5 Cara Mengatasi Kegemukan Karena KB Suntik

Cara Mengatasi Kegemukan Karena KB Suntik – Sebagai wanita yang sudah berumah tangga, biasanya KB menjadi pilihan untuk membatasi jumlah anak. Dengan mengikuti program KB atau Keluarga Berencana maka keluarga dapat mengatur reproduksi keluarga. Dengan mengatur kehamilan, harapannya pasangan suami istri bisa hidup lebih sejahtera. Selain bisa mengatur segi finansial dengan lebih baik, tiap keluarga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan putra putri mereka.

Melihat hal tersebut, memang sangat banyak manfaat dari mengikuti program KB ini. Namun seringkali banyak wanita yang enggan untuk ikut program Keluarga Berencana. Alasannya ialah karena kebanyakan wanita atau ibu rumah tangga yang ikut KB bentuk tubuhnya menjadi melar alias gemuk. Nah, bagi Anda yang mengalami hal ini atau sedang galau untuk mengikuti program KB, yuk baca dulu ulasan Cara Mengatasi Kegemukan Karena KB Suntik ini. Pastikan Anda menyimak sampai selesai.

Cara Memilih KB Agar Tidak Gemuk
Cara Memilih KB Agar Tidak Gemuk

Di Indonesia, program KB atau keluarga berecana sangat identik dengan pemberian pil KB dan suntik KB. Kedua media tersebut adalah media yang sangat umum untuk mengikuti program KB. Namun apakah benar mengikuti KB bisa membuat tubuh melar?

CARA MENGATASI KEGEMUKAN KARENA KB SUNTIK

Bagi wanita Indonesia, tentu banyak yang memiliki pertanyaan tentang seperti apa tips KB suntik agar tidak gemuk? Atau mungkin ada yang bertanya tentang bagaimana cara memilih KB suntik agar tidak gemuk? Mari kita simak saja bersama-sama ya.

Bentuk tubuh yang indah tentu menjadi idaman setiap wanita. Tapi jika mengikuti program KB bisa membuat gemuk, tentu banyak wanita yang malas mengikutinya. Namun, mengikuti program KB itu tetaplah penting. Yang harus Anda ketahui adalah cara mengatasi kegemukan karena KB suntik. Setelah mengetahui cara mengatasi kegemukan karena KB suntik, tentu Anda bisa mengikuti program KB dengan lebih mantap.

Seperti apa tips suntik KB agar tidak bikin gemuk dan badan menjadi melar? Yuk baca saja ulasan cara mengatasi kegemukan karena KB suntik ini.

Cara Mengatasi Kegemukan Akibat KB Suntik Dengan Mengendalikan Pola Makan

Pola makan memang selalu menjadi kunci dalam kenaikan dan penurunan berat badan baik bagi wanita lajang maupun bagi wanita yang telah berkeluarga. Permasalahan berat badan yang dialami bagi wanita yang telah berkeluarga biasanya berkaitan dengan kehamilan, menyusui, dan program KB yang sedang dijalankan. Mengendalikan pola makan dengan sebaik-baiknya tentu akan membantu mengontrol berat badan seorang wanita.

Bermacam-macam program KB yang ditawarkan seperti pil dan suntik tentu tak lepas dari efek samping begitu saja. Salah satu efek samping dari program KB seperti KB suntik adalah peningkatan berat badan. Adapun menjaga pola makan dapat menjadi salah satu cara mengatasi kegemukan karena KB suntik.

Mengendalikan pola makan dengan cara mengurangi konsumsi karbohidrat ternyata efektif membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan kegemukan karena KB suntik. Untuk sumber karbohidrat utama Anda juga bisa mengganti nasi putih dengan nasi dari beras merah yang lebih banyak serat. Memperbanyak konsumsi sayur saat makandan menggunakan buah sebagai pengganti makanan ringan juga dapat membantu menekan nafsu makan anda terhadap nasi karena buah-buahan membantu anda menjadi lebih kenyang tetapi kalori yang didapat tidak sebanyak nasi.

Menghindari minuman dingin seperti air es, minuman bersoda, dan ice cream juga bisa anda terapkan. Sebagai gantinya anda bisa membuat jus buah tanpa tambahan gula, mengonsumsi teh tawar, dan susu rendah lemak. Banyak minun air putih dan menepati jadwal makan setiap harinya juga tidak kalah penting. Porsi makan dan jenis makanan yang anda makan saat jam makan malam juga sebaiknya anda perhatikan.

Cara Mengatasi Kegemukan Karena KB Suntik Dengan Mengurangi Konsumsi Garam

Mengendalikan konsumen garam dapur dalam makanan yang anda makan juga dapat menjadi cara ampuh mengatasi kegemukan karena KB suntik. Kandungan natrium dalam garam dapur memiliki kemampuan menyerap air lebih tinggi, selain itu garam juga membuat lemak di tubuh anda menjadi lebih lembek sehingga mengakibatkan tubuh anda menjadi gemuk.

Membatasi penggunaan garam dapur dalam setiap makanan sampai kurang lebih 1.500 mg per harinya ternyata membantu mengontrol berat badan anda. Dengan kandungan garam yang sedikit dalam tubuh anda, penyerapan air yang dilakukan oleh gara tentunya tidak terlalu banyak, sehingga berat badan anda akan lebih terkendali. Membatasi konsumsi garam ternyata juga baik bagi sistem peredaran tubuh anda. Mengurangi makanan yang asin dapat menekan resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi dan membuat degup jantung anda lebih stabil.

Tips KB Suntik Agar Tidak Gemuk Dengan Rajin Melakukan Olahraga

Olahraga adalah sarana terbaik dalam mengubah timbunan lemak menjadi energi dan menghasilkan keringat. Olahraga yang baik dapat anda lakukan saat pagi hari karena udara yang masih bersih. Tetapi anda juga bisa melakukannya saat sore hari ketika semua pekerjaan anda telah selesai. Olahraga dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan.

Bermacam-macam olahraga dapat anda lakukan untuk mengatasi kegemukan anda. Jogging adalah olahraga yang paling murah dan praktis. Bagi anda yang suka bersepeda, dapat melakukan kegiatan ini pada sore hari sambi berkeliling di kompleks tempat tinggal anda. Jika anda lebih menyukai kegiatan indoor, anda bisa mengunjungi pusat-pusat kebugaran seperti gym untuk membakar tumpukan lemak dalam tubuh anda.

Olahraga lain yang sangat efektif untuk membakar lemak dalam tubuh adalah berenang. Berenang akan mengaktifkan hampir semua otot di dalam tubuh anda. Kontraksi otot yang terjadi saat berenang akan membutuhkan lebih banyak energi, sehingga lemak yang merupakan cadangan energi dalam tubuh anda akan dipecah dan diubah menjadi energi. Lakukan secara rutin paling tidak dua kali seminggu sehingga kegemukan karena KB suntik dapat anda atasi.

Cara Mengatasi Kegemukan Karena KB Dengan Mengonsumsi Makanan Asam

Cara mengatasi kegemukan karena KB suntik selanjutnya adalah dengan sering-sering mengonsumsi makanan atau minuman yang asam. Asam memiliki sifat melarutkan lemak. Lemak yang cenderung bersifat basa dapat dinetralkan dengan lawannya yakni asam. Anda bisa memasukkan makanan atau minuman asam ke dalam daftar menu harian anda, karena khasiatnya yang membantu menurunkan berat badan anda.

Beberapa makanan dan minuman asam seperti mengonsumsi jeruk, membuat infused water dengan menggunakan buah lemon juga bisa anda coba. Anda juga bisa membuat seduhan air buah asam jawa. Bagi anda yang gemar minum jamu, anda bisa membuat jamu kunyit asam yang bisa membantu mengatasi kegemukan karena KB suntik.

Cara Mengatasi Kegemukan Karena KB Suntik
Cara Mengatasi Kegemukan Karena KB Suntik

Membuat jus dari buah-buah yang berasa asam tanpa gula patut anda perhitungkan daripada mengonsumsi minuman bersoda lainnya yang memang mengandungbanyak gula tambahan. Sebaiknya anda perlu mencoba cara ini karena selain menyegarkan, menambah kekebalan tubuh, minuman yang asam juga berkhasiat menurunkan berat badan. Tetapi perlu anda perhatikan agar tidak mengonsumsi makanan atau minuman asam terlalu banyak di pagi hari sebelum sarapan, karena memiliki dampak yang kurang baik terhadap lambung anda.

Cara Memilih KB Agar Tidak Gemuk Dengan Meninjau Kembali Program KB

Meninjau kembali program KB yang sedang anda jalankan memang perlu. Jika memang KB suntik yang sedang anda jalani membawa efek samping berupa kenaikan berat badan yang signifikan dan tidak terkontrol meskipun anda telah mengupayakan banyak cara, tidak ada salahnya jika anda menghentikannya. Anda bisa memilih program KB lainnya yang lebih sesuai dengan tubuh anda. Berkonsultasilah kepada ahlinya seperti bidan atau dokter kandungan agar KB yang anda pilih dapat sesuai dengan kondisi anda, karena bukan saja menyukseskan program pemerintah, kesehatan anda juga sama pentingnya.

Mungkin Anda punya masalah kegemukan yang lain? Misalnya didaerah perut? Mari baca artikel kami tentang Cara Menghilangkan Kegemukan di Perut dan segera dapatkan solusinya.

Tips KB Suntik Agar Tidak Gemuk
Tips KB Suntik Agar Tidak Gemuk

Nah itulah tadi ulasan cara mengatasi kegemukan karena KB suntik. Dengan membaca artikel ini kami berharap Anda tidak bingung lagi saat hendak memutuskan untuk mengikuti program KB. Ingat, banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika Anda ikut KB. Jika kurang yakin, Anda bisa berkonsutasi dengan bidan atau dokter praktek di puskesmas terdekat di daerah Anda tinggal. Sampai jumpa di artikel kami yang lain ya!