Cara Mengatasi Rambut Berminyak, Lepek Dan Bau Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Berminyak, Lepek Dan Bau Secara Alami – Bagi seorang wanita, rambut merupakan salah satu aset yang berharga bagi kecantikan. Memiliki rambut yang hitam, lebat, panjang, tergerai dan tidak kusut tentu menjadi dambaan banyak wanita. Bagi wanita, rambut memang merupkan mahkota yang harus selalu dijaga baik kesehatan maupun kebersihannya.

Permasalahannya ialah tidak semua orang dengan mudah bisa memiliki rambut yang indah. Banyak wanita yang sering bermasalah dengan rambut mereka. Mulai dari masalah rambut berminyak, lepek, hingga rambut yang bau. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang Cara Mengatasi Rambut Berminyak, Lepek Dan Bau Secara Alami. Simak solusinya disini.

Rambut berminyak bisa menjadi penyebab munculnya masalah rambut yang lain. Tapi masalah yang paling umum ditimbulkan dari rambut berminyak ialah rambut menjadi lepek dan berbau tidak sedap.

CARA MENGATASI RAMBUT BERMINYAK, LEPEK, DAN BAU SECARA ALAMI

Rambut yang lepek tentu tidak indah dilihat. Kelebihan minyak yang diproduksi oleh kulit kepala akan membuat banyak kotoran dan debu mudah menempel pada rambut. Keringat yang keluar dari kulit kepala juga bisa membuat keadaan rambut menjadi makin parah. Itulah sebabnya biasanya rambut yang berminyak juga baunya tidak sedap.

Cara Mengatasi Rambut Berminyak, Lepek Dan Bau Secara Alami
Cara Mengatasi Rambut Berminyak, Lepek Dan Bau Secara Alami

Biasanya rambut yang lepek akan terlihat mengkilap. Meskipun tampak mengkilap, kilapnya tidak berkilau seperti rambut sehat. Rambut yang lepek justru kelihatan kusam dan juga lengket. Jika dipegang, rambut lepek akan terasa licin dan sulit untuk memisahkan helai rambut karena banyaknya minyak yang diproduksi.

PENYEBAB RAMBUT BERMINYAK DAN LEPEK YANG SERING DILAKUKAN TAPI KITA TIDAK SADAR

Sebelum masuk pada ulasan cara mengatasi rambut berminyak, lepek, dan bau secara alami ada baiknya kita mengetahui beberapa penyebab rambut menjadi berminyak.

Jarang Keramas – Penyebab Rambut Berminyak

Aktivitas harian yang padat seringkali membuat rambut menjadi kotor. Ditambah lagi kegiatan diluar ruangan dan panasnya matahari membuat rambut berkeringat. Debu, kotoran dan keringat yang menjadi satu bisa membuat rambut menjadi cepat berminyak, lepek, dan bau tidak sedap.

Jarang Keramas Dapat Membuat Rambut Menjadi Berminyak, Lepek, Dan Bau
Jarang Keramas Dapat Membuat Rambut Menjadi Berminyak, Lepek, Dan Bau

Salah Memilih Sampo – Penyebab Rambut Berminyak

Saat ini ada berbagai macam jenis sampo yang dijual dipasaran. Masing-masing jenis sampo dibuat dengan formula masing-masing sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Nah, memilih sampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut juga bisa membuat kulit kepala menghasilkan minyak berlebih.

Mengikat Rambut Ketika Basah – Penyebab Rambut Berminyak

Banyak wanita biasanya mengikat rambutnya setelah keramas meskipun rambut mereka belum kering benar. Kebiasaan ini tidak tepat karena membuat rambut tidak bisa bernafas. Terlebih lagi rambut yang basah akan membuat keadaan rambut menjadi semakin lembab dan kulit kepala makin berminyak.

Penyebab Rambut Lepek Antara Lain Karena Sering Mengikat Rambut Dalam Keadaan Basah
Penyebab Rambut Lepek Antara Lain Karena Sering Mengikat Rambut Dalam Keadaan Basah

Makanan Berlemak – Penyebab Rambut Berminyak.┬áRambut yang berminyak dapat disebabkan oleh makanan yang tidak tepat. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berminyak seperti gorengan ataupun makanan berlemak seperti santan, dapat membuat produksi minyak dikulit kepala Anda meningkat. Apalagi jika Anda memiliki jenis kulit yang berminyak.

Sinar Matahari – Penyebab Rambut Berminyak

Jika Anda sering bekerja atau melakukan kegiatan diluar ruangan, waspadalah terhadap sinar matahari. Panas matahari akan membuat kulit kepala menjadi kering. Hal ini memicu kulit kepala memproduksi minyak yang lebih banyak untuk melindungi rambut dan kulit kepala dari kekeringan.

Genetik – Penyebab Rambut Berminyak

Kulit kepala dan rambut yang berminyak juga bisa disebabkan karena faktor genetik atau turunan. Jika kedua orang tua Anda atau ada salah satunya yang memiliki jenis rambut berminyak, kemungkinan Anda juga akan memiliki jenis rambut yang berminyak.

Rambut Berminyak Dan Lepek Juga Bisa DIsebabkan Karena Faktor Keturunan
Rambut Berminyak Dan Lepek Juga Bisa DIsebabkan Karena Faktor Keturunan

Stress – Penyebab Rambut Berminyak

Terlalu banyak beban pikiran bisa menyebabkan stress. Nah, stress juga bisa mengganggu produksi hormon dalam tubuh. Ketidakstabilan hormon dapat memicu terjadinya produksi minyak berlebih dirambut dan kulit kepala sehingga rambut menjadi lepek dan bau.

CARA MENGATASI RAMBUT BERMINYAK, LEPEK DAN BAU SECARA ALAMI

Diatas sudah dijelaskan tentang penyebab rambut berminyak dan lepek. Sebagian besar penyebabnya ialah hal sederhana yang sering kita lakukan. Nah, pertanyaan selanjutnya ialah bagaimana cara mengatasi rambut berminyak dan lepek tersebut? Berikut ini kami berikan solusinya. Simak ya.

Rutin Keramas – Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Agar rambut tidak lepek, pastikan Anda memperhatikan kebersihan rambut. Berkeramaslah paling tidak 2 hari sekali, apalagi jika Anda memiliki aktivitas yang tinggi di luar ruangan. Perhatikan pula shampoo yang Anda pakai. Pastikan sesuai dengan jenis rambut Anda. Jika Anda merasa ragu, hubungi pusat kecantikan dan perawatan rambut terdekat untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Menghilangkan Minyak Pada Rambut Dengan Rajin Keramas
Menghilangkan Minyak Pada Rambut Dengan Rajin Keramas

Kondisioner – Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Dipasaran banyak dijual shampoo yang sekaligus mengandung kondisioner. Meskipun kelihatan lebih komplet, lebih baik Anda menghindari untuk menggunakan produk tersebut. Alasannya ialah ada yang mengatakan bahwa hair conditioner justru bisa meningkatkan produksi minyak pada rambut.

Makanan Bergizi – Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Mengontrol makanan yang dikonsumsi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Cara mengatasi rambut berminyak yang selanjtunya ialah dengan menghindari makanan berminyak atau berlemak. Menghindari jenis makanan tersebut dapat mengurangi kadar minyak pada rambut Anda dan kulit kepala. Gantilah makanan tersebut dengan lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah.

Jeruk Nipis – Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Buah yang tinggi kandungan vitamin C ini ternyata baik untuk memperbaiki rambut yang rusak. Cara mengatasi rambut berminyak yang selanjutnya ialah menggunakan jeruk nipis. Setelah keramas, Anda bisa menggunakan air perasan jeruk nipis untuk dioleskan keseluruh rambut dengan merata. Air perasan jeruk nipis dapat berperan sebagai pengganti kondisoner.

Strawbery Dan Lemon – Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Baik buah lemon maupun strawberry keduanya adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi. Cara alami mengatasi rambut berminyak dengan strawberry dan lemon sangat mudah. Siapkan masing-masin buah secukupnya. Lalu belahlah masing-masing buah menjadi 2 bagian. Oleskan sisi belahan dari buah tersebut pada kulit kepala selama beberapa menit. Kemudian bilas kulit kepala dan rambut Anda hingga bersih. Jika repot, Anda boleh menggunakan salah satu buah saja.

Lidah Buaya – Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Cara mengobati kulit kepala dan rambut berminyak dan lepek yang selanjutnya ialah menggunakan lidah buaya. Tanaman yang bisa memberikan rasa dingin ini mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan rambut, misalnya vitamin E, C, A, dan B. Carilah daun lidah buaya yang cukup besar. Potong lalu gosokan gel lidah buaya pada kulit kepala Anda setiap hari.

Lidah Buaya Juga Efektif Mengatasi Minyak Pada Rambut Yang Lepek
Lidah Buaya Juga Efektif Mengatasi Minyak Pada Rambut Yang Lepek

Minyak Jojoba – Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Rambut yang berminyak tentu pada akhirnya akan menjadi lepek. Nah, rambut yang lepek biasanya menjadi mudah patah serta rentan terhadap kerontokan. Sambil Anda mengatasi masalah rambut berminyak dengan bahan-bahan yang lain, jojoba oil ini akan melindungi rambut Anda dari kerontokan dan masalah rambut patah.

Daun Teh Hijau – Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Ada yang mengatakan bahwa teh hijau mengandung tannic acid. Peran dari tannic acid ini dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit. Oleh karena itu daun teh dipercaya dapat mengurangi produksi minyak pada kulit kepala. Selain itu, daun teh hijau juga bisa membuat rambut Anda menjadi berkilau.

Bedak – Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Cara mengatasi rambut berminyak yang terakhir ialah dengan menggunakan bedak. Cara ini tapi akan membuat rambut Anda menjadi sedikit kotor. Taburkan bedak secukupnya pada rambut Anda dan biarkan selama beberapa waktu. Setelah itu Anda dapat membersihkan rambut dari bedak dengan cara menyisir rambut Anda. Banyak yang sudah membuktikan bahwa bedak dapat mengurangi produksi minyak pada kulit kepala dan rambut.

CARA MENCEGAH RAMBUT LEPEK DAN BERMINYAK

Pada pembahasan sebelumnya telah kita simak bersama tentang bagaimana cara mengatasi rambut berminyak dan lepek. Namun yang namanya rambut berminyak bisa saja muncul kembali. Tidak ingin rambut Anda terlihat lepek dan kusam? Yuk ketahui cara mencegah rambut lepek dan berminyak kembali.

Keramas – Cara Mencegah Rambut Lepek Dan Berminyak

Bagi sebagian orang, mandi dan keramas merupakan hal yang tidak menyenangkan. Bagi Anda yang merasa demikian, segeralah untuk merubah kebiasaan buruk tersebut. Setelah beraktivitas serharian, rambut tentu menjadi kotor baik karena keringan, debu, polusi maupun kotoran. Oleh karena itu agar rambut tidak kembali lepek, sebaiknya Anda membersihkan rambut secara rutin dengan berkeramas 2 hari sekali atau sesuai kebutuhan.

Sampo – Cara Mencegah Rambut Lepek Dan Berminyak

Banyak wanita yang tidak merasa bahwa sampo yang mereka gunakan sebenarnya tidak cocok dengan jenis rambut yang dimiliki. Oleh karena itu pastikan Anda tidak salah dalam memilih dan memakai sampo. Hal ini juga berlaku jika Anda menggunakan produk perawatan rambut yang lain seperti kondisioner. Berhati-hatilah terhadap produk yang mengandung lauryl sulfate, dioxane atau propylene glycol karena dapat merangsang produksi minyak berlebih pada kulit kepala.

Ikat Rambut – Cara Mencegah Rambut Lepek Dan Berminyak

Agar rambut tidak menjadi lepek dan berminyak kembali, sebaiknya hindari untuk mengikat rambut baik saat rambut masih basah maupun sudah kering. Agar dapat tumbuh dengan sehat, rambut juga perlu bernafas. Jadi hindari mengikat rambut karena dapat membuat minyak menyatu dengan helai rambut. Sehingga rambut menjadi lepek dan kusam.

Makanan – Cara Mencegah Rambut Lepek Dan Berminyak

Seperti kita ketahui bersama, bahwa mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebihan dapat membuat rambut menjadi berminyak. Hal yang sama juga berlaku dengan makanan yang berlemak. Oleh karena itu pastikan Anda mengontrol menu makanan Anda. Hindari mengkonsumsi makanan berminyak atau berlemak dalam jumlah banyak agar rambut tidak lepek.

Hair Dryer – Cara Mencegah Rambut Lepek Dan Berminyak

Jauhi kebiasaan mengeringkan rambut menggunakan alat pengering rambut atau hair dryer. Sebaiknya pilihlah cara alami, yakni mengeringkan rambut dengan cara diangin-anginkan. Jika situasi memaksa Anda menggunakan hair dryer, Anda bisa memilih untuk menggunakan suhu paling rendah. Pastikan pula jarak antara hair dryer dan rambut tidak terlalu dekat.

CARA MENGATASI RAMBUT BERMINYAK SECARA ALAMI HINDARI HAL-HAL INI!

Selain tips mencegah rambut lepek kembali, masih ada beberapa hal lain yang sebenarnya wajib untuk dihindari jika Anda tidak ingin rambut tampak berminyak dan lepek. Apa saja hal-hal tersebut? Kita simak bersama yang berikut ini.

Air Hangat – Cara Mengatasi Rambut Berminyak Secara Alami

Tentunya ada sebagian perempuan yang entah karena alasan apa, tetapi mereka berkeramas menggunakan air hangat. Jika Anda salah satunya, pertimbangkanlah untuk merubah kebiasaan tersebut. Membilas rambut menggunakan air hangat saat keramas menyebabkan kulit kepala menjadi berminyak dan rambut pun menjadi lepek.

Sering Keramas Dengan Air Hangat Bisa Membuat Kulit Kepala Memproduksi Minyak Berlebih
Sering Keramas Dengan Air Hangat Bisa Membuat Kulit Kepala Memproduksi Minyak Berlebih

Sering Menyisir Rambut – Mengatasi Rambut Berminyak

Cara mengatasi rambut berminyak yang selanjutnya ialah dengan menghindari menyisir rambut terlalu sering. Entah bagaimana penjelasannya, namun banyak yang mengatakan bahwa sering menyisir rambut dapat membuat kulit kepala menjadi lebih berminyak.

Gaya Dan Warna Rambut – Tips Mengatasi Rambut Berminyak

Anda senang mewarnai rambut? Atau berganti-ganti gaya rambut? Seperti meluruskan rambut atau mengeriting rambut? Baik merwarnai rambut ataupun mengeriting rambut keduanya dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit kepala dan rambut Anda. Tak ingin rambut lepek kembali? Hindari kedua hal tersebut ya!

Sinar Matahari Dan Polusi – Cara Mengobati Rambut Lepek

Seperti kita ketahui bersama, untuk melindungi rambut dari panas sinar matahari maka kulit kepala mengeluarkan minyak untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap lembab. Pada akhirnya minyak yang dihasilkan tersebut justru membuat banyak debu dan kotoran yang menempel dan bercampur keringat sehingga membuat rambut jadi semakin lepek.

Sinar Matahari Bisa Menjadi Penyebab Rambut Menjadi Lepek
Sinar Matahari Bisa Menjadi Penyebab Rambut Menjadi Lepek

Untuk mencegah rambut menjadi bermiyak dan lepek, lebih baik Anda melindungi rambut Anda dari terik sinar matahari lansung. Cara lainnya ialah sebisa mungkin hindari kegiatan diluar ruangan antara jam 10 siang hingga jam 3 sore. Apabila terpaksa, pakailah pelindung kepala seperti payung atau topi.

Produk Perawatan Rambut – Tips Mengatasi Rambut Lepek

Agar rambut menjadi sehat dan indah, banyak wanita menggunakan produk perawatan rambut. Padahal banyak produk tersebut menggunakan bahan-bahan kimia. Nah, agar rambut terhindar dari minyak berlebih, ada baiknya Anda menghindari produk-produk perawatan rambut seperti pelembut rambut, pelembab atau kondisioner, ataupun penutrisi rambut.

Jika Anda tetap ingin menggunakannya, lebih baik Anda memilih menggunakan produk yang dibuat dengan 90% bahan alami. Dan pastikan Anda menggunakannya secukupnya saja agar tidak memicu produksi minyak berlebih.

CARA MENGATASI RAMBUT BERBAU TIDAK SEDAP

Rambut yang berminyak dan lepek biasanya juga sering mengeluarkan bau tidak sedap. Bagaimana tidak, minyak pada rambut bercampur dengan keringat dan juga debu, polusi, maupun kotoran yang lain. Oleh karena itu, berikut ini akan kami berikan informasi tentang cara mengatasi rambut berbau tidak sedap yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Air Putih – Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Rambut

Dengan mencukupi kebutuhan air putih Anda sehari-hari, maka tubuh bisa terhindar dari dehidrasi. Begitu pula dengan kulit kepala Anda. Minum banyak air putih dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Begitu juga dengan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu dengan mencukupi kebutuhan air pada tubuh, Anda dapat mengurangi bau tidak sedap yang ditimbulkan oleh keringat dari kulit kepala Anda.

Cukupi Kebutuhan Air Putih Dalam Tubuh Untuk Mengurangi Minyak Pada Rambut
Cukupi Kebutuhan Air Putih Dalam Tubuh Untuk Mengurangi Minyak Pada Rambut

Tomat – Tips Alami Menghilangkan Bau Pada Rambut

Buah berwarna merah yang juga tinggi kandungan vitamin C ini ternyata juga mampu menghilangkan bau apek pada rambut. Caranya ialah sediakan buah tomat yang sudah masak. Lalu haluskan, boleh diblender atau ditumbuk. Gunakan masker tomat ini pada rambut Anda. Oleskan hingga merata dan diamkan sekitar 15 menit. Kemudian bilas rambut menggunakan air dingin hingga benar-benar bersih.

Kulit Jeruk – Cara Mengatasi Bau Tak Sedap Di Rambut Dan Kulit Kepala

Bagi yang belum tau, kulit jeruk juga efektif mengusir bau tidak enak dari rambut Anda. Caranya, siapkan kulit jeruk yang masih segar dan cucilah terlebih dahulu. Iris-iris kulit jeruk tersebut, lalu rebus hingga mendidih. Gunakan air rebusan kulit jeruk tersebut untuk mencuci rambut Anda. Kini rambut pun bebas dari bau tidak sedap.

Minyak Lavender – Menghilangkan Rambut Dari Bau Tidak Enak

Beberapa orang menyarankan untuk menggunakan minyak lavender setelah Anda selesai keramas. Jadi, sehabis keramas keringkan rambut sampai kering. Kemudian oleskan minyak lavender pada rambut Anda dengan merata. Sambil dioleskan, berikan pijatan lembut agar minyak lavender meresap kedalam kulit kepala. Minyak lavender katanya dapat mengatasi jamur da bakteri yang bisa menimbulkan bau tidak sedap pada rambut.

Minyak Lavender Bermanfaat Menghilangkan Produksi Minyak Berlebih Pada Rambut Anda
Minyak Lavender Bermanfaat Menghilangkan Produksi Minyak Berlebih Pada Rambut Anda

Keramas – Tips Menghindari Bau Tidak Sedap Pada Rambut

Seperti bagian tubuh yang lain, rambut juga harus dibersihkan dan dicuci dengan rutin. Apalagi jika Anda memiliki banyak kegiatan diluar rumah, tentu rambut jadi mudah lepek karena terkena keringat, minyak, dan debu. Tak jarang rambut mengeluarkan bau tidak enak. Rajin keramas dapat menjadi solusi yang tepat. Berkeramaslah minimal 2 hari sekali. Dan pastikan Anda memakai sampo yang sesuai dengan jenis rambut yang Anda miliki.

Kontrol Makan – Cara Mengatasi Rambut Yang Bau Apek Secara Alami

Makanan yang tidak tepat juga bisa menimbulkan bau badan dan juga bau rambut. Hindari jenis makanan tersebut, misalnya makanan yang dibuat dari aneka rempah, bawang-bawangan, dll. Sebaiknya hindari juga makanan pedas karena dapat membuat kulit kepala Anda mengeluarkan keringat. Keringat yang bercampur dengan debu dirambut Anda bisa dengan mudah memunculkan aroma tidak sedap.

Demikianlah tadi ulasan lengkap cara mengatasi rambut berminyak, lepek, dan bau secara alami. Semoga artikel ini bermanfaat dan pastinya membuat penampilan Anda lebih cantik dan percaya diri. Mari kunjungi koleksi artikel kami lainnya untuk memperoleh informasi yang bermutu tentang cara merawat rambut. Kami ulas hanya untuk Anda!