Cara Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas

Cara Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas – Mungkin sebagian dari Anda khususnya para wanita pernah mengalami hal seperti ini, disaat penting dan Anda terburu-buru Anda harus berpenampilan yang maksimal untuk presentasi atau bertemu klien tetapi rambut Anda terasa sangat lepek dan Anda lupa berkeramas sore harinya. Tentunya hal tersebut membuat penampilan dan hari Anda terasa menjengkelkan hanya karena rambut yang lepek.

Jika hal tersebut terjadi, Anda tidak perlu bingung dan khawatir lagi. Anda bisa mengikuti beberapa tips dan cara mengatasi rambut lepek tanpa keramas yang akan kami bagikan pada kesempatan kali ini. Jadi, bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana dan apa saja berikut ini kami berikan ulasannya.

CARA MENGATASI RAMBUT LEPEK TANPA KERAMAS

Cara Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas
Cara Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas

Bagi Anda yang malas berkeramas atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk membasahi rambut Anda dengan sampo, mungkin cara-cara berikut ini bisa Anda coba lakukan untuk menghindari dan mengatasi rambut lepek yang menjengkelkan. Berikut beberapa cara mengatasi rambut lepek tana keramas yang bisa kami bagikan untuk Anda.

Menggunakan Kertas Minyak

Untuk mengatasi rambut lepek dapat menggunakan benda yang umumnya ada di dalam tas Anda salah satunya adalah kertas minyak. Ya, kertas minyak yang biasa digunakan untuk mengusap ekses atau kelebihan minyak di wajah, ternyata juga dapat dipakai untuk menyerap minyak di rambut Anda.

Cukup dengan mengusapkan atau menempelkan kertas minyak ke bagian rambut yang berminyak, dan menyisir rambut secara perlahan, maka Anda sudah dapat mengatasi rambut yang lepek dalam waktu yang singkat. Cara mengatasi rambut lepek tanpa keramas ini patut dicoba, terlebih apabila Anda mempunyai rambut berminyak, dan tidak mempunyai banyak waktu untuk berkeramas menghilangkan kesan lepek.

Memakai Tisu Basah (Wet Tissue)

Barang lain yang seringkali dibawa oleh kaum perempuan, yang dapat dipakai untuk menyiasati penampilan agar rambut tidak terlihat berminyak, adalah tisu basah. Cara pemakaiannya hampir sama dengan kertas minyak, yaitu dengan menepuk tisu secara perlahan di bagian rambut yang lepek.

Manfaatkan Tisu Basah Untuk Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas
Manfaatkan Tisu Basah Untuk Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas

Kandungan di dalam tisu basah dapat menyerap minyak di rambut, tapi perlu diingat, jangan terlalu banyak menggunakan tisu basah. Selain pemborosan, hal ini justru dapat menyebabkan rambut Anda terasa kering. Setelah lepek berkurang, sebaiknya Anda merapikan rambut dengan cara menyisirnya secara perlahan, agar mencegah kerontokan, dan tidak merusak tatanan rambut Anda.

Memanfaatkan Pembersih Tangan (Hand Sanitizier)

Solusi mengatasi rambut lepek tanpa keramas selanjutnya adalah dengan memanfaatkan pembersih tangan. Kandungan alkohol dalam cairan pembersih tangan ini tidak hanya berguna untuk mematikan kuman, maupun bakteri, tetapi juga bisa menghilangkan minyak pada rambut.

Menggunakan Hand Senitizer
Menggunakan Hand Senitizer

Caranya ialah dengan menuangkan beberapa tetes cairan pembersih tangan pada telapak tangan Anda, kemudian secara perlahan, gosokkan pada rambut bagian yang lepek. Namun, sebaiknya hanya menggunakan secukupnya saja, karena kandungan alkohol yang terlalu banyak dapat menjadikan rambut Anda terasa kering.

Mengusapkan Bedak Bayi

Bedak bayi juga bisa digunakan untuk menyiasati rambut lepek secara praktis. Prinsip penggunaan bedak bayi dalam mengurangi minyak di rambut, sebenarnya hampir sama dengan shampo kering (dry shampoo) yaitu menggunakan bubuk kering untuk menyerap minyak berlebih di kulit kepala, yang dapat menyebabkan rambut Anda terlihat lepek.

Langkah penggunaannya adalah sebelum menaburkan, sebaiknya Anda memastikan rambut Anda dalam kondisi kering, dan bersih. Anda dapat menggunakan pengering rambut atau handuk untuk mengeringkan rambut dari air.

Lalu, taburkan sedikit bubuk bedak ke telapak tangan, dan tepukkan ke bagian rambut yang dirasa berminyak. Tunggu sekitar 15 menit, agar bubuk bedak bayi bekerja menyerap produksi minyak di kulit kepala. Setelah itu, Anda hanya perlu menghilangkan jejak-jejak taburan yang terlihat, dan merapikan rambut Anda, tentunya dengan cara menyisirnya secara perlahan ya.

Oh iya, cara ini hanya efektif digunakan dalam satu hari, tetapi tidak disarankan untuk dilakukan secara berulang. Hal ini dikarenakan bubuk bedak bayi yang menempel di kulit kepala, dapat menyumbat keluarnya keringat.

Semprotkan Sampo Kering

Selain jenis sampo yang harus dibilas, ada juga jenis sampo kering, yaitu cukup disemprot, dan tidak perlu dibilas menggunakan air, sehingga penggunaannya lebih praktis. Cara kerja sampo kering dalam mengatasi rambut lepek, hampir sama dengan bedak bayi.

Dry Shampoo Atau Sampo Kering
Dry Shampoo Atau Sampo Kering

Pastikan kulit kepala Anda dalam kondisi kering dari air, lalu sisir rambut Anda secara perlahan, hingga tidak ada yang kusut. Hal ini dilakukan agar semprotan sampo kering dapat menjangkau ke bagian rambut yang diinginkan.

Setelah itu, bagi rambut Anda menjadi beberapa bagian, untuk memudahkan dalam menyemprotkan sampo. Tips agar semprotan dapat merata, adalah jangan menyemprotkan sampo dalam jarak yang terlalu dekat dengan rambut, dan langsung menyisir rambut, segera setelah diberi sampo kering. Biarkan rambut selama 5 – 10 menit, lalu tepuk-tepuk rambut untuk menghilangkan taburan bubuk yang masih melekat di rambut.

Bila Anda terburu-buru, Anda dapat menggunakan pengering rambut untuk menghilangkan sisa bubuk yang masih tertinggal. Perlu Anda ingat jika menggunakan cara ini untuk mengurangi kelepekan rambut, maka sebaiknya pemakaian sampo kering dibatasi selama tiga hari berturut turut.

Menggunakan Tisu Kering Atau Paper Towel

Nah, untuk trik mengatasi rambut lepek tanpa keramas yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan benda yang dapat ditemui hampir dimana saja, yaitu tisu kering. Kiat mengurangi kelepekan rambut dengan tisu kering adalah ambil tisu, dan susun secara berlapis.

Paper Towel Juga Bisa Mengatasi Rambut Lepek
Paper Towel Juga Bisa Mengatasi Rambut Lepek

Cara ini dilakukan agar penyerapan minyak berlebih di kulit kepala dapat lebih optimal. Kemudian, Anda cukup menempelkan atau menepuk nepuk tisu pada bagian rambut yang berminyak. Setelah itu, jangan lupa memastikan agar tidak ada serat-serat tisu yang tertinggal di rambut.

Memanfaatkan Jeruk Nipis Untuk Mengurangi Minyak Di Rambut.

Meskipun cara mengatasi rambut lepek ini cenderung kurang praktis dibanding dengan cara lain, tetapi mempunyai manfaat yang lebih baik. Selain dapat mengatasi kelepekan di rambut, kandungan air jeruk nipis juga dapat menutrisi rambut.

Manfaat air jeruk nipis dalam menghilangkan lepek pada rambut, dapat diperoleh dengan cara memeras jeruk nipis, hingga memperoleh air perasaan yang sekiranya Anda anggap cukup. Kemudian, campurkan air perasan jeruk nipis, dengan air bersih.

Bisa Juga Memanfaatkan Jeruk Nipis Untuk Mengatasi Rambut Lepek
Bisa Juga Memanfaatkan Jeruk Nipis Untuk Mengatasi Rambut Lepek

Anda dapat mengira-kira takaran air bersih yang digunakan untuk mencampur, setidaknya mencukupi untuk membilas rambut Anda. Setelah campuran perasan jeruk nipis telah jadi, Anda dapat langsung menggunakannya, dengan membilas ke kulit kepala dan rambut Anda secara merata.

Diamkan selama 5-10 menit, lalu guyur dengan air bersih. Yang perlu diperhatikan jika Anda melakukan tips ini adalah jika kulit kepala Anda tergolong sensitif, maka campuran perasan jeruk nipis cukup diratakan di batang atau ujung rambut, dan jangan sampai mengenai kulit kepala.

Demikianlah beberapa informasi seputar cara mengatasi rambut lepek tanpa keramas yang bisa kami bagikan untuk Anda semuanya. Semoga cara ini bermanfaat dan bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan rambut lepek yang bisa saja merusak hari Anda. Terimakasih sudah membaca.