Cara Menghilangkan Biang Keringat Di Jidat

Posted on

Cara Menghilangkan Biang Keringat Di Jidat – Biang keringat merupakan ruam kecil yang memiliki warna merah dan berbentuk menonjol. Biang keringat ini akan terasa gatal dan menyebabkan sensasi menyengat di bagian kulit. Biang keringat juga sering dikenal dengan nama miliaria. Jangan salah, biang keringat bukan hanya terjadi pada bayi, biang keringat juga bisa terjadi pada orang dewasa. Orang dewasa yang terkena biang keringat biasanya muncul di area leher, punggung, dada, dan jidat.

Nah sebagai seorang wanita, Anda tentu akan merasa risih jika pada daerah dahi atua jidat bermunculan biang keringat. Meskipun tidak berbahaya, tetap saja biang keringat akan mengganggu penampilan Anda.

Cara Menghilangkan Biang Keringat Di Jidat
Cara Menghilangkan Biang Keringat Di Jidat

Ya biang keringat akan merusak kulit wajah Anda yang tadinya bersih, putih, mulus menjadi bintik-bintik merah. Bagi Anda yang sedang kesal karena mengalami masalah seperti ini, jangan bingung karena pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang ara Menghilangkan Biang Keringat Di Jidat.

Cara menghilangkan biang keringat di jidat sebenarnya hampir sama dengan menghilangkan biang keringat di bagian tubuh lain. Biasanya biang keringat akan muncul beberapa hari sesudah Anda terkena paparan suhu panas. Sebelum masuk pada ulasan yang lebih jauh, yuk kita simak bersama jenis-jenis dari biang keringat.

Jenis Biang Keringat (Bintik Kecil Di Wajah Seperti Jerawat)

Ada beberapa jenis biang keringat yang dibagi menurut perbedaan dari tingkat keparahannya. Tanda dan gejala yang muncul pun bervariasi untuk masing-masing jenis. Berikut beberapa jenis biang keringat yang harus Anda tahu, antara lain :

  • Miliaria Kristalina. Miliaria Kristalina adalah biang keringat dengan jenis paling ringan, yakni hanya memengaruhi saluran keringat di lapisan kulit paling atas. Tanda serta gejala yang muncul ialah bintil berisi cairan dengan warna jernih serta mudah pecah. Biang keringat jenis ini memiliki rasa tidak gatal serta tidak terasa sakit.

 

  • Miliaria Rubra. Jenis ini muncul pada lapisan kulit lebih dalam serta terjadi di tubuh yang lembab dan panas. Tanda serta gejala kondisi ini ialah sensasi gatal disertai muncul bintil merah. Keringat juga berkurang di bagian yang terpengaruh. Kulit bisa mengalami inflamasi serta sakit karena keringat yang tidak dapat keluar dari kulit.

 

  • Miliaria Pustulosa. Kondisi ini merupakan perkembangan dari miliar rubra, bintil yang mengalami inflamasi berisi nanah.

 

  • Miliaria Profunda. Jenis biang keringat ini jarang terjadi dan berdampak di lapisan dermis. Biang keringat jenis ini memiliki sifat kronis dan sering kambuh. Kondisi ini sering dialami oleh orang dewasa yang sudah melakukan aktivitas fisik serta menghasilkan banyak keringat. Tanda yang muncul dari kondisi ini ialah bintil yang berwarna merah dengan ukuran besar dan keras.

 

Sebenarnya, biang keringat bukan kondisi yang membutuhkan penanganan medis tertentu. Biang keringat dapat pulih dengan sendirinya, Anda hanya perlu menghindari paparan panas dan mendinginkan kulit. Namun, segera temui dokter ketika biang keringat muncul cukup lama dan disertai dengan tanda-tanda infeksi.

Misalnya seperti demam, rasa sakit yang semakin lama semakin bertambah, nanah yang keluar dari bintil, hingga pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan dan ketiak.

Kondisi Penyebab Biang Keringat Untuk Menentukan Obat Biang Keringat Di Wajah

Setelah mengetahui jenis-jenis biang keringat, sekarang kita masuk pada informasi tentang penyebab dari biang keringat. Menghilangkan biang keringat di jidat bisa dilakukan dengan menghindari beberapa kondisi yang menyebabkan keringat terjebak di balik kulit. Berikut berbagai faktor yang bisa menyebabkan biang keringat, antara lain :

  • Tirah baring. Untuk pasien yang diwajibkan istirahat di ranjang dalam waktu lama bisa mengalami biang keringa.
  • Aktivitas fisik tertentu. Olahraga dan melakukan pekerjaan memerlukan aktivitas fisik yang berat sehingga bisa membuat keluarnya banyak keringat dan bisa menyebabkan biang keringat.
  • Kepanasan. Suhu lingkungan yang terlalu panas juga bisa menjadi penyebabnya.

Cara Menghilangkan Biang Keringat Di Jidat

Cara Menghilangkan Biang Keringat Di Wajah Orang Dewasa Secara Alami Dan Cepat
Cara Menghilangkan Biang Keringat Di Wajah Orang Dewasa Secara Alami Dan Cepat

Nah setelah mengetahui jenis dan penyebab biang keringat, kini saatnya kami akan mengulas tentang cara mengatasi biang keringat. Walaupun biang keringat di jidat bukan sebuah kondisi yang serius, namun tidak ada salahnya Anda menangani sesegera mungkin. Kondisi ini dapat ditangani sendiri di rumah dengan cara :

  • Hindari panas berlebihan dan tempat lembab. Paparan panas bisa membuat Anda banyak berkeringat dan menyebabkan ruam di jidat menjadi semakin parah. Pastikan banyak berteduh dan cari tempat dingin untuk menghindari panas. Minum banyak cairan sehingga terhindar dari dehidrasi.

 

  • Jaga kulit agar tetap dingin. Agar menurunkan keringat, mencuci muka bisa menjadikan wajah terasa sejuk dan menghindari keringat berlebihan.

 

  • Menggunakan krim hidrokortison. Cara menghilangkan biang keringat di jidat dengan efektif bisa juga menggunakan hidrokortison. Krim ini efektif untuk mengatasi bagian kulit yang terasa iritasi dan gatal.

 

  • Suplemen niacin. Niacin atau vitamin B3 merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga jaringan kulit. Anda bisa membeli suplemen ini untuk menyembuhkan biang keringat.

 

  • Lotion calamine. Lotion ini dapat Anda beli dengan bebas di toko obat terdekat. Lotion ini digunakan untuk membantu meredakan kulit yang sakit atau mengalami iritasi.

Obat Biang Keringat Untuk Orang Dewasa

Selain melakukan petunjuk di atas, cara menghilangkan biang keringat di jidat juga bisa menggunakan bahan alami, berikut berbagai macam bahan yang bisa Anda gunakan :

  • Madu. Cara menghilangkan biang keringat di jidat yang pertama menggunakan madu. Madu mempunyai banyak kandungan yang sangat baik di kulit, madu bisa digunakan sebagai pelembab alami serta humektan. Untuk bisa mengatasi biang keringat dengan menggunakan madu, Anda bisa mengoleskan madu secara langsung di area jidat, diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

 

  • Minyak jarak. Minyak jarak juga menjadi cara efektif, minyak jarak dipercaya bisa mengatasi masalah kulit dan mengontrol produksi minyak yang berlebihan. Anda dapat mengolesi jidat menggunakan minyak jarak sambil dipijat secara lembut.

 

  • Es batu. Biang keringat sering menyebabkan gatal, rasa gatal ini bisa Anda kurangi dengan menggunakan es batu. Gosokkan es batu di bagian kulit yang terkena biang keringat sehingga rasa gatal akan hilang.

 

  • Lidah buaya. Cara menghilangkan biang keringat di jidat berikutnya ialah memanfaatkan lidah buaya. Berbagai macam masalah kulit bisa dihilangkan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya bisa membuat kulit Anda menjadi lebih rileks, cara menggunakannya dengan mengoleskan gel lidah buaya di bagian jidat yang terkena biang keringat. Setelah 15 menit, bilas menggunakan air bersih.

 

  • Scrub oatmeal. Oatmeal dipercaya bisa dijadikan sebagai obat biang keringat. Campurkan oatmeal dan sedikit gula pasir. Setelah adonan tercampur dengan rata, oleskan pada jidat, tunggu beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih.

 

Punya masalah lain dengan kulit wajah Anda? Jangan ragu baca koleksi artikel kami berikut ini. Siapa tau cocok dan bisa menjadi solusi bagi masalah yang sedang Anda hadapi.

Biang keringat adalah penyakit kulit yang mengganggu, apalagi jika terjadi peradangan yang parah. Jika beberapa cara di atas sudah Anda lakukan dan biang keringat pada jidat tidak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter. Nah itulah beberapa cara mengatasi bian keringat pada dahi Anda. Semakin cepat Anda mengobati biang keringat, maka semakin mudah pula biang keringat bisa hilang dari wajah Anda. Jagalah kecantikan wajah Anda mulai dari sekarang! Sampai bertemu pada artikel kami yang lain ya…