Cara Membuat Masker Alpukat Untuk Rambut

Cara Membuat Masker Alpukat Untuk Rambut – Banyak wanita mendambakan memiliki rambut yang sehat. Selain hitam berkilau, ada beberapa kriteria lain yang mencerminkan rambut yang sehat. Diantaranya ialah rambut yang lebat, tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu berminyak. Nah untuk mendapatkan rambut sehat tersebut, Anda bisa menggunakan masker tradisional dari buah alpukat. Seperti apa caranya? Yuk simak cara membuat masker alpukat untuk rambut yang berikut ini.

Alpukat merupakan salah satu buah yang mempunyai berbagai macam manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Salah satu manfaat alpukat untuk kecantikan ialah untuk mencegah rambut rontok serta mempercepat pertumbuhan rambut. Alpukat juga bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi rambut dengan menjadikan alpukat sebagai pelembab khusus bagi rambut kering dan bercabang.

Cara Membuat Masker Alpukat Untuk Rambut
Cara Membuat Masker Alpukat Untuk Rambut

Alpukat pertama kali dipergunakan untuk kesehatan rambut di mesir kuno. Sesudah itu manfaat dari alpukat banyak diketahui orang hingga akhirnya berkembang dengan pesat, lebih-lebih di negara tropis seperti di Indonesia. Lantas, seperti apa peran alpukat untuk menyehatkan rambut?

Cara Membuat Masker Alpukat Untuk Rambut

Seperti kita ketahui bersama, bahwa kekurangan vitamin pada rambut bisa menyebabkan kerontokan dan pertumbuhan rambut yang lambat. Alpukat mempunyai kandungan vitamin B serta E yang bekerja di tingkat sel untuk memperkuat rambut. Vitamin B adalah vitamin yang berperan mempercepat pertumbuhan rambut. Sedangkan E baik digunakan untuk memperbaiki kerusakan di kulit kepala yang bisa memperlambat pertumbuhan rambut.

Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Rambut

Sebelum masuk pada ulasan bagamimana cara membuat masker alpukat, tidak ada salahnya kalau kita mengetahui terlebih dahulu tentang manfaat buah alpukat bagi kesehatan rambut. Berikut ini merupakan manfaat alpukat untuk kesehatan rambut, antara lain :

  1. Memberi nutrisi pada rambut. Untuk memperoleh rambut yang kuat dan indah diperlukan nutrisi yang baik bagi rambut. Alpukat memiliki kandungan senyawa turunan protein yakni keratin yang bisa memberi nutrisi pada rambut.
  2. Melembabkan rambut. Selain memiliki kandungan nutrisi yang dapat membuat rambut menjadi indah dan kuat, alpukat dapat memberi kelembaban yang baik bagi rambut. Itulah sebabnya alpukat bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang sering mengalami masalah rambut rusak dan kering.
  3. Rambut menjadi mudah diatur. Salah satu manfaat yang diberikan buah alpukat yang lainnya ialah dapat menghilangkan berbagai masalah pada rambut kusut. Rambut kusut akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Bagaimana tidak, rambut kusut akan tetap kembali kusust meskipun sudah disisir rapi. Bila Anda mempunyai masalah demikian, alpukat dapat menjadi solusi, karena alpukat mempunyai kandungan vitamin
  4. E yang bisa membuatnya semakin mudah di atur.
    Rambut menjadi semakin bersinar dan anti rontok. Semakin sering Anda melakukan perawatan rambut menggunakan masker alpukat, maka rambut Anda pun akan semakin sehat pula. Jadi, jangan heran bila rambut akan terlihat semakin bersinar dan hitam, bahkan tidak ada lagi masalah kerontokan rambut.

Bagaimana Cara Membuat Masker Alpukat Untuk Rambut?

Nah setelah diatas kita ketahui bersama tentang manfaat buah alpukat bagi kesehatan rambut, kini saatnya kita masuk pada topik utama. Berikut cara membuat masker alpukat untuk rambut yang bisa Anda praktekan.

Alpukat, Susu Kelapa Dan Minyak Almond

Jika Anda mencari kombinasi alpukat yang dapat digunakan sebagai masker rambut, minyak almond dan susu kelapa dapat menjadi pilihan yang paling baik. Ramuan masker alpukat ini bisa digunakan untuk menyuburkan rambut dan sebagai pencegah dari kerontokan rambut. Susu kelapa serta minyak almond adalah kombinasi yang tepat karena keduanya bisa menumbuhkan dan melebatkan rambut yang sedikit dan tipis.

Manfaat Alpukat Untuk Rambut Rontok
Manfaat Alpukat Untuk Rambut Rontok

Membuat masker alpukat dengan kombinasi minyak almond dan susu kelapa sebenarnya mudah. Anda cukup menyediakan buah alpukat matang, minyak almond manis dan susu kelapa. Saat membuatnya, ambil bulir alpukat untuk dicampurkan dalam blender bersama dengan susu kelapa hingga menjadi pasta, baru sesudahnya campurkan dengan minyak almond. Gunakan campuran ini pada rambut Anda, dan diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit berlalu, segera keramasi dan beri kondisioner. Tidak perlu sering-sering menggunakannya, cukup 2 kali dalam sebulan.

Alpukat Dengan Kombinasi Minyak Zaitun, Minyak Lavender, Madu

Apabila rambut Anda sedang mengalami kerusakan, sebenarnya tidak ada salahnya untuk menyerahkannya pada alpukat sebagai buah untuk merawat rambut. Madu, minyak lavender dan minyak zaitun adalah bahan yang baik sebagai penguat folikel rambut serta mengatasi rambut yang kasar dan kusam. Bahkan kerusakan kulit dapat diatasi dengan bahan-bahan ini.

Untuk menggunakannya, Anda cukup menyiapkan alpukat matang, minyak lavender, madu dan minyak zaitun. Blender alpukat, madu serta minyak zaitun terlebih dulu. Saat sudah berbentuk pasta, baru ditambah dengan minyak alvender, gunakan masker ini di kepala sembari memijatnya. Tunggu selama 30 menit dan Anda bisa langsung mengkramasi.

Alpukat Dikombinasikan Dengan Kuning Telur

Campuran ini bisa digunakan untuk rambut yang kasar dan mengembang. Tidak ada salahnya untuk Anda mencoba paduan ini. Paduan bahan ini mempunyai sifat sebagai kondisioner. Kandungannya kaya akan vitamin E, D serta A. Kuning telur juga bisa melindungi Anda dari sinar matahari.

Cara membuat masker alpukat untuk rambut yang dikombinasikan dengan kuning telur juga mudah. Siapkan alpukat matang dan kuning telur. Campurkan sehingga membentuk adonan pasta. Sesudah itu gunakan di seluruh rambut dan tunggu 30 menit. Kramasi menggunakan shampoo. Aplikasikan setiap seminggu sekali.

Alpukat Dan Pisang

Campuran pisang dan alpukat juga dianggap tepat karena pisang merupakan buah yang mempunyai nutrisi tinggi. Paduan ini cocok untuk rambut yang kusam dan mengalami kerusakan.

Untuk mengaplikasikannya, seperti biasa siapkan alpukat matang 1 buah dan pisang matang 1 buah. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun sebagai campurannya. Seluruh bahan bisa dicampur dan terbentuk pasta kental. Aplikasikan pasta ini di seluruh rambut. Tunggu selama 30 menit dan kramasi. Agar rambut lebih sehat, lakukan perawatan 1 kali dalam seminggu.

Pisang Dapat Dicampurkan Pada Masker Alpukat Untuk Rambut Rusak
Pisang Dapat Dicampurkan Pada Masker Alpukat Untuk Rambut Rusak

Cara membuat masker alpukat untuk rambut memang mudah, sayangnya karena menggunakan bahan yang alami, kita harus sedikit bersabar untuk melihat hasilnya. Hasil penggunaan masker alpukat tidak mungkin bisa kita rasakan langsung perbedaannya, paling tidak memerlukan proses 1 hingga 2 bulan penggunaan masker alpukat. Selain menggunakan masker alpukat, Anda juga bisa menerapkan pola hidup sehat. Dengan begitu nutrisi yang diberikan bukan hanya dari luar, namun dari dalam juga ikut diberikan.

Baiklah teman-teman sekalian, itulah tadi ulasan lengkap tentang cara membuat masker alpukat untuk rambut. Semoga dengan melakukan perawatan dengan masker buah alpukat, rambut Anda bisa menjadi lebih sehat. Jika terjadi gejala-gejala yang mengganggu kesehatan rambut Anda, jangan ragu menghubungi dokter ahli rambut untuk berkonsultasi. Bisa saja rambut Anda tidak cocok atau memiliki alergi dengan zat-zat yang terdapat didalam masker alpukat. Sampai jumpa pada artikel kami yang lain!