan masukkan tomat ke dalam blender. Blender tomat hingga cair, campurkan tomat dengan perasan lemon. Anda bisa mengoleskan campuran ini di area wajah yang terdapat jerawat. Jika peradangan masih parah, Anda akan merasa sedikit perih. Biarkan selama 15 menit dan Anda bisa membilasnya dengan air hangat.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat Dengan Mencampurkan Mentimun

Mentimun mempunyai sifat menyingkirkan debu yang menyebabkan bakteri, jerawat dan kotoran. Selain itu mentimun memiliki banyak sumber vitamin dan berbagai mineral. Untuk menggunakan campuran tomat dan mentimun, siapkan tomat dan mentimun. Satukan buah ini dalam blender, dengan menggunakan cotton bud, oleskan campuran ini di area kulit yang terdapat jerawat. Setelah mengering, bilas wajah Anda menggunakan air hangat.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat

Untuk memperoleh hasil maksimal, Anda bisa menggunakan tomat yang segar karena tidak memiliki kandungan bahan tambahan. Selain itu pilih tomat yang beraroma segar. Untuk memudahkan penggunaan, gunakan tomat dengan ukuran yang besar. Jangan gunakan tomat yang rusak. Mungkin cara menghilangkan jerawat dengan tomat ini tidak ampuh untuk beberapa orang. Hal ini bisa terjadi karena setiap orang mempunyai kondisi kulit yang berbeda sehingga tidak semua bahan dapat digunakan untuk semua orang. Oleh sebab itu tidak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Baiklah, itulah tadi ulasan lengkap tentang Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi Anda sekalian. Selamat merawat wajah dan sampai jumpa pada koleksi artikel kami yang lain!