Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Tradisional

Posted on

Setiap orang pasti menginginkan rambut tebal, hitam, dan berkilau. Rambut yang sehat adalah nilai tambah untuk menunjang penampilan, sebab enak dilihat dan menjadi pusat perhatian. Bahkan, bagi kaum pria, perempuan akan tampak lebih cantik jika memiliki rambut yang sehat, berkilau dan lebat.

Namun, bagaimana jika anda memiliki masalah rambut ronntok yang berlebihan? Rambut rontok adalah masalah bagi banyak orang, jadi bukan hanya anda saja yang harus menghadapinya. Rambut umumnya mencapai hingga 100 ribu helai, dan masih dikatakan normal jika per harinya terjadi kerontokan hingga 100 hilai. Nah, jika sudah lebih dari angka tersebut, maka anda harus mencoba cara mengatasi rambut rontok berlebihan.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan
Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Tradisional

Anda tidak bisa mengatasi masalah rambut rontok dalam sekejap. Dibutuhkan kecermatan untuk menyelesaikan masalah ini langsung pada akarnya. Ada beberapa tahap yang harus anda lalui jika ingin mencari tahu cara mengatasi rambut rontok berlebihan.

Rambut Rontok Secara Berlebihan? Cari Tahu Penyebabnya

Penyebab rambut rontok bermacam-macam. Bisa juga karena faktor keturunan, perubahan hormone, sedang hamil, lelah fisik dan mental dan infeksi di kulit kepala. Masalah lainnya yang memicu rambut rontok adalah karena terkena penyakit alopecia areata, penggunaan berbagai obat karena perawatan penyakit tertentu, masalah hipertiroid, karena penataan rambut seperti mengecat dan keramas berlebihan, atau bahkan rambut kekurangan nutrisi.

Mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu sangatlah penting. Misalnya, jika anda sedang hamil, dan rambut rontok begitu banyak, anda tidak perlu panik. Hal ini adalah normal, karena bisa disebabkan oleh dehidrasi, lelah, dan hormone yang tidak seimbang.

Dengan mencari tahu penyebabnya, maka akan lebih efektif bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi rambut rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Dengan Memperhatikan Kerusakan Rambut

Pada rambut rontok dan kering, diperlukan ketelitian tentang di bagian manakah rambut yang paling sering rontok. Daerah tersebut harus dicari. Daerah yang paling sering mengalami rambut rontok akan berujung pada penipisan rambut, sehingga mudah sekali untuk dicermati. Kemudian, anda harus memeriksa keadaan kulit kepala di sekitar area tersebut.

Ciri Rambut Rontok Berlebih Yaitu Perhatikan Berapa Banyak Helai Rambut Yang Rontok

Saat anda sedang menyisir, sedang keramas, sedang mandi, atau sedang bangun tidur, rambut rontok sering terjadi. Untuk itu, anda harus mencermati jumlah rambut yang rontok, adakah semakin bertambah setiap harinya atau tidak.

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan Karena Faktor Medis

Kenyataannya, masalah rambut rontok yang begitu berlebihan bisa diselesaikan dengan mengetahui faktor medis yang sedang terjadi. Anda harus memeriksakan bagaimana kondisi fisik atau medis lainnya, apakah mempengaruhi kesehatan rambut yang sering rontok atau tidak.

Berkonsultasilah dengan dokter, sebab saat rambut sering rontok dan dalam jumlah yang begitu banyak, bisa jadi karena pertanda bahwa ada masalah kesehatan yang tidak disadari.

Cara Merawat Rambut Rontok Berlebih Dengan Memperhatikan Cara Menyisir

Rambut rontok berlebihan bisa juga terjadi akibat kurang memperhatikan cara menyisir. Cara mengatasinya adalah dengan mencoba menyisir secara hati-hati. Anda sebaiknya tidak menyisir rambut yang masih dalam kondisi basah. Dalam kondisi demikian, rambut jadi mudah patah sehingga malah sering rontok.

Sisir bergigi sangat efekfif untuk mencegah rambut rontok, sebab dapat mengurangi kekusutan. Gunakan sisir biasa jika anda hanya ingin merapikan rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mengetahui Cara Mengeringkan Rambut Yang Benar

Jika rambut anda sering rontok, terutama setelah mandi, pastikan bahwa anda tidak melewatkan prosedur yang salah, terutama ketika sedang mengeringkan rambut. Setelah keramas, rambut yang ingin dikeringkan dengan menggunakan handuk sbaiknya digosok secara perlahan.

Sebab, menggosok rambut terlalu cepat dan kasar dapat membuat rambut menjadi rontok. Pemilihan handuk juga sangat penting. Sebaiknya anda menggunakan handuk yang lembut dan dapat menyerap air dengan maksimal.

Salah Satu Solusi Rambut Rontok Yaitu Sering Membersihkan Sisir

Jika masalah rambut rontok terjadi kareana danya infeksi di bagian kulit kepala, bisa jadi karena anda kurang memperhatikan kebersihan sisir. Sisir anda harus dibersihkan setiap minggunya. Cara ini penting untuk menghindari sisir yang kotor dan malah berbakteri yang dapat memicu masalah infeksi. Bersihkan sisir dengan benar yaitu dengan menggunakan air, sabun, dan juga sikat. Anda bisa mencuci dan membersihkan sisir saat mandi.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Menggunakan Perawatan Hot Oil

Perawatan hot oil sangat berguna untuk anda yang ingin mengatasi masalah rambut rontok. Ada banyak minyak nabati yang bisa anda gunakan seperti minyak kemiri yang bagus untuk rambut rontok dan rambut botak, minyak almon, minyak zaitun yang juga bagus untuk rambut anak, serta minyak alpukat yang menggunakan manfaat alpukat untuk rambut rontok.

Selain minyak-minyak tersebut, anda juga bisa menggunakan minyak kelapa dengan manfaat VCO untuk rambut bayi dan anak.

Cara menggunakannya adalah dengan menggunakan minyak tersebut tetapi sudah dipanaskan. Kemudian, pijat di area kulit kepala secara lembut. Cara ini bisa dilakuan satu minggu dua kali. Cara ini dipercaya dapat memperlancar sirkulasi darah di area kepala sehingga folikel rambut pun tetap aktif, memberi nutrisi pada rambut, dan memperkuat akar rambut agar tidak mudah rontok.

Itulah beberapa informasi tentang cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan tradisional dan secara alami. Semoga bermanfaat!