Cara Membersihkan Gigi Kuning Membandel Dengan Cepat

Cara Membersihkan Gigi Kuning Membandel Dengan Cepat – Mempunyai gigi yang bersih dan putih sudah pasti bisa menunjang senyum dan penampilan Anda. Tetapi warna gigi kekuningan ataupun noda bisa timbul seiring dengan pertambahan usia. Selain itu, mengkonsumsi makanan tertentu juga bisa mengubah warna gigi putih yang Anda miliki. Lantas bagaimana cara membersihkan gigi kuning membandel dengan cepat?

Sebenarnya terdapat banyak produk yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi kuning membandel dengan cepat. Contohnya seperti menggunakan pasta gigi, penyinar, gel, dan perlengkapan lainnya. Sayangnya, sebagian produk pemutih ini mempergunakan zat kimia yang berisiko membuat gigi mengalami kondisi tertentu. Sehingga, lebih baik Anda melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter gigi sebelum menggunakan obat tersebut.

Cara Membersihkan Gigi Kuning Membandel Dengan Cepat
Cara Membersihkan Gigi Kuning Membandel Dengan Cepat

Sebagai wanita, Anda tentu akan merasa malu dan minder jika tampil dengan gigi yang kuning. Tapi bagaimana lagi, seringkali meskipun kita sudah rajin gosok gigi tapi tetap saja gigi menjadi kuning.

Cara Membersihkan Gigi Kuning Membandel Dengan Cepat

Meskipun ada banyak cara membersihkan gigi kuning membandel, tapi Anda juga harus tetap jeli untuk memilih cara yang paling tepat. Jangan sampai kesehatan gigi Anda terkena efek samping akibat salah memilih cara memutihkan gigi.

Nah sebenarnya Anda bisa menggunakan beberapa cara membersihkan gigi kuning membandel dengan cepat dan alami. Berikut beberapa diantaranya :

Batasi mengkonsumsi teh, soda dan kopi. Lapisan gigi paling luar yakni enamel bisa menipis seiring dengan usia. Sehingga lapisan gigi yang selanjutnya bisa terlihat menguning. Penting untuk membatasi minuman yang bisa meninggalkan noda pada gigi seperti kopi, teh hinga soda agar gigi Anda bisa tetap putih.

Menurut penelitian, bila suatu minuman maupun makanan bisa menempel di baju putih Anda dan bisa meninggalkan bercak, maka makanan dan minuman itu juga akan menempel dan membekas pada gigi Anda.

Berhenti melakukan kebiasaan merokok. Tembakau yang berada di dalam rokok adalah noda yang sukar dibersihkan. Noda ini bisa menembus enamel gigi. Semakin lama seseorang menjadi seorang perokok, noda tembakau bisa masuk menjadi semakin dalam. Efeknya bisa menyebabkan bau mulut, gangguan gusi hingga risiko terkena kanker.

Meminimalisir penggunaan obat tertentu. Untuk membersihkan gigi kuning yang bandel, Anda bisa mulai menghentikan metode pengobatan tertentu. Beberapa jenis obat seperti obat tekanan darah tinggi, antihistamin, hingga antibiotik bisa meninggalkan noda di gigi.

Bukan hanya itu, sebenarnya obat kumur anti bakteri yang memiliki kandungan cetypridinium chloride juga bisa mempengaruhi warna pada gigi. Namun agar kesehatan Anda tidak terganggu, lebih baik konsultasikan dahulu hal ini dengan dokter yang Anda percaya.

Gunakan asam malat dari buah. Asam malat adalah zat alami yang banyak dipergunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Jus apel hijau yang mempunyai kandungan asam malat adalah salah satu buah yang sering dipergunakan. Stroberi juga begitu banyak mengandung asam malat. Jika Anda ingin membuat pasta stroberi, Anda bisa mencampurkan 2 hingga 3 buah stroberi dengan baking soda.

Cara Memutihkan Gigi Yang Kuning Dan Berkarang
Cara Memutihkan Gigi Yang Kuning Dan Berkarang

Walaupun dengan cara ini gigi Anda bisa kembali putih, namun asam sitrat yang terkandung di dalam stroberi memiliki potensi merusak enamel. Oleh karena itu, Anda juga harus menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan flouride.

Pola makan yang sehat. Hindari mengkonsumsi makanan yang lengket dan manis. Lebih baik perbanyak mengkonsumsi makanan yang segar, lebih-lebih buah dan sayur. Beberapa pilihan terbaik untuk menjaga tampilan gigi ialah sayuran seperti brokoli, timun, seledri, wortel, dan kacang. Makanan yang memiliki kandungan banyak serat akan banyak memproduksi saliva, sehingga bisa menghilangkan gula serta zat lainnya yang berpotensi merusak gigi. Selain itu kurangi asupan makanan yang tinggi kandungan asam sitrat seperti lemon, jeruk, tomat agar bisa mencegah kerusakan enamel.

Jaga kebersihan mulut dan gigi. Cara membersihkan gigi kuning membandel dengan cepat bisa dengan membersihkan mulut dan gigi secara teratur. Anda harus menyikat gigi sehari dua kali sesudah makan. Menyikat gigi bisa mencegah menempelnya noda serta menghilangkan plak gigi. Lengkapi pembersihan gigi Anda dengan menggunakan benang gigi dan obat kumur.

Menggunakan siwak. Siwak telah dikenal dari zaman dahulu sebagai bahan yang ampuh membersihkan gusi dan gigi. Bahkan dari catatan sejarah dituliskan jika bahan alami ini telah digunakan dari zaman Mesir. Seluruh dahan dan akar siwak sebenarnya dapat Anda manfaatkan. Namun pastikan bahannya memiliki serat yang lembut dan bersih sehingga tidak akan menimbulkan iritasi.

Cara mengaplikasikannya dengan menyiapkan siwak yang lembut. Setelah itu tumbuk siwak hingga halus dan gosokan secara perlahan ke gigi yang kuning. Lakukan penggosokan ini 10 hingga 15 detik dan berkumurlah menggunakan air hangat.

Gunakan arang kayu. Mungkin Anda tidak percaya jika memutihkan gigi bisa menggunakan arang kayu yang memiliki warna hitam. Namun, jangan salah karena arang kayu mempunyai kandungan yang bisa menghilangkan warna kuning pada gigi. Tetapi usahakan menggunakan arang kayu 1 atau 2 kali, karena sifatnya bisa mengikis email gigi, sehingga penggunaan secara berlebihan bisa mengakibatkan rasa ngilu pada gigi.

Untuk memutihkan gigi menggunakan arang, Anda bisa menghaluskan arang hingga berubah menjadi bubuk. Setelah itu gosok secara perlahan dan berkumur menggunakan air hangat.

Kulit jeruk. Mungkin kulit jeruk bagi Anda adalah benda yang tidak berguna, padahal kulit jeruk memiliki khasiat yang begitu besar untuk perawatan gigi. Anda bisa menggunakan kulit jeruk yang segar untuk memutihkan gigi. Bahkan, jika kulit jeruk digunakan dengan rutin, gusi Anda akan menjadi lebih sehat dan bebas dari bakteri.

Untuk memutihkan gigi menggunakan kulit jeruk, sediakan kulit jeruk yang masih segar. Kerok bagian putih hingga habis dan letakkan di sikat gigi. Gunakan kulit ini untuk menyikat gigi Anda hingga bersih. Setelah selesai menyikat, bilas gigi menggunakan air hangat.

Cara-cara alami yang bisa dilakukan seperti di atas memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, selain itu kita juga harus sabar untuk menjalaninya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Apabila cara memutihkan gigi di atas tidak bisa mendapatkan hasil memuaskan, Anda bisa mengkonsultasikannya pada dokter spesialis gigi. Anda dapat memperoleh tindakan lain sehingga gigi menjadi lebih bersih dan putih kembali secara alami.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Berkarat Menjadi Putih Permanen
Cara Memutihkan Gigi Kuning Berkarat Menjadi Putih Permanen

Selain warna gigi yang menguning, masalah lain yang kerap muncul pada gigi ialah munculnya karang gigi atau kerak gigi. Nah, bagi Anda yang ingin mengatasi kerak gigi membandel, simak saja ulasannya di Cara Menghilangkan Kerak Gigi Yang Membandel.

Demikianlah ulasan cara membersihkan gigi kuning membandel dengan cepat. Semoga ulasan ini dapat menjadi solusi bagi Anda untuk mendapatkan gigi putih alami. Sampai jumpa kembali pada artikel kami yang lain ya! Selamat mencoba…