Cara Menghilangkan Gatal Pada Ketiak Secara Alami

Posted on

Cara Menghilangkan Gatal Pada Ketiak Secara Alami – Halo para sahabat temancantik.com, apa kabarnya hari ini? Kami harap Anda sekalian selalu sehat. Kembali mengulas seputar ketiak, pada kesempatan yang lalu, kami telah mengulas apa saja kan faktor-faktor penyebab ketiak hitam yang jarang diketahui, namun pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara menghilangkan gatal pada ketiak secara alami.

Mungkin sebagian besar dari Anda pernah mengalami kulit ketiak gatal, hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan. Selain tidak memakan biaya yang besar, kulit ketiak juga bisa kembali normal dan tidak gatal-gatal lagi. Tidak dipungkiri bahwa kulit yang gatal, terlebih pada bagian ketiak akan sangat mengganggu. Kulit ketiak merupakan kulit yang sensitif yang jika digaruk bisa menjadikan kulit ketiak lecet dan teriritasi.

Maka dari itu, untuk Anda yang sedang mengalami permasalahan pada kulit ketiak Anda ataupun Anda yang sedang bingung mencari-cari solusi bagaimana cara menghilangkan gatal pada ketiak secara alami, Anda bisa membacanya pada ulasan kami berikut ini. Berikut ulasannya.

CARA MENGHILANGKAN GATAL PADA KETIAK SECARA ALAMI

Menghilangkan gatal-gatal pada kulit ketiak tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Berikut beberapa cara menghilangkan gatal pada ketiak secara alami.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Ketiak Secara Alami
Cara Menghilangkan Gatal Pada Ketiak Secara Alami

Cara Menghilangkan Gatal Pada Ketiak Secara Alami Dengan Menggunakan Pakaian Yang Tepat

Gatal pada ketiak tidak jarang disebabkan oleh ruam kulit karena pengaruh negatif dari sabun, parfum atau deodorant yang tidak cocok dengan kulit Anda. Ruam kulit ditandai dengan warna kulit ketiak yang kemerah-merahan, gatal, bahkan tidak jarang mengelupas, menimbulkan rasa sakit dan menebarkan aroma yang tidak sedap. Jika kondisi tersebut yang terjadi, maka cara menghilangkan gatal pada ketiak secara alami yang pertama kali harus dilakukan adalah memperhatikan pakaian yang Anda kenakan.

Kenapa harus memperhatikan pakaian yang dikenakan? Sebab saat terjadi ruam kulit pada ketiak, terjadi iritasi folikel rambut yang disebut folikulitis yang dapat menimbulkan infeksi. Untuk mencegah agar folikulitis tidak sampai berkembang menjadi ruam, dan untuk menjaga ruam agar tidak sampai terinfeksi, pakaian yang Anda kenakan memiliki peranan.

Untuk itu, kenakan pakaian yang tidak terlalu ketat pada bagian ketiak, agar tidak menimbulkan gesekan antara pakaian dengan ketiak yang dapat menyebabkan iritasi. Pilih pakaian yang memungkinkan kulit bernapas, terutama di daerah beriklim hangat. Pastikan bahan yang digunakan untuk membuat pakaian tidak menimbulkan risiko alergi pada kulit, dan saat mencuci pakaian gunakan detergen yang lembut. Dengan memperhatikan pakaian yang Anda kenakan, secara tidak langsung Anda sudah menerapkan cara alami menghilangkan gatal pada ketiak.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Ketiak Secara Alami Hindari Mencukur Bulu Ketiak

Gatal pada ketiak yang disebabkan iritasi kulit dapat terjadi karena mencukur bulu ketiak. Hal tersebut karena setelah bulu dicukur, akan tumbuh bulu baru di bawah kulit, dan karena dua bulu tumbuh di satu tempat maka terjadi pergesekan pada kulit yang dapat menyebabkan iritasi bahkan infeksi. Jika memang tidak menginginkan bulu ketiak, gunakan waxing atau bahan yang dibuat khusus untuk menghilangkan bulu, sehingga kesehatan kulit ketiak senantiasa terjaga.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Ketiak Secara Alami Dengan Hindari Infeksi Jamur Ketiak

Tips alami menghilangkan gatal pada ketiak salah satu diantaranya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh agar terhindar dari infeksi jamur ketiak. Menjaga kebersihan tubuh sangat penting utamanya pada bagian ketiak, karena bagian ketiak merupakan tempat yang sangat cocok untuk berkembang biaknya jamur dan bakteri mengingat tempatnya yang gelap dan lembab.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Ketiak Secara Alami Dengan Menghentikan Penggunaan Produk yang Mengiritasi Kulit

Produk yang terkait langsung dengan bagian ketiak, seperti sabun, bedak atau deodorant dapat menjadi penyebab iritasi kulit yang menimbulkan rasa gatal dan ruam kulit, jika tidak cocok dengan jenis kulit Anda. Sehingga caramengatasi gatal pada ketiak secara alami, salah satu diantaranya adalah dengan tidak menggunakan produk yang dapat mengiritasi kulit.

Untuk itu, sebelum menggunakan produk-produk yang berhubungan dengan ketiak, cobalah terlebih dahulu menggunakan produk tersebut pada bagian tubuh lain, guna melihat reaksi kulit terhadap produk yang akan digunakan.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Ketiak Secara Alami Dengan konsumsi Vitamin E

Memperbanyak konsumsi vitamin E bisa menjadi cara mengusir gatal pada ketiak secara alami, karena vitamin E dapat menutrisi kulit sehingga kulit menjadi sehat, termasuk kulit pada bagian ketiak.

Selain itu, dengan mengkonsumsi vitamin E dua kali sehari atau sebanyak 300 IU/hari, proses regenerasi kulit pada bagian ketiak yang teriritasiakan lebih cepat, sehingga pengobatan pada bagian ketiak untuk menghilangkan jamur yang menyebabkan ruam pada kulit, hasilnya dapat lebih maksimal.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Ketiak Secara Alami Dengan mengompres Dengan Es Batu

Rasa gatal dan panas pada bagian ketiak selalu mengiringi mereka yang menderita ruam kulit ketiak. Untuk mengatasi rasa gatal dan panas tersebut, suhu dingin akan dapat menetralisir, bahkan mengurangi iritasi akibat panas yang berlebihan.

Karena itu, manfaatkan es batu sebagai kompres untuk menetralisir suhu panas dan rasa gatal. Caranya dengan membungkus beberapa buah es batu dengan handuk atau kain berbahan lembut. Tempelkan pada ketiak selama beberapa menit, istirahat sebentar, dan ulangi lagi. Lakukan cara ini beberapa kali sehari, namun jangan menempelkan es batu secara langsung pada kulit.

Jika sulit memperoleh es batu, dapat juga menggunakan kain lembut yang dicelupkan pada air dingin sebagai kompres. Namun, setelah selesai mengompres dengan air dingin, bersihkan bagian ketiak sampai benar-benar kering.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Ketiak Secara Alami Dengan menggunakan Kalium Alum, Soda Kue atau Alkohol

Beberapa bahan yang sebenarnya tidak untuk mengobati iritasi dan ruam kulit yang menjadi penyebab gatal pada ketiak, dapat dimanfaatkan sebagai salah satu caraalami mengatasi gatal pada ketiak. Beberapa bahan tersebut diantaranya adalah:

Kalium Alum

Kalium Alum merupakan mineral yang mempunyai sifat astringent serta antiseptic. Pada dasarnya bahan ini tidak untuk mencegah perpirasi, namun sangat efektif untuk dipakai mencegah pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab iritasi pada ketiak. Kalium Alum yang berbentuk padat ini dapat diperoleh di apotek-apotek dan toko-toko obat dengan harga yang sangat terjangkau.

Baking Soda

Baking soda lebih kita kenal sebagai bahan untuk membuat kue. Namun bahan ini juga dapat dipakai untuk mengatasi iritasi pada kulit ketiak dengan caramencampurkan baking soda sebanyak seperdelapan sendok teh dengan sedikit air dan oleskan pada bagian ketiak. Untuk mengeringkannya, gunakan kembali baking soda yang berbentuk bubuk dengan mengoleskannya pada bagian ketiak atau dapat juga dengan menggunakan tepung jagung.

Alkohol

Mengatasi ruam kulit pada bagian ketiak dapat juga dilakukan dengan memanfaatkan alkohol. Caranya dengan memasukkan isopropil alkohol pada botol semprot, dan semprotkan secara merata pada bagian ketiak. Jika tidak tahan dengan aroma alkohol yang menyengat, sebelum disemprotkan dapat ditambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti mint atau lavender, agar aroma yang ditebarkan menjadi harum.

Cara Menghilangkan Gatal Pada Ketiak Dengan Cepat
Cara Menghilangkan Gatal Pada Ketiak Dengan Cepat

Demikian sedikit informasi dari kami, semoga informasi yang kami sajikan ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Namun, jika cara-cara tersebut sudah Anda coba dan hasilnya tidaklah cepat membaik sebaiknya langsung periksakan diri Anda ke dokter sehingga Andapun dapat segera mendapatkan pengobatan yang tepat. Kami juga menyarankan, sebelum melakukan cara-cara tersebut diatas, sebaiknya Anda bertanya atau brkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Terimakasih sudah membaca.