Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah Perih dan Kering Secara Alami

Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah Perih dan Kering Secara Alami – Dunia fashion, khususnya fashion wanita terus berkembang. Banyak sekali inovasi dan model terbaru baik itu untuk pakaian, baju, celana, rok, hingga sandal atau sepatu. Sebagai seorang wanita, tentu Anda ingin selalu tampil menarik terlebih dengan memakai model terbaru. Salah satu yang tak bisa dilewatkan ialah berburu sepatu atau sandal terbaru.

Ada banyak sekali model sandal dan sepatu. Dan salah satu model yang digemari ialah sandal dan sepatu dengan model tumit terbuka. Meskipun banyak digemari, namun tidak semua orang nyaman mengenakan model sepatu ini. Salah satu alasannya ialah ada wanita yang memiliki kulit kaki pecah-pecah sehingga menimbulkan rasa tidak pecaya diri.

Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah Perih dan Kering Secara Alami
Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah Perih dan Kering Secara Alami

Nah bagi Anda termasuk wanita yang tidak percaya diri ketika menggunakan sepatu atau sandal dengan tumit yang terbuka karena kaki terlihat pecah-pecah? Sekarang, Anda tidak perlu takut lagi karena terdapat Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah Perih dan Kering Secara Alami.

Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah Perih dan Kering Secara Alami

Kaki pecah-pecah dan perih disebabkan karena daerah kaki begitu kering. Kulit kering ini tidak dapat menunjang tekanan keras saat menapakkan kaki. Karena hal inilah, kulit kering mengalami keretakan. Kulit kering yang retak bukan hanya mengganggu penampilan namun membuat rasa perih di kaki.

Penyebab Kaki Pecah-Pecah (Cara Mengobati Kaki Pecah Pecah Dengan Cepat)

Untuk mengatasi kaki pecah-pecah, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut beberapa penyebab yang membuat kaki pecah-pecah dan kering.

  • Cuaca dingin. Banyak orang yang memiliki masalah kaki pecah-pecah disebabkan tinggal di wilayah yang beriklim dingin karena ketika cuaca dingin, kulit akan ikut mengalami perubahan tekstur. Keringnya kaki yang disebabkan oleh cuaca dingin ini menandakan jika telapak kaki Anda memerlukan pelembab.

 

  • Penggunaan sabun dengan kandungan yang tidak tepat. Tidak semua sabun yang diedarkan di pasaran memiliki kandungan moisturizer, oleh sebab itu Anda harus secara bijak memilih sabun. Sabun tanpa kandungan moisturizer bisa meningkatkan risiko kulit kering. Bukan hanya berlaku di bagian kaki dan tangan, namun seluruh tubuh bisa mengalami kekeringan.

 

  • Faktor usia. Dengan bertambahnya usia seseorang, memang akan memberikan efek tersendiri untuk kondisi kulit mereka, bahkan telapak kaki tidak akan menjadi lembut seperti saat masih muda. Biasanya. Bagian tumit yang sering bersisik dan pecah-pecah.

 

  • Obesitas. Kelebihan berat badan sepertinya bukan hanya menyiksa organ tubuh dalam, namun telapak kaki juga terkena imbasnya. Ini disebabkan berat badan yang berlebihan akan membuat tekanan pada lemak normal meningkat di bagian bawah tumit. Inilah yang membuat kulit mengalami pelebaran ke arah samping.

 

  • Terpapar air secara terus menerus. Berada di tempat yang terlalu lembab bukan berarti akan membuat kulit kaki Anda menjadi lembab. Pada akhirnya kulit Anda malah kering dan kasar.

Lembapkan Kaki (Obat Kaki Pecah Pecah Yang Ampuh Di Apotik)

Obat Kaki Pecah Pecah Yang Ampuh Di Apotik
Obat Kaki Pecah Pecah Yang Ampuh Di Apotik

Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah Perih dan Kering Secara Alami adalah menjaga kaki agar tetap lembab namun tidak berlebihan. Berikut berbagai cara yang bisa Anda lakukan sehingga kelembapan kulit tetap terjaga.

  • Konsumsi air putih. Kekurangan air putih bisa membuat mulut terasa kering. Begitu pula dengan kulit kaki Anda. Kulit kering dikarenakan oleh hilangnya air pada lapisan atas kulit. Oleh sebab itu penuhi kebutuhan harian air putih. Konsumsi 2 liter air per hari sehingga cairan untuk kulit selalu tercukupi. Konsumsi air 2 liter per hari.

 

  • Gunakan petroleum jelly. Produk ini akan mengembalikan kelembapan kulit di kaki. Karena penyerapan yang lama, Anda dapat mengolesi petroleum jelly ini saat malam hari sebelum tidur, dan gunakan kaos kaki yang nyaman.

 

  • Bersihkan sisa sabun yang menempel pada kaki. Sabun yang memiliki kandungan bahan kimia bisa membuat kaki menjadi semakin kering. Tetapi bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan sabun di kaki sama sekali. Anda tetap boleh menggunakan sabun asal menggunakan kandungan bahan lembut.

 

  • Pergunakan krim kaki. Pilih krim yang kaya dengan kandungan pelembab di dalamnya. Krim yang mempunyai kandungan zat tersebut akan melembapkan kulit kering. Krim kaki bisa membuat kaki berminyak, tetapi efek ini baik untuk kulit yang pecah-pecah. Agar penyerapan krim menjadi optimal, segera olesi krim di tumit sesudah mandi.

 

  • Gunakan buah alpukat. Mengatasi kaki pecah-pecah juga bisa menggunakan buah alpukat. Buah ini memiliki banyak kandungan vitamin yang begitu bagus untuk tubuh. Dengan menggunakan buah alpukat, Anda bisa menghilangkan kaki pecah-pecah. Ambil satu buah alpukat lalu ambil dagingnya. Haluskan daging buah hingga benar-benar lembut. Oleskan pada telapak kaki secara merata dan bilas hingga bersih.

Kaki pecah-pecah biasanya diiringi dengan kapalan atau pengerasan jaringan kulit. Cara mengatasi kaki kering ini dengan mengolesinya menggunakan gel yang memiliki kandungan salicylic acid. Kaki yang pecah-pecah, pada awalnya hanya mengganggu penampilan. Namun jika dibiarkan saja secara terus menerus, ia tidak hanya mengganggu penampilan namun berubah menjadi masalah yang serius, apalagi saat area tersebut terinfeksi.

Bila kaki pecah-pecah sudah terinfeksi, dokter akan memberikan resep antibiotik oles. Tanda kaki pecah-pecah yang sudah terinfeksi yakni munculnya pembengkakan, warna kemerahan, rasa nyeri di sekitar area. Kadang dokter juga mengatasi kaki pecah-pecah dengan cara merekatkan retakan kulit kaki menggunakan lem medis.

Menjaga Kesehatan Kulit Kaki (Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah Dan Kasar)

Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah Dan Kasar
Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah Dan Kasar

Bila sekarang kaki pecah-pecah belum muncul, Anda harus mencegah hal tersebut terjadi dengan selalu menjaga kelembapan kulit kaki. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti :

  • Lembapkan kulit kaki Anda. mungkin selama ini bagian yang sering Anda olesi pelembab adalah tangan, wajah dan paha. Sayangnya, Anda melupakan bagian kaki (bagian telapak kaki dan tumit). Jadi, selalu oleskan pelembab di bagian telapak kaki. Anda disarankan mengoleskan pelembab sesudah mandi.
  • Hindari menggosok telapak kaki. Menggosokkan handuk terlalu keras pada kaki, apalagi setelah mandi dapat membuat kulit menjadi kering. Untuk mengeringkan bagian kaki, Anda cukup menekan-nekan handuk di kaki secara lembut.
  • Hindari terlalu lama ketika mandi. Air dalam tubuh dapat melembapkan kulit, tetapi air dari luar kulit malah akan membasuh minyak sehingga kelembapan kulit menjadi berkurang. Oleh sebab itu jangan berlama-lama di tengah-tengah air. Semakin lama durasi Anda mandi, akan semakin banyak pula kelembapan kulit kaki yang menghilang. Ketika mandi, lebih baik gunakan air hangat. Jangan menggunakan air panas karena bisa membuat kulit semakin kering.

Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah Perih dan Kering Secara Alami memang memerlukan kesabaran tersendiri. Selain itu Anda juga harus meluangkan waktu untuk memulihkan kondisinya. Tetapi, jangan pernah putus asa, pasti Anda bisa memiliki kulit kaki sehat.

Demikianlah ulasan Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah Perih dan Kering Secara Alami. Semoga dengan mempraktekan cara mengatasi kulit pecah-pecah diatas, masalah pada kulit kaki Anda dapat teratasi. Jika kondisi tak kunjung membaik atau malah bertambah buruk, jangan ragu untuk mengunjungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sampai bertemu pada ulasan kami yang lain ya…