Cara Diet Jeruk Nipis Yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan

Posted on

Cara Diet Jeruk Nipis Yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan – Bagi wanita, ada banyak keuntungan yang akan didapatkan jika memiliki bentuk tubuh yang langsing dan berat badan yang ideal. Selain dapat terhindar dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan kegemukan, berat badan ideal akan membuat penampilan Anda semakin menarik. Dengan tubuh yang langsing, Anda akan cocok mengenakan berbagai model busana termasuk model pakaian terbaru.

Berat badan yang ideal dan tubuh yang langsing juga membantu Anda mudah melewati area yang sempit. Saat diajak jalan-jalan atau berolahraga, tubuh juga terasa ringan. Hal ini tentu berbeda jika Anda mengalami kegemukan dan kelebihan berat badan. Tentu saja tubuh akan terasa berat dan sulit untuk digerakan. Nah, bagaimana cara menurunkan berat badan? Simak ulasan cara diet jeruk nipis yang benar untuk menurunkan berat badan berikut.

Menurunkan berat badan untuk mencapai berat ideal bisa dikatakan menjadi hal yang gampang-gampang susah. Biasanya orang yang memiliki gen gemuk akan merasa kesulitan menurunkan berat badan meskipun mereka sudah mengurangi porsi makan mereka.

CARA DIET JERUK NIPIS YANG BENAR UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN

Namun tentu saja hal tersebut masih bisa diatasi. Ada berbagai macam cara menurunkan berat badan yang bisa ditempuh. Cara yang instant yang biasa dipilih banyak orang ialah dengan melakukan sedot lemak. Dengan sedot lemak, berat badan bisa turun dalam wakatu yang sangat cepat. Namun untuk bisa melakukannya diperlukan biaya tertentu yang sepertinya cukup mahal. Dan jika Anda memang sungguh-sungguh berminat, pastikan Anda mendapatkan penanganan dari orang yang benar-benar sudah ahli dalam hal ini.

Selain cara menurunkan berat badan dengan sedot lemak, Anda juga bisa mencoba cara menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi jamu atau obat penurun berat badan. Dipasaran, obat penurun berat badan seringkali disebut juga dengan istilah obat pelangsing. Jaman dahulu, obat-obat pelangsing dibuat dari bahan kimia yang katanya bisa memberikan efek samping kurang baik bagi kesehatan. Namun saat ini tersedia juga obat pelangsing yang terbuat dari bahan herbal, yakni berasal dari alam.

Tapi meskipun terbuat dari bahan alami, tetap saja Anda harus memastikan bahwa obat-obatan atau jamu tersebut benar-benar aman untuk dikonsumsi. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut tentang hal ini dengan dokter ahli kesehatan.

Cara Diet Jeruk Nipis Yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan
Cara Diet Jeruk Nipis Yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan

Nah, selain cara menurunkan berat badan diatas, Anda dapat juga mencoba cara diet jeruk nipis yang katanya juga dapat membantu membakar lemak ditubuh Anda. Cara ini dipercaya lebih aman untuk membantu memperoleh berat badan ideal. Sebelum mencoba cara diet jeruk nipis ini, pastikan Anda memeriksakan kesehatan lambung Anda agar tidak terganggu oleh zat asam yang terkandung dalam jeruk nipis.

Jika sudah oke semua, barulah Anda bisa melakukan cara diet jeruk nipis ini dengan tenang. Bagi yang sudah tidak sabar ingin mencoba cara diet jeruk nipis, yuk langsung saja kita berkenalan dengan si buah jeruk yang imut ini. Simak ulasan berikut ya.

1. Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis

Cara diet jeruk nipis untuk menurunkan berat badan, banyak sekali diaplikasikan oleh mereka yang mendambakan tubuh yang ideal. Alasannya karena kandungan nutrisi pada tumbuhan yang memiliki nama latin Citrus Aurantifolia ini sebagian besar memang berkhasiat untuk meluruhkan lemak. Diantara sekian banyak nutrisi yang terkandung, vitamin C memiliki peran yang dominan.

Hal ini disebabkan karena kompleksnya peran vitamin C dalam mendukung program diet. Ya, vitamin c dapat bekerja sendiri maupun membantu senyawa-senyawa lainnya untuk memerangi lemak jenuh pada tubuh.

Dalam setiap buah jeruk nipis yang memiliki diameter 3- 6 cm, terkandung 30 mg vitamin C yang dapat mencukupi sampai dengan 30% kebutuhan tubuh terhadap vitamin C. Jenis vitamin yang mudah larut di dalam tubuh dan dikeluarkan lewat urin tersebut memiliki peran yang sentral bagi tubuh. Vitamin C juga berpengaruh langsung terhadap perkembangan dan pertumbuhan tubuh, terutama dalam memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Selain vitamin C, kandungan nutrisi pada setiap 100 gram jeruk nipis diantaranya adalah :

Vitamin B1 (0.04 mg), karbohidrat (11.4 gram), protein (0.9 gram), lemak (0.2 gram), mineral (0.5 gram), zat besi (0.4 mg), asam askorbat (49 mg), kalsium (33 mg), fosfor (23 mg), energi (51 kal), dan air (86 gram).

Selain itu, jeruk nipis juga mengandung sejumlah senyawa kimiawi alami yang baik untuk tubuh, diantaranya adalah :

Asam sitrat, asam sitrun, minyak atsiri, kalsium, fosfor, zat besi, asam amino yang terbentuk dari triptofan dan lisin, limonen, nildehid, damar, lemon kamfer, linali-lasetat, aktilaldehid, felandren, kadinen, gerani-lasetat, glikosida, lemak, dan belerang.

2. Manfaat Jeruk Nipis untuk Turunkan Berat Badan

Cara diet menggunakan jeruk nipis untuk menurunkan berat badan, tidak lepas dari manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin. Adapun manfaat tersebut diantaranya adalah :

1. Membakar Lemak

Kandungan asam sitrat (citric acid) yang memberi rasa masam pada buah, termasuk jeruk nipis adalah zat antioksidan yang dapat membantu proses metabolisme lemak dengan mengubahnya menjadi energi. Keberadaan lemak di dalam tubuh, jika tidak dimetabolisme akan semakin menumpuk, sehingga membuat berat badan bertambah. Disinilah asam sitrat sangat berperan.

Penggelontoran lemak dengan jeruk nipis juga dilakukan oleh vitamin C yang juga memiliki peran penting dalam meningkatkan metabolisme. Karena lemak adalah penyebab utama berat tubuh bertambah, maka tidak ada jalan lain kecuali mengusir lemak dari dalam tubuh dengan memanfaatkan jeruk nipis disertai olah raga secara rutin.

2. Melancarkan Pencernaan

Diet dengan memanfaatkan jeruk nipis untuk menurunkan berat badan, menjadi efektif karena jeruk nipis juga berkhasiat melancarkan pencernaan. Lancarnya proses pencernaan selama menjalankan program diet sangat diperlukan, sebab makanan yang kita konsumsi sehari-hari harus dapat dicerna secara sempurna untuk diambil semaksimal mungkin nutrisi yang terkandung di dalamnya. Selain itu sekaligus dibuang sebanyak mungkin zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, termasuk racun dan lemak.

3. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Perlu disadari, disaat asupan makanan dengan sengaja dikurangi karena menjalankan program diet, pada saat yang sama nutrisi yang diserap oleh tubuh berkurang dan hal tersebut dapat menurunkan tingkat kekebalan tubuh. Jeruk nipis dapat mengatasi persoalan tersebut, karena vitamin C yang dimilikinya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga daya tahan tubuh dapat selalu terjaga meski asupan makanan berkurang. Dan tubuh Anda akan selalu dalam kondisi fit selama menjalankan program diet.

Pengalaman Diet Jeruk Nipis
Pengalaman Diet Jeruk Nipis

4. Detoksifikasi

Sebagaimana kita ketahui bersama, lemak di dalam tubuh tidak hanya meningkatkan berat badan tapi juga menjadi sumber dari berbagai macam penyakit. Hal ini disebabkan karena di dalam lemak jenuh terkandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Itu sebabnya detoksifikasi perlu dilakukan untuk menetralisir racun-racun yang terdapat di dalam tubuh, terutama yang terkandung dalam lemak jenuh.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk detoksifikasi. Salah satu cara yang terbukti efektif dan murah adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Sebab jeruk nipis mengandung antioksidan kuat yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh akibat radikal bebas, termasuk untuk mencegah penyakit kanker.

5. Menjaga Gula Darah

Cara diet jeruk nipis untuk melangsingkan badan sangat efektif karena jeruk nipis dapat mengurangi penyerapan gula darah pada makanan. Nah dengan berkurangnya serapan gula darah, maka perut tidak mudah merasa lapar, sehingga porsi makanan yang dikonsumsipun dapat berkurang. Selain itu, dengan kondisi gula darah yang selalu stabil karena mengkonsumsi jeruk nipis, risiko terserang diabetes juga dapat berkurang.

Diet Jeruk Nipis Turun Kg
Diet Jeruk Nipis Turun Kg

3. Cara Diet Jeruk Nipis untuk Menurunkan Berat Badan

Cara diet menggunakan jeruk nipis untuk menurunkan badan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Cara tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing orang. Namun ada cara diet yang paling mudah, yaitu dengan mengkonsumsinya pada pagi dan malam hari. Berikut cara mengaplikasikannya :

  1. Pada Pagi Hari. Setelah bangun tidur pada pagi hari, siapkan 2 buah jeruk nipis berukuran besar atau 3 buah berukuran sedang. Peras jeruk nipis tersebut untuk diambil airnya dan tambahkan dengan air hangat secukupnya. Jangan menambahkan gula pada air campuran jeruk nipis dan air hangat. Jika ingin mengurangi rasa masam, tambahkan 1 – 2 sendok makan madu murni. Minum campuran air jeruk nipis, air hangat dan madu dalam keadaan perut kosong. Cara tersebut selain dapat menetralisir penyerapan lemak pada sarapan yang dikonsumsi, juga dapat meningkatkan stamina tubuh dalam menjalankan aktifitas pada siang hingga sore hari.
  2. Pada Malam Hari. Sebelum berangkat tidur pada malam hari, tepatnya setelah 2 jam lebih usai makan malam (Usahakan makan malam tidak lebih dari jam 18.00), minum campuran air jeruk nipis, air hangat dan madu sebagaimana yang dilakukan pada pagi hari. Cara tersebut akan dapat menggelontorkan lemak-lemak yang terkandung pada makanan yang dikonsumsi sepanjang hari. Termasuk mengurangi lemak-lemak yang masih tersisa di dalam tubuh secara bertahap.

Penasaran dengan tips diet sehat yang lain? Simak saja masing-masing artikel berikut ini :

Jika cara diet jeruk nipis untuk melangsingkan tubuh ini dilakukan secara rutin, dalam kurun waktu 7 – 10 hari hasilnya sudah dapat dinikmati lewat menyusutnya lingkar perut, pipi, dan bagian-bagian lain pada tubuh yang menjadi sarang lemak. Demikianlah ulasan lengkap cara diet jeruk nipis. Selamat mencoba dan sampai bertemu dipostingan kami yang berikutnya ya!